Macam-macam Penyakit pada Kenari

0
71269

Penyakit pada Kenari – Dalam memelihara kenari terkadang kita menemukan beberapa kasus atau penyakit yang sering menyerang kenari. Tentu sebagai pemelihara kita akan merasa gelisah jika kenari kita sedang sakit, oleh karena itu dalam memelihara kenari kita harus waspada dan bersiap-siap kemungkinan jika kenari kita terserang penyakit.

Memang terkadang pada musim-musim tertentu ada beberapa penyakit yang sering menyerang kenari. Seperti jamur pada kenari yang biasa menyerang saat hujan atau udara lembab. Kenari yang sakit Biasanya akan terlihat berbeda yang tadinya ceria menjadi lemas dan terlihat murung kenari yang sakit juga tidak mau berbunyi lagi.

Berikut akan infokan beberapa penyakit yang sering menyerang kenari agar kita menjadi waspada dan bisa menemukan solusi yang tepat untuk penyakit kenari kita. Sebelum itu dalam memberikan obat tentu kita harus mengetahui apa penyebab kenari sakit, apakah karena bakteri, virus, jamur, atau yang lainnya. Perhatikan juga pola rawatan kenari karena perawatan yang tepat dan kandang yang terjaga kesehatannya akan mencegah kenari dari terserang penyakit.

macam-macam-penyakit-pada-kenari
Foto dari burungperkicau.com

Berikut penyakit yang sering menyerang kenari

1. Jamur pada kenari

Pertama yaitu penyakit jamur pada kenari. Jamur ini biasanya terdapat di kaki kenari dan membuat kenari seperti kita salah seperti gatal dan terganggu. Ciri-cirinya kenari biasanya mengangkat satu kaki dan terdapat seperti gundukan di jari kenari. Penyebab utamanya yaitu udara yang lembab dan kondisi kandang yang kotor. Jika kondisi lembab biasanya kenari akan mudah terserang jamur ditambah jika kotoran tidak dibersihkan maka akan mempercepat pertumbuhan jamur di sekitar kandang kenari. Solusinya yaitu dengan memberikan salep anti jamur dan beberapa perawatan agar kenari cepat sembuh baca : mengobati jamuran pada kenari.

2. Kenari sakit lemas

Yang kedua yaitu adalah sakit lemas pada kenari. Biasanya tanpa alasan apapun dan tanpa tanda-tanda yang jelas tiba-tiba saja murung dan seperti tidak bergairah. Kadang kenari hanya berdiam dan bulunya bulu kepalanya mengembang. Penyebabnya bisa jadi karena kenari kekurangan vitamin dan mineral, rawatan yang salah, atau kenari sedang kurang fit. Seperti manusia saja kadang merasa panas dingin gitu. Nah untuk mengobatinya bisa memberi vitamin dan mineral serta perawatan yang tepat. Untuk selengkapnya Baca : Kenari sakit murung

3. Kenari cacingan

Penyakit selanjutnya yaitu kenari cacingan. Kenari yang cacingan ditandai dengan perubahan pada fisik yang bertambah kurus walaupun makan banyak, bulu-bulu semakin kusut, seperti buluk jika sudah parah maka akan keluar cacing atau telur cacing pada kotoran kenari. Untuk mengatasinya bisa memberikan beberapa obat cacing atau pakan alami yang dapat mengusir cacing pada kenari selengkapnya bisa membaca mengobati kenari cacingan

4. Kenari sakit mencret

Penyakit selanjutnya yaitu penyakit mencret. Penyakit mencret, berak hijau, atau berak kapur biasanya akan timbul dengan ditandai mencret pada awal lalu jika tambah parah akan menghasilkan kotorannya hijau pekat dan bercampur warna putih seperti kapur. Penyakit ini diakibatkan oleh bakteri yang terdapat pada makanan atau minuman kenari biasanya bakteri ini tinggal di kotoran kenari yang terbawa pada air minum atau makanan kenari sehingga tidak sengaja tertelan. Bakteri yang tumbuh di dalam badan kenari akibatnya menyebabkan penyakit mencret pada kenari. Pengobatan yang tepat adalah dengan memberikan obat yang mengandung antibiotik dan vitamin selengkapnya bisa membaca mengobati kenari mencert.

mengobati-kenari-sakit
Foto dari tipsburung.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.