Penyebab Telur Kacer Tidak Menetas dan Solusinya

0
17008

Telur kacer tidak menetas – Apakah disini ada yang berniat menetaskan burung kacer lalu telur kacer tidak menetas dan selalu gagal? Oke jika masalah anda seperti itu kami akan berikan beberapa solusi yang berkenaan dengan telur burung kacer yang tidak menetas. Sebenarnya wajar sekali jika ditemukan burung kacer atau burung kicau lainnya sulit untuk ditetaskan. Mengingat burung kicau ini aslinya adalah burung liar yang di ubah lingkungannya menjadi kandang, tentu akan mengubah pula prilaku dan asupan nutrisi pada burung sehingga kemampuan burung dalam berreproduksi menjadi menurun.

Tetapi bukan berarti burung kacer yang dikembangbiakkan di kandang tidak bisa menetas tentu bisa yah buktinya sudah banyak, kita hanya perlu menyesuaikan kacer dengan lingkungan baru dan mencukupi kebutuhan nutrisinya. Berikut adalah penyebab dan solusi telur kacer yang tidak menetas.

telur-kacer-tidak-menetas

Foto : nangimam.blogspot.co.id

Penyebab telur burung Kacer tidak menetas

1. Telur kacer Infertile

Telur kacer infertile artinya telur yang tidak terbuahi atau telur kacer kosong tidak ada bakal anak di dalam telur tersebut. Telur yang infertile ini ada beberapa penyebab diantaranya adalah :

  • Indukan kurang matang (belum siap kawin atau organ reproduksi belum matang).
  • Tidak terjadi pembuahan. Tidak terjadi pembuahan karena sel telur jantan tidak masuk kedalam sel telur betina.
  • Jantan atau betina kurang subur.

Solusinya :

Cari indukan yang sudah matang, baik secara umum maupun karakternya. Umur kacer yang sudah matang biasanya minimal sekitar 7-8 bulan, cari juga karakter kacer yang jinak (minimal jinak lalat), ini bertujuan agar kacer tidak setres ketika sedang mengerami telurnya karena burung yang jinak dan terbiasa dengan manusia tidak akan merasa terganggu. Jika masalahnya tidak terjadi pembuahan kita harus mengecek ketika kacer kawin, apakah posisinya benar dan sel telur jantan masuk ke sel telur betina? Jika posisinya salah atau ada yang menghalangi dibagian dubur kacer maka gunting sebagian bulu agar tidak menghalangi saat kacer kawin. Ada juga burung kacer yang kurang subur, bisa jadi sel telur kering, solusinya bisa dicoba dengan suplemen penyubur bisa jadi indukan kacer kurang vitamin dan nutrisi atau jika masih belum bisa menetas lebih baik diganti saja indukannya agar tidak memakan waktu lama.

2. Cuaca yang tidak menentu

Penetasan telur kacer dan telur burung lainnya sangat dipengaruhi oleh keadaan suhu. Agar telur kacer menetas maka diperlukan suhu yang optimal apalagi jika suhu sedang ekstrim, panas terus atau hujan terus maka akan mempengaruhi keadaan disekitar sarang kacer.

Solusi : Tempatkan kandang (sarang) kacer dalam lingkungan yang teduh tidak terkena sinar matahari atau angin secara langsung, berikan juga nest box yang nyaman bagi kacer.

3. Gangguan dari luar

Gangguan diluar bisa diakibatkan oleh hewan lain, atau karena manusia. Contohnya kandang kacer terganggu atau stres dan takut karena ada kucing.

Solusi : Tempatkan kandang kacer ditempat yang aman dan jauh dari keramaian. Pemilihan induk yang jinak juga bisa bermanfaat jika ada gangguan dari luar, karena indukan yang jinak jarang sekali stres.

4. Faktor indukan kacer sendiri

Kadang ada kacer yang tidak rajin dalam mengerami telurnya, sering keluar kandang. Ada juga kacer yang suka kawin, ini dikarenakan indukan jantan kacer minta kawin terus menerus akhirnya kacer betina melayani dan meninggalkan telurnya.

Solusi : Jika sudah karakter bawaan malas mengeram maka bisa diganti. Jika kacer jantan sering minta kawin maka kita atur birahi kacer jantan dengan meminimalkan pemberian makanan yang dapat meningkatkan birahi kacer seperti jangkrik, ulat dll (biasanya extra food) atau bisa dengan mengurung kacer jantan di kandang terpisah lalu satukan lagi setelah anakan menetas / dipisah dari betina.

5. Kurang berdoa

Urusan rezeki Allah semua yang pegang. Jika bukan rezeki kita telur tidak menetas bisa jadi kita diberi ujian agar lebih rajin ibadahnya. Perbaiki Sholat dan Berdoanya. Kalo solat aja nggak gimana allah mau kasih rezeki, cuma 3-5 menit saja padahal, yuk diperbaiki :D.

penyebab-telur-kacer-tidak-menetas

Nah diatas adalah faktor apa saja yang dapat mempengaruhi telur kacer tidak menetas. Pembahasa mengenai telur burung tidak menetas ini bisa di terapkan pada beberapa kasus binatang yang bertelur dan tidak menetas.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.