manfaat mengkudu untuk kacer

Manfaat Mengkudu Untuk Burung Kacer dan Cara Meraciknya

Mengkudu Untuk Kacer – Mengkudu atau pace memang sudah lama dikenal sebagai tanaman obat yang mempunyai banyak khasiat dan kegunaan bagi kesehatan. Banyak olahan obat tradisional yang menggunakan buah atau daun mengkudu ini, selain untuk kesehatan manusia buah mengkudu dan daun mengkudu sangat berkhasiat bagi burung kicau. Tidak terkecuali untuk burung kacer.

Mengkudu untuk burung kacer mempunyai banyak sekali manfaatnya, selain meningkatkan kesehatan juga secara tidak langsung akan meningkatkan performa burung saat berkicau. Selain itu buah mengkudu dan daun mengkudu juga bisa meningkatkan stamina burung sedikit demi sedikit. Jadi kemampuan berkicaunya bisa bertahan lebih lama dan nafas menjadi lebih kuat.

Buah mengkudu juga bisa dijadikan sebagai doping tradisional untuk kacer. Doping dari buah mengkudu ini bisa mempercepat kacer agar ngeplong, khususnya bagi kacer muda yang rajin ngeriwik.

Manfaat daun mengkudu untuk kacer

  1. Daun mengkudu dapat menyembuhkan serak pada kacer
  2. Daun mengkudu mampu meningkatkan volume suara kacer download suara kacer
  3. Daun mengkudu menjadikan burung kacer lebih cepat gacor
  4. Daun mengkudu dapat mempercepat kacer agar ngeplong
  5. Daun mengkudu membuat burung lebih rajin berkicau dan bersuara lebih nyaring
  6. Daun mengkudu bisa melancarkan fungsi pencernaan kacer
  7. Daun mengkudu membantu meningkatkan kesuburan indukan
  8. Daun mengkudu membuat telur burung lebih besar
  9. Daun mengkudu dapat meningkatkan daya tetas telur
  10. Daun mengkudu dapat mempercepat umur dewasa kelamin burung kacer
  11. Daun mengkudu mampu mengobati sakit tenggorokan kacer
  12. Daun mengkudu membantu menjaga stamina burung kacer
  13. Daun mengkudu dapat mengurangi stres pada kacer
  14. Daun mengkudu memberi rasa tenang dan nyaman pada burung kacer
  15. Daun mengkudu mampu mengatasi burung kacer yang gemukan atau obesitas
  16. Daun mengkudu memiliki sifat anti alergi untuk mengusir berbagai jenis gejala alergi radikal bebas dan asupan pakan yang kurang baik

sumber luar : burungnya.com

Jika pada burung kenari daun mengkudu tinggal digantung di samping sangkar maka berbeda dengan burung kacer, burung kacer tidak memakan dedaunan secara langsung cara pemberiannya yaitu

Mengambil sari daun mengkudu

Pertama yaitu dengan mengambil sari pada daun mengkudu caranya dengan menumbuk daun mengkudu muda dan mencampur dengan air mineral. Hasil campuran tersebut diperas dan disaring untuk diambil airnya saja. Berikan air perasan tersebut pada burung kacer sebagai air minum.

Bisa juga dengan cara merebus daun mengkudu, siapkan 3 lembar daun mengkudu muda, kemuadian direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal sedikit kira-kira setengah gelas, setelah itu berikan pada burung kacer sebagai air minum.

Berikan pada jangkrik

Makanan favorit kacer yaitu jangkrik, selain sebagai Extra Food jangkrik juga bisa menjadi media perantara memberikan daun mengkudu secara tidak langsung pada kacer. Jangkrik untuk pakan kacer diberikan makanan daun mengkudu muda dan buah mengkudu secukupnya. Jangkrik yang memakan daun atau buah mengkudu ini mempunyai khasiat yang lebih jika dibandingkan dengan jangkrik yang hanya diberikan dan daun kering untuk makanannya.

Efek pemberian daun mengkudu untuk kacer ini tidak terlihat secara cepat dan instan melainkan membutuhkan waktu yang cukup lama karena daun mengkudu ini sifatnya tradisional jadi efeknya akan terlihat seiring berjalannya waktu, tentunya berikan secara rutin yah.

Manfaat buah mengkudu untuk kacer

Buah mengkudu juga mempunyai khasiat seperti daun mengkudu, selain itu pada buah mengkudu bisa sebagai doping kacer agar cepat ngeplong. Berikut cara pembuatan doping alami untuk kacer dari buah mengkudu.

Siapkan buah mengkudu matang, asam jawa/asam kawak, garam sepucuk sendok, rebus semua bahan tadi sampai air mendidih. Saring air hasil rebusan tadi dan berikan pada kacer setelah dijemur, berikan serbanyak 2 kali seminggu

 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.