louhan berak putih

Stop!!!

Download aplikasi khusus kicau mania.

Berisi ratusan suara masteran, suara pikat, suara betina, dan perawatan dalam satu aplikasi

Download di Play Store

Mengobati Louhan Berak Putih (Berput) dan Pencegahannya

In Louhan 447 views

Mengobati Louhan Berak Putih (Berput) – Dalam merawat ikan louhan ada saja masalah yang kadang dihadapi, salah satunya yaitu penyakit louhan berak putih/berput/white poop dll.

Penyakit berak putih pada louhan disebabkan oleh parasit hexamita, parasit ini memang bawaan dari ikan sendiri. Jika keberadaannya sedikit masih bisa ditoleransi maka ikan akan baik-baik saja, tetapi jika parasit ini semakin banyak maka akan menimbulkan gajala pada ikan.

Gejala ikan louhan terkena berak putih biasanya nafsu makan berkurang, warna ikan menghitam, perut menjadi kembung, badan kurus, jika sudah parah biasanya disertai dengan lubang di jenong/kepala (hole in the head), dan tentu saja kotoran atau beraknya berwarna putih (terkadang mengambang). Baca mengembalikan : jenong louhan kempes

Semua ikan louhan berresiko terkena penyakit berak putih, tidak ada ikan yang kebal. Penyebab louhan berak putih bermacam-macam, mulai dari air yang kurang bersih, pakan yang kurang bersih dan membawa parasit, kondisi ikan sedang lemah.

Jika louhan sudah terlanjur terkena berak putih maka ada bebebrapa terapi yang bisa kita lakukan, berikut beberapa diantaranya.

Mengobati Louhan Berak Putih

Saat dalam pengobatan air yang digunakan sebaiknya air yang dicampur sedikit garam, karena air dengan garam bisa membantu penyembuhan dengan menyeimbangkan tekanan osmosis pada ikan.

1. Menggunakan obat “clear”

Wah jadi promo nih, tapi kalo ga nyebut merk nanti ga tau hehe. Yap yang pertama saya sarankan yaitu dengan menggunakan obat “clear”. Obat ini memang khusus untuk louhan yang terkena berput. Cara penggunaan clear pada louhan adalah dengan cara oral, memasukkan obat pada ikan louhan dengan cara dispet dengan suntikan. Baca aturan pakai yah di kemasannya juga ada hehehe.

2. Menggunakan EM4

Seperti yang kita ketahui penyebab berak putih yaitu bakteri atau parasit dan EM4 merupakan kumpulan bakteri baik (probiotik) yang menguntungkan yang bisa “menekan” bakteri jahat.

Cara ini adalah perkiraan dari saya karena saya sering mengobati unggas yang terkena berak putih dengan EM4. Lalu saya coba terapkan pada ikan saya. Pengalaman pribadi saya setelah 1 hari ikan sudah mulai seger, tinggal tunggu besok hasilnya semoga ikan bisa sembuh total.

Cara pengobatannya yaitu ikan dipindahkan pada wadah yang terpisah dari ikan lain, isi air 2-3 kali tinggi ikan, pasang heater, boleh pake filter boleh tidak, campurkan EM4 perikanan pada air sampai sedikit kekuningan (jangan kebanyakan), lalu masukkan ikannya.

mengobati-louhan-berak-putih

Foto : https://web.facebook.com/deliz.pokonamah

Tunggu sampai 1 hari, ikan tidak usah diberi makan, puasakan dulu agar tidak memberatkan metabolisme. Untuk hasil yang lebih cepat bisa juga dengan spet EM4 pada ikan secara langsung pada mulut ikan (lakukan seperti pada obat clear).

Jika ikan sudah terlihat lebih segar coba pindahkan pada tank aquarium tunggu sampai lapar dan beri makan pelet yang telah direndam EM4 sebelumnya. Beri makan sedikit saja, jika ikan membaik maka air bisa diganti dan ikan dirawat seperti semula.

3. Dengan bawang putih

Pada bawang putih terdapat senyawa alisin yang merupakan anti bakteri alami yang bermanfaat untuk mengontrol jumlah bakteri berbahaya dalam tank.

Cara pemberiannya cukup mudah, geprek bawang putih lalu taruh di filter. Berikan 1-2 siung untuk ukuran tank 1mx40x40, dibawah itu cukup 1 siung saja. Jika kebanyakan dan air bau bawang putih ikan akan seperti mabok hehe.

Bawang putih ini kalo menurut saya lebih baik digunakan untuk pencegahan atau pengobatan pada ikan yang masih belum parah. Jika louhan berak putih sudah parah bawang putih kurang efektif menurut saya.

4. Menggunakan metronidazole + ciprofloxacin

Tempatkan ikan pada tank perawatan, berikan 1 tablet metronidazole dan 1 tablet ciprofloxacin ini untuk ukuran tank 40x40x40 ya.

Masukkan ikan tunggu dan puasakan ikan terlebih dahulu, jika ikan membaik maka segera tempatkan pada tank seperti sebelumnya lalu beri makan sedikit saja.

Advertisement

Menggunakan obat ini beberapa teman banyak yang mengeluhkan karena lama prosesnya dan banyak yang tidak memperlihatkan hasil yang baik. Mungkin berbeda-beda yah hasilnya setiap ikan.

Selain cara diatas masih banyak beberapa cara yang bisa dipraktekkan, tapi menurut saya sudah cukup yah 4 macam juga hehehe.

Artikel lainnya : berput membaik ikan makan, cara mengobati ikan louhan yang sedang berak putih, obat alami berput louhan

Tags: #louhan #louhan berak putih #louhan berput #mengobati louhan berput #obat berak putih louhan

Cara Mengawinkan Ikan Louhan untuk Pemula
Cara Mengawinkan Ikan Louhan untuk Pemula
Cara Mengawinkan Louhan – Louhan atau flowerhorn
Cara Membuat Jenong Louhan Besar Boomhead
Cara Membuat Jenong Louhan Besar Boomhead
Jenong Louhan – Ikan louhan adalah ikan
Cara Mengembalikan Jenong Ikan Louhan yang Kempes
Cara Mengembalikan Jenong Ikan Louhan yang Kempes
Jenong Ikan Louhan Kempes – Ikan louhan
Cara Membuat Warna Ikan Louhan Cerah dan Lebih Merah
Cara Membuat Warna Ikan Louhan Cerah dan Lebih Merah
Agar Warna Ikan Louhan Cerah dan Lebih
Ciri Memilih Anakan Ikan Louhan Berkualitas
Ciri Memilih Anakan Ikan Louhan Berkualitas
Anakan Louhan Berkualitas – Ikan louhan adalah salah
Cara Mudah Membedakan Jantan dan Betina Ikan Louhan
Cara Mudah Membedakan Jantan dan Betina Ikan Louhan
Jantan dan Betina Ikan Louhan – Pada
Jenis dan Harga Ikan Louhan dengan Gambar
Jenis dan Harga Ikan Louhan dengan Gambar
Jenis dan harga ikan louhan – Siapa

Leave a reply "Mengobati Louhan Berak Putih (Berput) dan Pencegahannya"

Must read×

Top