Cara Mengobati Kenari Mencret, Berak Kapur, Berak Hijau

0
52032

Mengobati Kenari Mencret – Dalam memelihara kenari terkadang kita menemui beberapa kasus kenari yang memiliki masalah dengan pencernaannya yaitu burung kenari mencret, kotoran seperti air, dan berak kapur (putih seperti kapur) terkadang juga ditemukan kotoran warna hijau pekat. Penyakit ini dinamakan Fowl Cholera atau nama lain berak hijau, berak kapur, dan mencret. Penyakit ini biasanya juga menyerang merpati yaitu dengan nama berak hijau. Penyebab utamanya adalah bakteri yang banyak berkembang dalam kandang atau kondisi kandang yang tidak bersih sehingga burung secara tidak sengaja menginjak atau memakan kotorannya yang menempel dengan makanan atau air minum.

Biasanya jika kenari sudah terkena penyakit ini maka jika kita perhatikan bagian temboloknya maka makanan tidak akan turun. Ini adalah bentuk dari daya tahan tubuh kenari, tujuannya agar makanan yang telah tercemar bakteri tidak terserap oleh tubuh maka dari itu kotoran yang keluar akan lebih cair kandang putih atau hijau yang mengandung empedu.

Untuk mencegah agar burung kenari terhindar dari mencret dan serangan bakteri jahat ini adalah dengan bersihkan selalu kandang dan tempat minum dan tempat pakan serta tangkringan burung kenari. Memang kebanyakan dari kita biasanya malas membersihkan kandang apalagi jika burung yang dipelihara sudah terlampau banyak. Oleh karena itu kita perlu menjaga jumlah kenari yang dipelihara agar semua terawat dengan baik. Lalu bagaimana jika kenari kita sudah terlanjur terkena mencret-mencret dan berak kapur? Sebelum mengobati tentu kita sudah paham apa penyebab penyakit ini, penyebabnya yaitu karena bakteri. Solusi yang paling tepat untuk mengobati penyakit ini adalah dengan memberikan obat-obatan yang mengandung antibiotik.

kenari-sakit-mencret-berak-kapur
Foto dari https://www.facebook.com/profile.php?id=100006966635310

Mengobati Kenari Berak Hijau

Langkah awal yang harus dilakukan untuk mengobati kenari sakit berak ijo adalah
1. Pisahkan yang sedang sakit dengan kenari lainnya. Penyakit ini sangat menular.

2. Bersihkan tempat pakan dan aksesoris kenari ditempat terpisah dan cuci dengan sabun.

3. Jika kenari tidak mau makan dan murung berikanlah makanan yang sangat disukainya. Kalo kenari saya suka kroto dan telur puyuh.

4. Berikan obat yang mengandung antibiotik pada kenari. Obat-obatan ini bisa didapatkan di toko pakan atau toko burung dengan merek seperti birdbloon, tetra chlor, dan birdy-cillin lain sebagainya. Untuk dosisnya bisa dilihat di bagian kemasan.

5. Jemur kenari sampai jam 10 pagi.

6. Lakukan ini sampai kenari sehat dan kotoran sudah normal kembali.

Demikian adalah cara mengobati kenari sakit kolera yang sedang mengalami masalah ini bisa menjadi referensi untuk mengobati kenarinya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.