jalak suren jantan dan betina

Perbedaan Jantan dan Betina Jalak Suren Anakan dan Dewasa

Jantan dan Betina Jalak – Jalak suren adalah salah satu burung kicau yang dikenal dengan suaranya yang ramai. Para kicau mania biasa menyebut burung ini dengan sebutan satpam rumah, pasalahnya suara kicau jalak suren yang keras seolah-olah sedang berjaga-jaga di rumah pemiliknya. Selain itu burung jalak suren bisa menjadi jinak jika sudah terbiasa dengan manusia dan bisa di ajak jalan-jalan hehehe. Mirip seperti jalak kebo lah Baca : jenis burung jalak

Membedakan burung jalak suren jantan dan betina adalah hal yang penting yang bisa digunakan untuk mulai memelihara burung jalak suren. Pasalnya biasanya burung ini banyak di jual di kios burung dalam ombyokan-ombyokan yang campur antara jantan dan betina. Ada yang sudah dewasa dan ada juga yang masih anakan atau trotolan. Jika untuk kicauan maka rata-rata kicau mania akan memilih burung jalak suren jantan, tetapi jika minat untuk dikembangbiakkan atau di ternak bisa memilih jalak suren betina.

Perbedaan jalak suren jantan dan betina memang tidak terlihat mencolok, karena antara jantan dan betina sekilas tidak ada perbedaan, sekilas sama. Sama tapi bukan berarti tidak bisa dibedakan yah, jika kita jeli maka akan kita lihat beberapa perbedaan dari ciri fisiknya. Agar tidak salah dalam memilih atau membedakan jalak suren jantan dan betina bisa terus simak tips dibawah ini

Perbedaan Jalak Suren Jantan dan Betina

Jalak suren dewasa (umur 10 bulan) akan lebih mudah kita kenali dibanding burung jalak suren anakan atau trotolan, karena ciri fisiknya bisa kita lihat dengan lebih jelas.

Membedakan Kelamin Jalak Suren

  • Perhatikan tanda biru sekitar dubur, ini adalah ciri paling efektif yang bisa dilihat (tidak relatif). Buka bulu sekitar dubur dan perhatikan seperti di gambar. Pada jalak suren betina tidak terdapat warna biru tersebut.
ciri-jalak-suren-jantan
Foto dari jalaksuren.net
  • Selain dari bulu disekitar dubur jalak suren juga bisa dibedakan dari warna kulit disekitar mata yang berwarna orange lebih cerah.
  • Masih disekitar pipi, bulu putih disekitar pipi jalak suren jantan menyambung kebelakang seperti membentuk garis.
  • Selain itu jika diperhatikan dari posturnya jalak suren jantan lebih besar dan memiliki jambul yang lebih panjang dari jalak suren betina.
  • Bentuk tubuh jalak suren betina juga sedikit membulat tidak terlihat panjang.
  • Sedangkan pada betina tidak ditemukan bulu berwarna disekitar dubur.

Jika anda masih sedikit bingung dengan perbedaan jalak suren jantan dan betina. Maka minta bantuanlah pada kicau mania yang sudah berpengalaman agar hasilnya lebih akurat dan sekalian anda juga belajar membedakannya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.