Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur Satu Aquarium

0
15614
Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur
Foto : https://web.facebook.com/carul.ul

Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur – Ikan hias air tawar merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak dipelihara. Baik itu sebagai pajangan rumah ataupun memang hobi terhadap ikan.

Bentuknya yang bermacam-macam, warnanya yang cerah, dan tingkah lakunya yang unik membuat kita semua bisa bersantai sejenak untuk menikmatinya.

Tetapi terkadang dalam memelihara ikan hias air tawar kita menemukan beberapa insiden yang tidak terduga, salah satunya yaitu ikan tiba-tiba mati, atau tiba-tiba badannya luka tanpa kita ketahui sebabnya. Dan biasanya terjadi pada ikan-ikan yang kecil terlebih dahulu.

Jika terjadi seperti hal diatas maka biasanya ini terjadi pada kolam/aquarium ikan yang mana terdapat beberapa jenis ikan dalam satu kolam tersebut dan didalam kolam terdapat jenis ikan yang mempunyai karakter ganas/karnivora.

Oleh karena itu kita harus mengetahui karakter ikan hias air tawar sebelum memutuskan untuk memeliharanya secara bersamaan dalam satu kolam. Berikut ini beberapa jenis ikan hias air tawar yang bisa dicampur dalam satu kolam.

Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur

  1. Ikan Balon/Molly
  2. Ikan Platy
  3. Ikan Tetra
  4. Ikan Black Ghost
  5. Ikan Komet
  6. Ikan Koi (perhatikan ukurannya, jika terlalu besar bisa juga memakan ikan kecil)
  7. Ikan Koki
  8. Ikan Guppy
  9. Ikan Alga Eater
  10. Ikan Red Zebra
  11. Ikan Discus
  12. Ikan Kumpai (perhatikan ukurannya, jika terlalu besar bisa juga memakan ikan kecil)
  13. Ikan Manfish
  14. Ikan Sapu-sapu
  15. Ikan Parrot
  16. dll

Dan masih banyak lagi jenis ikan hias air tawar yang bisa dicampur, saya sebutin diatas yang populernya aja yah hehehe.

Ikan-Hias-yang-Bisa-Dicampur
Foto : https://web.facebook.com/edi.taron

Ciri-cirinya ikan agresif biasanya mempunyai sirip tajam diatas atau disamping. Dari beberapa karakter ikan hias air tawar ini kita bisa kelompokkan kedalam beberapa kelompok, yaitu :

  1. Damai Inferior, ikan ini bersifat sangat damai dan tidak pernah mengganggu ikan jenis lainnya. Mungkin di kelas ini ikan culun yang sering di bully. Contohnya ikan koki, komet, guppy dll
  2. Damai Biasa, ikan ini bersifat damai tapi tidak culun-culun amat, misalnya manfish, koi, dll
  3. Agak Galak, ikan ini tidak benar-benar langsung menyerang jika disatukan, hanya saja sering iseng menyerang ikan lain, dan jika lapar maka akan memakan ikan yang lebih kecil darinya. Misalnya ikan lemon, ikan sumatera terutama yang sudah besar.
  4. Galak, ikan ini jangan sekali-kali disatukan dengan ikan lainnya, karena ikan ini akan langsung menyerang karena memang sifatnya yang ganas. Misal ikan aligator, ikan oscar, ikan louhan, ikan toman dll

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.