Cara dan Manfaat Mengembunkan Burung Kicau

0
127274

Mengembunkan burung kicau – Apa sih pengembunan bagi burung kicau? Sebagian pemula kicau bingung dengan istilah-istilah burung kicau yang sering dipakai, termasuk saya. Saya bingung apa itu maksud dari “pagi-pagi burung di embunkan” saya kira burung di semprot air embun hehe ternyata yang dimaksud burung diembunkan adalah burung digantang diluar ruangan saat pagi hari (jam 3-5) saat udara pagi keluar dan tanaman berembun. Pengembunan baik bagi beberapa burung dan kurang cocok untuk burung berparuh bengkok seperti parkit, lovebird, dll. Ada yang bilang burung cucak ijo juga kurang ngefek jika di embunkan (kebiasaan berlaku). Pengembunan akan lebih efektif untuk burung kicauan dari jenis anis atau punglor seperti anis merah, anis kembang, anis macan, dan dari jenis burung sikatan seperti tledekan, kacer, murai batu.

cara-mengembunkan-burung

Pengembunan bertujuan agar burung bisa merasakan seperti di alam, yaitu suasana dinginnya pagi agar burung menjadi segar saat bangun dari istirahat. Selain itu tentu banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari mengembunkan burung kicau. Apa saja manfaatnya? Silahkan disimak.

Cara Mengembunkan Burung Kicau

Berikut cara mengembunkan burung kicau dengan benar. Gantung burung di luar ruangan, lebih bagus jika mempunyai ruang terbuka yang tanpa penutup serta atap. Seperti tiang gantangan dll.
Waktu umum yang biasa digunakan sekitar pukul 5 pagi, tetapi lihat posisi mataharinya biasanya ada saat-saat posisi matahari terang (jam 5 terlihat seperti jam 6) patokan saya adalah shalat subuh, jadi 1 jam- 10 menit sebelum subuh, saat-saat inilah udara dalam kondisi bagus. bisa embunkan burung dengan gantang diluar, jangan lupa sholat subuh di masjid bagi laki-laki 😀
Gantang sampai matahari terbit, posisi gantangan yang baik tidak terhalang sesuatu, sehingga saat matahari terbit burung bisa tersinari. Bisa diberikan EF bagi burung yang memerlukannya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.