Manfaat Bawang Putih untuk Murai Batu dan Pemberiannya

0
43429
manfaat bawang putih untuk murai batu
Foto dari https://www.facebook.com/linda.nacksidrap

Bawang Putih untuk Murai Batu – Bawang putih (Allium sativum) adalah salah satu tanaman yang banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain untuk penyedap masakan bawang putih juga berkhasiat untuk kesehatan. Selain itu bawang putih juga bisa digunakan sebagai suplemen tambahan pada burung murai batu.

Bawang putih untuk murai batu dipilih karena selain berasal dari alam jadi penggunaannya aman, juga bawang putih mempunyai khasiat yang sangat besar bagi kesehatan. Bawang putih juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar lebih kuat dari penyakit.

Manfaat bawang putih untuk murai batu banyak sekali, mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, sebagai anti radikal bebas, juga secara tidak langsung akan meningkatkan performa burung, karena murai batu yang sehat kemungkinan gacornya lebih besar, murai yang sehat juga ketahanan fisiknya lebih kuat. Manfaat bawang putih untuk murai batu selangkapnya bisa lihat dibawah ini.

bawang-putih-untuk-murai-batu
Foto dari : https://www.facebook.com/linda.nacksidrap

Manfaat Bawang Putih untuk Murai Batu

1. Sebagai anti bakteri

Seperti yang kita ketahui penyakit burung kicau sebagian besar disebabkan oleh bakteri. Bakteri ini banyak ditemukan pada air minum yang tidak higienis, makanan yang kurang bersih bahkan menyebar di udara sekitar.

Pada bawang putih terdapat asilin yang dapat mencegah bakteri, beberapa bakteri yang bisa ditolak oleh asilin yaitu bakteri Salmonella, Escherichia, Streptococcus, Klebsiella, Bacillus dan lainnya.

2. Sebagai anti parasit

Selain bakteri asilin juga bisa mencegah atau menolak beberapa parasit yang mungkin saja masuk kedalam tubuh burung murai.

3. Sebagai anti jamur

Jamur juga merupakan salah satu penyebab murai batu sakit, karena jamur bisa muncul disekitar kandang. Dengan mengkonsumsi bawang putih diharapkan burung murai batu bisa lebih sehat.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh adalah sistem pertahanan pada murai batu, sistem pertahanan ibaratkan tentara didalam tubuh yang siap membunuh segala macam radikal bebas yang menyerang dan mencoba masuk kedalam tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang kuat maka murai batu akan lebih tahan dari berbagai penyakit.

5. Bisa menghangatkan tubuh

Bawang putih untuk murai batu juga bisa sebagai penghangat tubuh, khususnya jika musim dingin atau angin kumbang tiba. Angin dingin pada malam hari ini bisa membuat burung murai batu tidak sehat, mulai dari masuk angin, flu, snot dan lainnya. Dengan memberikan bawang putih diharapkan bisa mencegah datangnya penyakit dari angin.

6. Membantu sembuhnya luka

Jika murai batu mengalami cidera atau luka dengan memberikan bawang putih maka diharapkan lukanya akan cepat sembuh.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.