Kura-kura Terserang Jamur – Kura-kura yang indah bersih dan sehat tentu menjadi dambaan setiap orang yang memeliharanya. Apalagi jika kita biasa bermain dengan kura-kura untuk menikmatinya atau untuk melepas stres. Tetapi karena kura-kura itu makhluk hidup tentu bisa saja terkena terserang penyakit, salah satu penyakit kura-kura yang sering menyerang adalah jamur pada kura-kura. Jamur ini tumbuh di seluruh tubuh kura-kura dan menyebabkan kura-kura terlihat tidak menarik dan malas makan.

Penyakit jamur pada kura-kura bisa saja terjadi terutama pada jenis kura-kura akuatik atau kura-kura yang hidup di air. Ini disebabkan karena lingkungan yang basah dan lembab tentu saja menjadi media yang tepat untuk jamur berkembang. Gejala yang terlihat jika kura-kura kita terserang jamur biasanya terdapat bintik-bintik putih di tubuh kura-kura terkadang jamur pada kura-kura seperti lumut (rambut) dan lendir pada tubuh kura-kura selain itu juga jika dibiarkan kura-kura bisa berbau busuk dan lama-kelamaan malas makan akhirnya bisa menyebabkan kematian.

mengobati-kura-kura-terserang-jamur
Foto dari s662.photobucket.com/user/polkabass/profile/

Kura-kura Jamuran

1. Langkah awal jika kura-kura terserang jamur adalah ganti air dengan air yang bersih, bersihkan akuarium dari sisa-sisa makanan dan kotoran yang mengendap.

2. Untuk tindakannya kita bisa membersihkan kura-kura dengan cara menggosok tempurung dan bagian yang terkena jamur dengan spons atau sikat halus.

3. Gunakan air yang dicampur dengan garam ikan untuk membersihkan lendir yang terdapat pada kura-kura (10 g garam dan 1 liter air). Rendam kura-kura selama 20-30 menit setiap harinya.

4. Setelah itu jemur kura-kura secara rutin pada matahari pagi, lalukan ini sampai kura-kura sembuh.

5. Selama pengobatan bisa diberikan garam ikan pada air akuarium kura-kura dengan dosis yang lebih sedikit atau berikan obat biru pada air akuarium (merk rid all atau lainnya bisa didapatkan di toko ikan). Berikan 2-3 hari sampai jamur hilang.

6. Anda juga bisa memberikan salep untuk kura-kura berjamur (Acrivlafine Plus) dosis sesuaikan. Ini sifatnya optional, anda bisa memakainya atau tidak.

Jaga selalu kebersihan lingkungan aquarium jangan sampai ada sisa makanan yang tersisa atau air yang kotor.

Join the Conversation

9 Comments

  1. aq biasanya cuman ngasih betadine cair untuk obat luka.biarin ajah sampe kering jangan masukin akuarium dulu 2 sampe 3 hari.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.