mengangkat kelinci yang benar

Cara Memegang atau Mengangkat Kelinci

Banyak diantara pemelihara kelinci yang belum tau atau asal-asalan dalam mengangkat kelinci. Apakah karena tidak mau repot ataukah karena tidak tahu? yang pasti disini saya akan menjelaskan bagaimana memegang kelinci agar binatang peliharaan kita nyaman dan diam saja saat di bawa.

Sebenarnya harus hati-hati dalam cara memegang atau mengangkat kelinci ini, apalagi untuk kelinci bibit atau kelinci yang sudah hamil bahkan yang dihamili 😀  ada banyak cara kita membawa kelinci, namun banyak juga yang masih salah dalam mengangkat kelinci. Berikut ini saya akan jelaskan bagaimana mengangkat kelinci yang salah dan membawa kelinci yang benar.

Cara memegang atau mengangkat kelinci yang salah :

  1. Mengangkat kelinci dengan memegang ke dua telinga kelinci. It’s fatality guys! Ini dapat berakibat saraf telinga akan rusak karena telinga kelinci sensitif dan tidak mampu menahan berat tubuhnya sehingga otot telinga kelinci akan rusak. Apalagi bila kelinci meronta-ronta saat diangkat telinganya ini dapat berakibat kepala kelinci bisa miring dan cacat seumur hidupnya, itu juga karena merasa tidak nyaman ya guys.
  2. Mengakat kelinci dengan memegang kedua kaki belakang. Hal ini akan menganggu peredaran darah, akibatnya darah menumpuk pada kepala dan posisi organ berubah yang sangat memungkinkan jaringan organ akan putus dan otot pun akan berubah,
mengangkat-kelinci-yang-salah-300x163
mengangkat kelinci yang salah

Itulah beberapa prilaku yang salah dalam mengangkat kelinci, terlihat sadis bukan jika kita lihat. Orang yang melakukannya seperti itu tidak tahu atau bisa jadi tidak berkeprihewanan :

Cara mengangkat juga dibedakan untuk jenis-jenis kelinci nya yah, soalnya kita harus memperhatikan ukuran dan bentuk kelinci.

Cara mengangkat atau memegang kelinci dengan benar :

  1. Memegang pundak kelinci seperti kebanyakan orang memegang kucing, dengan tangan terkuat. Apabila kelinci terlihat meronta-ronta gantilah ke cara yang ke-2 atau ke-3. Karena cara ini tidak dianjurkan walaupun aman. Atau direkomendasikan ukuran sedang, untuk ukuran yang kecil dapat dipegang seperti memegang bola kasti dengan tangan tertelungkup.
  2. Pegang tengkuk atau punggung dengan salah satu tangan. Setelah terangkat, tangan yang lain digunakan untuk menopang pada bagian pantat. Hal ini dilakukan dengan tenang dan kasih sayang. Alangkah baiknya sebelum diangkat dielus-elus terlebih dahulu. Dijamin cara ini kelinci tidak akan meronta-ronta, karena merasa sangat nyaman.
    mengangkat-kelinci-yang-benar-300x263
    mengangkat kelinci yang benar

     

Saya hanya merekomendasi cara yang benar aja ya guys, karena mana ada binatang yang mau di pegang dengan kasar? pastilah harus dengan cara yang nyaman. Tidak cepat juga untuk bisa mengangkat kelinci dengan benar, harus dibiasakan. Manusiapun begitu, ketika anda bayi anda tidak akan merasa nyaman apabila digendong oleh orang yang pertama kali menggendong, jika kalian sudah terbiasa menggendong kalian pasti bisa dengan nyaman menggendong bayinya. So, intinya hewan = makhlukhidup guys, perlu peliharaan yang sama dan perawatannya juga. Sayang yah, mereka tidak bisa kita ajak bicara 😀 hehehe

1 thought on “Cara Memegang atau Mengangkat Kelinci”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.