mengawinkan ikan louhan

Stop!!!

Download aplikasi khusus kicau mania.

Berisi ratusan suara masteran, suara pikat, suara betina, dan perawatan dalam satu aplikasi

Download di Play Store

Cara Mengawinkan Ikan Louhan untuk Pemula

In Louhan 339 views

Cara Mengawinkan Louhan – Louhan atau flowerhorn fish merupakan ikan hias yang eksotis menurut saya. Karena ikan ini mempunyai bentuk yang unik, anti mainstream gitu, ditambah lagi warna dan coraknya yang cantik tentu mendambah nilai keindahan dari ikan louhan ini.

Dulu sekitar tahun 2006-2007 (koreksi kalo saya salah) ikan ini sempat booming dikalangan pecinta ikan, bahkan harganya sampai melambung tinggi karena banyaknya permintaan. Sekarang ini walau ikan louhan sudah tidak sebooming dulu tetapi para pecinta setianya masih banyak memburu ikan ini.

Oleh karena itu banyak dari kalangan penghobi yang mulai mengembangbiakkan ikan louhan di Indonesia. Kamu juga ingin coba mengembangbiakkan ikan louhan? Nah sudah tepat sekali masuk ke web ini, karena disini kita akan share bagaimana cara mengawinkan ikan louhan.

Mengawinkan ikan louhan gampang-gampang susah, mungkin mirip dengan mengawinkan ikan cupang yah. Karena ikan louhan ini memiliki karakter yang keras, agresif, galak, yang mana bisa saja menyerang atau bertarung selagi dikawinkan.

Ikan louhan juga memiliki karakter cocok-cocokan, kadang ada ikan louhan yang tidak mau kawin. Anak-anak penghobi louhan biasanya mengistilahkan dengan “lulus gesek” bagi ikan louhan yang mudah, mau, atau pernah kawin.

Hal pertama sebelum mengawinkan ikan louhan adalah dengan memilih indukan yang tepat. Indukan louhan siap kawin setelah usia ikan sekitar 8 bulan lebih 1 tahun bagus (setiap jenis louhan berbeda-beda). Atau dari ukurannya betina sudah lebih dari 7-10 cm dan jantan sudah lebih dari 15 cm.

mengawinkan-ikan-louhan

Foto : https://web.facebook.com/irwan.sutrisno.98

Advertisement

Untuk betina dipilih betina yang sudah mempunyai telur, tandanya perutnya besar buncit (bukan sakit)  dan lebih bagus lagi jika telur sudah terlihat keluar atau istilahnya buang telur. Ini menandakan betina sudah matang dan siap dibuahi. Berikut langkah-langkah mengawinkan ikan louhan.

Mengawinkan Ikan Louhan

  1. Siapkan media pemijahannya, bisa dalam aquarium agar lebih mudah dipantau, ukurannya sesuaikan saja. Tidak usah dikasih filter khawatir telur tersedot.
  2. Siapkan wadah didalam aquarium sebaiknya berwarna coklat atau gelap. Bisa dengan piring, gerabah, atau kayu. Yang nantinya ikan akan menempatkan telurnya disana.
  3. Siapkan indukan jantan yang sudah matang, umur lebih dari 8 bulan atau ukuran badan sudah lebih dari 15 cm.
  4. Siapkan indukan betina yang sudah matang, ciri-cirinya sudah memiliki telur atau terlihat buang telur.
  5. Satukan keduanya dalam aquarium, jika pejantan terlalu agresif dan menyerang berlebihan bisa dilakukan pendekatan terlebih dahulu dengan cara disekat dengan kaca agar saling melihat, sekitar 3-7 hari.
  6. Saat disatukan akan terjadi sedikit ‘drama’ saling serang jangan khawatir ini normal, asal jangan sampai berlebihan yang mengakibatkan luka.
  7. Jika sudah saling cocok biasanya ikan akan berenang berputar berdua. Betina akan mengeluarkan telurnya dan jantan akan mengeluarkan sperma (pembuahan diluar).
  8. Biasanya dalam waktu 1-2 hari telur-telur sudah keluar semua dan kedua indukkan akan menjaganya, jangan di ambil dulu ya.
  9. Telur yang bening dan ada titik hitamnya adalah telur yang berhasil dibuahi sedangkan yang berwarna putih susu tidak terbuahi.
  10. Beri makan ikan yang cukup, karena jika kelaparan akan memakan anakannya.
  11. Telur akan menetas setelah 48 jam.
  12. Jika sudah menetas semua maka pisahkan indukannya, agar anakan yang menetas tidak dimakan.

Nah diatas tadi adalah langkah-langkah bagaimana cara mengawinkan ikan louhan. Next kita akan coba membahas bagai mana mengurus burayak atau anakan ikan louhan agar anakannya tumbuh dengan sehat.

Artikel lainnya : mengawinkan louhan

Tags: #budidaya ikan louhan #ikan louhan kawin #louhan #mengawinkan ikan louhan

Mengobati Louhan Berak Putih (Berput) dan Pencegahannya
Mengobati Louhan Berak Putih (Berput) dan Pencegahannya
Mengobati Louhan Berak Putih (Berput) – Dalam merawat
Cara Membuat Jenong Louhan Besar Boomhead
Cara Membuat Jenong Louhan Besar Boomhead
Jenong Louhan – Ikan louhan adalah ikan
Cara Mengembalikan Jenong Ikan Louhan yang Kempes
Cara Mengembalikan Jenong Ikan Louhan yang Kempes
Jenong Ikan Louhan Kempes – Ikan louhan
Cara Membuat Warna Ikan Louhan Cerah dan Lebih Merah
Cara Membuat Warna Ikan Louhan Cerah dan Lebih Merah
Agar Warna Ikan Louhan Cerah dan Lebih
Ciri Memilih Anakan Ikan Louhan Berkualitas
Ciri Memilih Anakan Ikan Louhan Berkualitas
Anakan Louhan Berkualitas – Ikan louhan adalah salah
Cara Mudah Membedakan Jantan dan Betina Ikan Louhan
Cara Mudah Membedakan Jantan dan Betina Ikan Louhan
Jantan dan Betina Ikan Louhan – Pada
Jenis dan Harga Ikan Louhan dengan Gambar
Jenis dan Harga Ikan Louhan dengan Gambar
Jenis dan harga ikan louhan – Siapa

Leave a reply "Cara Mengawinkan Ikan Louhan untuk Pemula"

Must read×

Top