Mengobati Kenari Cacingan – Burung kenari anda terlihat lebih kurus dan kurang bergairah? Makan banyak dan tercukupi tetapi badannya tetap saja terlihat kurus kering (nyilet). Jika mengalami hal yang demikian besar kemungkinan kenari anda terkena cacingan. Cacingan pada unggas memang kerap terjadi apalagi bagi unggas yang biasa nempel ke tanah. Untuk burung kicau seperti kenari walau tidak menginjak tanah secara langsung tetapi cacing bisa masuk lewat mana saja, seperti air, makanan, dan kandang yang lembab. Bahkan menurut artikel ilmiah beberapa cacing bisa menyebar lewat udara karena cacing banyak ditemukan di tempat yang beriklim tropis seperti Indonesia.

Kembali lagi pada kenari cacingan, kenari yang terkena cacing jika dibiarkan bisa saja mengakibatkan kematian karena kenari tidak bisa menyerap nutrisi dari tubuhnya melainkan terserap oleh cacing. Cacing didalam tubuh burung kenari juga bisa tumbuh dan menggerogoti organ dalam kenari dan bisa mengakibatkan kematian. Cacing juga sifatnya bisa menular, jika terjadi kontak langsung dengan unggas lain bahkan pada manusia juga.

mengobati-kenari-cacingan
Foto dari omkicau.com

Mengobati Kenari Cacingan

Jika burung kenari anda sudah positif terkena cacingan atau mengalami tanda-tanda seperti diatas maka harus melakukan beberapa tindakan berikut.

1. Pisahkan kenari cacingan dari kenari lain atau jangan ditaruh berdekatan.

2. Beli obat cacing (merk terserah ada ascaristop, Anti Cacing, Herbolan, dll) yang memang digunakan untuk burung. Pemberian obat bisa dicampur pada air minum atau bisa langsung diteteskan pada kenari. Jika menggunakan obat cacing manusia sebaiknya perhatikan dosisnya. Jika ingin menggunakan obat cacing yang alami bisa saja, tetapi memerlukan waktu yang cukup lama dan harus telaten. Obat lami untuk cacingan bisa menggunakan biji pepaya, daun pepaya, lempuyang dll. Pemberiannya silahkan diatur sendiri, apakah airnya atau di buat jadi serbuk saya serahkan pada pemiliknya.

3. Selama pengobatan hentikan dulu pemberian sayuran dan buah.

4. Berikan selalu air matang yang sudah masak atau lebih baik air kemasan.

5. Secara rutin bersihkan sangkar dan aksesoris kandang agar terhindar dari kotoran.

Cacing memang alami pada burung dan unggas dan datangnya periodik biasanya. Tetapi kalo berlebihan itu yang perlu dihindari. Upaya pencegahan agar kenari kita tidak terserang cacingan bisa kita lakukan diantaranya.

1. Jaga air minum kenari, berikan hanya dari sumber yang bersih. Gunakan air kemasan yang asli jika perlu.

2. Berikan pakan yang bersih, sayurnya yang fresh dan dicuci dulu.

3. Bersihkan kandang jangan sampai kandang kotor atau lembab karena bisa jadi sumber cacing berkembang biak.

4. Jemur kandang dan kenari secara rutin.

mengobati-burung-kenari-cacingan

Nah semoga artikel tentang mengobati kenari cacingan bisa membantu teman-teman semua yang sedang mengalami cacingan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.