Mengobati Kucing Sakit Mata Belekan dan Berair Sendiri

1
326687

Mengobati mata kucing belekan – Memelihara kucing memang sangat menyenangkan terlebih lagi melihat tingkahnya yang lucu dan menggemaskan membuat kita tidak bosan untuk bermain dengan kucing. Apalagi yang sudah maniak dengan kucing tentu tidak ada lagi alasan untuk tidak menikmati keindahan dari binatang yang satu ini.

Dari yang saya perhatikan kucing terlihat lucu bisa dikarenakan oleh bentuk muka, telinga, bulu dan juga matanya. Saya lebih tertarik dengan mata kucing yang bulat besar, itu sangat menggemaskan, tetapi bagaimana jika mata kucing kita terkena sakit. Sakit yang biasa terdapat pada mata kucing yaitu mata kucing belekan.

Belekan pada mata kucing ini bisa diakibatkan oleh banyak hal. Salah satunya yaitu dari kotoran yang menempel di mata kucing. Kotoran yang menempel pada mata kucing jika dibiarkan lama kelamaan akan menghitam lalu mengeras menjadi kerak yang sulit untuk dibersihkan. Pada kotoran tersebut biasanya terdapat banyak bakteri dan virus yang dapat menyebabkan mata kucing berair dan belekan. Belek atau kotoran yang keluar dari mata kucing sebenarnya merupakan efek dari perlindungan tubuh kucing saat melawan bakteri.

kucing-sakit-mata

Mengobati mata kucing belekan

Solusi yang paling mudah dan aman yaitu dengan membawanya ke dokter hewan, karena dengan itu kita bisa mengetahui dengan pasti penyakit apa yang menyerang mata kucing dan obat yang tepat. Tetapi sebagai pemelihara yang baik tentu kita harus mengetahui solusi untuk penyakit kucing yang ‘ringan’ ditambah lagi jika kita jauh dari dokter hewan. Nah Untuk itu saya menyampaikan beberapa tips untuk mengobati mata kucing yang belekan, tips ini saya dapatkan di forum-forum kucing yang sudah terbukti dan dipraktekkan oleh banyak kucing mania. Berikut cara mengobati kucing belekan.

Sebelum memulai untuk mengobati kucing yang sakit mata dan belekan terlebih dahulu kita harus mengetahui penyebabnya. Apakah disebabkan oleh sakit mata atau karena kucing cacingan. Kucing yang cacingan juga bisa mengakibatkan mata belekan itu dari efek samping dari kucing yang sedang terserang cacing. Untuk mengobati kucing cacingan anda bisa membaca : cara mengobati cacingan pada kucing.

Tetapi jika kucing tidak mengalami tanda-tanda cacingan anda bisa memberikan salep Teramicyn atau Obat tetes mata hewan. Salep teramicyn ini merupakan salep antiseptik untuk mata, bisa didapatkan di apotik terdekat. Cara pemakaiannya sebagai berikut :

1. Pisahkan kucing yang sakit dari kucing lainnya. jangan lupa berdoa setiap penyakit Allah yang menyembuhkan.

2. Bersihkan tangan anda cuci dengan sabun, dan bersihkan mata kucing dari beleknya menggunakan tisu halus.

3. Lalu salep bisa dioleskan ke kelopak mata kucing dengan menggunakan cutton bud (korek kuping). Jika menggunakan obat tetes mata hewan maka teteskan sesuai aturan pakainya.

4. Lakukan secara hati-hati agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan semisal mata tertusuk.

5. Berikan 1-2 kali sehari, untuk hasil yang lebih baik berikan pada waktu-waktu kucing istirahat.

Jangan lupa juga memberikan obat cacing secara rutin, karena belekan pada kucing bisa diakibatkan juga oleh efek samping dari kucing cacingan. Semoga sakitnya sembuh.

obat-mata-kucing-belekan

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.