Jenis Kelinci yang Paling Kecil Disertai Gambar

0
105789

Jenis kelinci paling kecil – Hallo sobat pecinta binatang, terkhusus yang sedang mencari informasi tentang jenis kelinici terkecil didunia hehehe. Kelinci adalah salah satu binatang peliharaan yang banyak dipelihara di Indonesia. Kebanyakan orang menyukai kelinci saat masih kecil karena sedang lucu-lucunya, tetapi jika sudah besar maka kelucuan pada kelinci manjadi berkurang dan bahkan kelinci tidak diperhatikan lagi. Adik saya pernah menginginkan anak kelincinya tidak tumbuh besar agar tetap lucu dan bisa digendong dan diajak main. Benar juga yah gimana supaya tetep lucu, dan tetap dalam ukuran kecil? Ah tapi itu ga mungkin yah kecuali kelinci kelainan gen maka kelinci akan tetap kecil (pertumbuhan tidak normal). Tetapi tidak usah khawatir jika anda menginginkan memelihara kelinci yang berukuran kecil anda bisa memelihara dari jenis kelinci terkecil didunia.

Kebanyakan kelinci yang dipelihara di Indonesia (yang biasa terlihat) itu adalah kelinci biasa yang berukuran sedang (biasanya jenis kelinci bligon), sehingga kurang mengetahui jenis kelinci kecil yang sebenarnya bisa didapatkan dan dipelihara oleh kita. Berikut beberapa jenis kelinci kecil yang berhasil saya rangkum.

Jenis kelinci terkecil di dunia

Britannia Petite

Berat : 1 kg

Tipe tubuh pada kelnci jenis ini adalah jenis terkecil. Kepalanya relatif sempit, telinga memanjang tegak. Menurut beberapa peternak kelinci ini lebih aktif dibanding kelinci lainnya, kelinci ini juga sangat aktif sekali menggigit.
jenis-kelinci-terkecil-Britannia-Petite

Foto : derbybunny.wordpress.com

American fuzzy lop

Berat : 1,4 – 1,8 kg.

Kelinci jenis lop memang salah satu jenis kelinci terkecil diantara jenis yang lainnya. Amreican fuzzy lop mempunyai muka yang datar, telinga yang menekuk, bulu yang panjang. Kelinci ini perlu perawatan dan makanan yang khusus agar bulu yang tertelan saat menjilati badannya (grooming) karena panjangnya bulu. Makanan yang banyak mengandung serat berfungsi untuk menghindari penggumpalan hairball di usus.

jenis-kelinci-terkecil-American-fuzzy-lop

Foto : digital-disire.deviantart.com

Holland Lop

Berat: 0,9 – 1,8 kg

Tipe tubuh: Kepala sedikit diratakan, tubuh pendek dan terlihat besar. Mereka telah terpotong telinga dan menonjol “mahkota” (punggung tulang rawan antara ars). Rabits ini populer datang dalam berbagai warna dan memiliki lembut, bulu halus.

jenis-kelinci-terkecil-Holland-Lop

Dwarf Hotot

Berat : 0,9 – 1,5 kg

Tipe tubuh : kelinci kecil ini memiliki penampilan yang sangat mencolok diantara jenis kelinci lainnya. Semua badan kelinci putih kecuali pada cincin hitam di sekitar mata yang membuat mereka terlihat putih dengan eyeliner hitam. Mereka memiliki kompak, tubuh bulat dan pendek, dan telinga yang tegak.

jenis-kelinci-terkecil-Dwarf-Hotot

Himalayan

Berat: 0,9 – 2 kg

Tipe tubuh : kelinci putih dengan telinga, hidung, kaki, dan ekor berwarna hitam, biru, ungu, atau cokelat. Tubuh panjang dan sempit dengan kepala sempit dan agak pendek tegak telinga.

jenis-kelinci-terkecil-Himalayan

Foto : petasu.com

Polish

Berat : 0,9 – 1,5 kg.

Tipe tubuh : tubuh Compact, telinga tegak tebal pendek. Bulu pendek dan padat dan berwarna hitam, biru, coklat, putih, atau rusak (warna dalam bercak-bercak di latar belakang putih) bulu seperti karpet padat.

jenis-kelinci-terkecil-Polish

Foto : www.drcba.ca

Selain kelinci diatas ada beberapa lagi jenis kelinci kecil yaitu jenis Dutch, English Angora, Florida White, Havana, Mini Lop, Silver, Standerd Chinchilla, Tan, Velveteen Lop, Jersey Wooly, Lionhead, Mini Rex, Mini Satin, Netherland Dwarf, Mini Plush Lop dan lainnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.