Mengatasi Jalak Suren Over Birahi dan Ciri-cirinya

0
5975
mengatasi jalak suren over birahi
Foto : https://www.facebook.com/heruansyah

Jalak Suren Over Birahi – Over birahi adalah salah satu hal yang normal dan wajar terjadi pada burung kicau, salah satunya terjadi pada jalak suren. Tetapi kondisi jalak suren over birahi ini kandang mengganggu para kicau mania.

Pasalnya jalak suren yang over birahi biasanya tidak segacor biasanya, apalagi jika terjadi pada jalak suren untuk lomba tentunya lumayan pusing ya hehehe.

Jalak suren over birahi bisa dikarenakan banyak sebab, mulai dari kelebihan protein (kelebihan EF dan pakan tinggi protein) yang mengakibatkan penumpukan hormon. Bisa juga karena kurang gerak akhirnya terjadi penumpukan energi yang berlebih yang mengakibatkan over birahi.

Yang terakhir memang karena desakan biologis dari jalak suren yang sudah saatnya kawin sehingga mengalami over birahi. Nah apapun penyebabnya intinya jalak suren kelebihan birahi.

Apa over birahi bisa diatasi? Tentu saja bisa, tetapi setiap burung berbeda-beda jangka waktu dan perawatannya. Untuk solusi yang tepat bisa kita coba-coba beberapa perawatan pada jalak suren kita yang over birahi.

Ciri-ciri jalak suren over birahi adalah menjadi kurang rajin berkicau, lebih sering ngeruji, jika bertemu lawan lebih sering ingin melawan daripada berkicau, lebih agresif dan galak dari biasanya, lebih sering naik turun kandang.

cara-mengatasi-jalak-suren-over-birahi
Foto : https://www.facebook.com/heruansyah

Nah berikut ini beberapa perawatan untuk mengatasi jalak suren over birahi.

Mengatasi Jalak Suren Over Birahi

1. Umbar jalak suren

Jika dikarenakan kelebihan energi atau kelebihan tenaga pengumbaran jalak suren ini sangat bagus dilakukan. Karena energi yang berlebih bisa terbuang dan burung bisa menjadi normal kembali. Pengumbaran ini bisa disatukan dengan proses mandi atau berjemur dipagi hari.

2. Stop EF

Untuk sementara stop EF, ini untuk mencegah jalak suren agar tidak kelebihan protein sehingga tidak memperparah kondisi over birahinya.

3. Berikan buah dan sayur yang mengandung air

Berikan buah-buahan atau sayur-sayuran yang mengandung banyak air dan bersifat dingin. Seperti timun, oyong, atau pepaya.

4. Rajin mandi

Rajin mandikan burung, mandikan burung pagi, siang, sore, atau malam sesuai kebiasaan burung. Mandi bisa membuat kondisi burung seger dan dingin sehingga bisa menekan kondisi over birahinya.

5. Kawinkan

Kawinkan jalak suren jika memungkinkan, secara alami jalak suren mempunyai kebutuhan biologis yang harus terpenuhi, dengan mengawinkan jalak suren tentu saja kita membantu jalak suren dalam kebutuhannya dan menghilangkan over birahinya.

Nah itulah beberapa solusi yang bisa saya tawarkan untuk mengatasi jalak suren over birahi, semoga jalak surennya bisa kembali normal, gacor, dan rajin berkicau.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.