Merpati Hias atau Fancy Pigeon adalah salah satu jenis merpati yang sering dipelihara. Merpati hias sangat banyak sekali jenisnya, jenis merpati hias dibedakan berdasarkan beberapa kategori, yaitu berdasaekan ukuran badan, berdasarkan bentuk badan bersadarkan warna bulu.

Merpati hias berdasarkan ukuran badan rata-rata mempunyai ukuran badan yang lebih besar dari rata-rata. Merpati kategori ini di daerah asalnya sering digunakan sebagai bahan konsumsi wah sayang ya :(. Padahal menurut saya beberapa merpati ini mempunyai warn yang indah. Merpati berdasarkan bentuk badannya adalah jenis merpati hias yang menurut saya abnormal hehehe :P. Bentuk merpati ini sangat aneh jika dibandingkan dengan merpati pada umumnya, ada yang bentuk lehernya panjang seperti jerapah ada yang besar seperti ayam ada yang bentuknya unik yang tidak bisa digambarkan dengan kata-kata haha :D. Nah kalo yang berdasarkan warnanya jelas dong ya ga usah ditanya lagi, merpati ini memang memiliki warna yang unik dan menarik, ibarat kata jika lagi pusing bisa rilex liat burung ini :D.

Jenis Merpati Hias

Berdasar ukuran badan

1. Carrier
Kelopak mata dikelilingi pial dalam bentuk lingkaran yang besar. Tinggi 45-48 cm, berat 500-650 gram. Warna hitam, merah, kuning, putih, dan ada yang berpita biru. Memiliki bulu yang keras, kasar dan rapat. merpati ini adalah merpati nenek moyang dari merpati POS. Daya jelajah dan daya pulang kerumah atau disebut ‘homing’ burung ini tidak usah diragukan lagi. Menurut saya merpati carrier mempunyai daya jelajah dan homing yang lebih baik dari merpati POS sekarang, tetapi masalah kecepatan kalah dengan merpati POS yang sekarang. Berbeda dengan merpati POS sekarang merpati carrier walau mempunyai homing yang kuat dan jelajah yang jauh tetapi sifatnya ‘agak malas pulang’ melainkan sering bersantai dijalan terlebih dahulu sehingga kurang cocok digunakan sebagai atlet pigeon race hanya hasil silangan atau keturunannya saja yang digunakan.

merpati-carrier-Postduif
en.wikipedia.org

2. Carneau
Burung konsumsi dari Belgia Selatan atau Perancis Utara, mempunyai berat sekitar 750 gram.  Carneau adalah jenis merpati yang dikembangkan selama bertahun-tahun dengan sistem pembiakan selektif terutama sebagai generasi utilitas. Carneau, bersama dengan varietas keturunan dari merpati batu (Columba livia) berkembang biak dan ini menghasilkan merpati gemuk dan cocok untuk bahan pangan :D.

merpati-Carneau
“Carneau” by Graham Manning

3. Mondaine
Keturunan merpati Perancis dan Italia sebagai burung konsumsi.

pigeon-concours-beaute-champion-oiseau-14-300x199

4. Strasser

Berdasar bentuk badan

1. Kipas (Fantail)
Burung ini mempunyai ekor yang melebar seperti kipas. Untuk mengasuh anaknya burung ini harus dibabukan, atau di cari indukan lain untuk mengerami telurnya.

indian-fantail21-300x244

2. Jacobin

Bulu mengeriting dikepala menggambarkan topi yang dipakai pendeta-pendeta Jacobin

3. Frillback

Merpati ini berbulu ikal di bandan dan sayap. Di bulu seperti ada yang menggulung kecil

Berdasar warna bulu

1. Modena

Modena diambil dari nama kota tempat dia berasal. Merpati dengan ukuran panjang 25 cm, mmpunyai badan yang bulat gemuk  (buntek) dan bergaya anggun.

merpati-jenis-modena-279x300
2. Florentine

Berasal dari Florence, Italia. Kepala, sayap dan ekor berwarna-warni dengan badan yang berwarna putih.

3. Lahore

Di Pakistan dikenal dengan nama burung Shiraz (kota tempat burung berasal). Leher, perut, dada dan ekor berwarna putih. Kepala, pinggang dan sayap bisa berwarna lain.

merpati-jenis-lahore-300x267
4. Oriental Frill

Berasal dari Turki, dengan jenis banyak sekali tetapi yang paling populer adalah Satinette yang mempunyai badan berwarna putih dengan garis-garis pada bahu, sayap, dan ekor warna hitam, biru dan abu-abu cokelat. Konon burung ini adalah burung kesayangan sultan di turki.

classic-oriental-frill-ch-yh550-larry-jolly-300x199

Dan masih banyak lagi jenis merpati hias lainnya, ada ratusan jenis.

Harga Merpati Hias

Harga merpati hias bermacam-macam. Dari yang murah sampai ke yang mahal. Tingkat mahalnya harga merpati hias di karenakan jumlahnya yang sedikit dan sulitnya memperoleh indukan/bibit merpati hias. Disamping sulit mendapatkan indukannya sulit juga mengembang biakannya. Karena yang saya tahu beberapa jenis merpati hias harus menggunakan merpati babuan ketika akan mengembang biakannya dan itu pun telurnya kadang kosong. Untuk info harga bisa hubungi om rozan (Naff pigeon) atau grup fb IEPC Indonesian Endemic Pigeon Community karena harganya berbeda-beda dan bersaing 😉

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.