Cara Membedakan Kelinci Jantan dan Betina Anakan dan Dewasa

2
128198

Membedakan Kelinci Jantan dan Betina – Kelinci adalah salah satu hewan peliharaan yang banyak dipelihara oleh setiap kalangan, baik itu muda ataupun dewasa. Tidak dipungkiri lagi kelinci banyak diminati karena memiliki rupa yang lucu dan tingkahnya yang menggemaskan. Belum lagi dengan berbagai warna yang indah dan bulunya yang halus lembut membuat kelinci ini digemari banyak kalangan.

Bagi teman-teman yang baru memelihara kelinci mungkin belum terlalu faham untuk membedakan mana kelinci jantan dan betina. Nah mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat agar teman-teman semua bisa membedakan jenis kelamin kelinci. Ini berguna jika kita ingin membeli sepasang kelinci agar kelak kelinci bisa berkembang biak dan beranak. Baca : mengawinkan kelinci.

Jika anda sudah memahami perbedaan jenis kelamin kelinci maka akan bermanfaat kelak jika ingin memilih kelinci yang akan dipelihara. Karena biasanya kelinci yang dijual di peternak dan pedagang itu disatukan dalam satu kandang sehingga jika kita belum faham mana kelinci jantan dan betina maka akan sulit untuk memilihnya.

Cara membedaka kelinci jantan dan betina

Sebenarnya mudah saja untuk membedakan kelinci jantan dan betina. Silahkan disimak

Ciri-Ciri Kelinci Jantan

Untuk mengenali jenis kelamin kelinci jantan kita hanya perlu melihat bagian kelaminnya. Angkat kelinci seperti kita menggendong bayi baca : kesalahan menggendong kelinci lalu sedikit dibalik utuk melihat bagian dibawah ekor kelinci. Jika terdapat 2 benda menggantung hehehe maka itu jantan. 2 benda yang menggantung itu disebut testikel. Testikel pada kelinci dewasa atau yang sudah siap kawin biasanya berukuran besar dan terlihat juga bagian penisnya. Testikel ini akan lebih jelas jika cuaca sedang panas, jika cuaca dingin testikel biasanya samar.

jenis-kelamin-kelinci-jantan

Pada kelinci jantan muda juga terdapat testikel, tetapi ukuran dan bentuknya belum terlihat jelas, hanya seperti gundukan kecil saja. Harus sedikit jeli untuk membedakan kelinci anakan ini, karena ciri-cirinya belum terlalu jelas. Tetapi bisa diamati dari jarak kelamin dan jarak anusnya. Kelinci jantan memiliki jarak anus dan kelamin yang lebih jauh dibanding kelinci betina.

Ciri-Ciri Kelinci Betina

Selanjutnya adalah mengenali kelinci betina. Cara membedakan kelinci betina juga tidak jauh beda dengan kelinci jantan. Hanya saja ciri-ciri pada kelinci betina yaitu tidak terdapat 2 benda menggantung hehe. Pada kelinci betina didekan anusnya terdapat kelamin betina tentunya (ga perlu saya sebutkan lah ya wkwkwk). Bagaimana sudah faham sekarang?

jenis-kelamin-kelinci-betina

Jarak anus dan kelamin kelinci betina juga lebih dekat dibanding kelinci jantan atau kesannya menempel. Ini berguna untuk membedakan jenis kelamin kelici yang masih muda atau anakan.

Nah cara diatas adalah cara yang insya allah 100% ampuh untuk membedakan mana kelinci jatan mana kelinci betina. Selain cara ini juga kita bisa membandingkan bobot dan prilakunya tetapi ini bersifat relatif dan dipengaruhi oleh beberapa faktor, jadi saya rasa cara diatas juga sudah cukup untuk mengenali jenis kelamin kelinci. Cara ini berlaku untuk semua jenis kelinci

2 COMMENTS

    • kalo anakan masuh belum jelas alat vitalnya, tapi bisa dilihat jarak dari anus ke alat fital, kalo jaraknya jauh jantan dekat betina

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.