Mengenal Lovebird Lutino Lengkap dengan Gambar

Lovebird Lutino – Para pecinta lovebird (LB) tentu sangat mengenal lovebird lutino. Lutino adalah warna pada lovebird. Lovebird lutino dengan nama latin Agapornis Roseicollis ini sangat digemari dan termasuk populer dikalangan LB mania, jenis lovebird ini juga sering dilombakan sehingga tingkat ke populerannya terus bertambah. Lovebird lutino ini adalah hasil persilangan dari berbagai macam jenis burung lovebird, saya kurang tahu jenis apa yang disilangkan.

Saat sedang booming-boomingnya harga LB ini tergolong mahal karena masih sedikit yang mengembang biakkannya. Harganya dulu bisa mencapai 2 juta rupiah untuk anakan lovebird lutino yang berusia 3 bulan, tetapi sekarang sudah banyak yang menangkarkan burung lovebird lutino jadi LB ini bisa anda dapatkan dengan harga yang terjangkau, sekitar ratusan ribu tepatnya kisaran 600 ribuan jika mengecek di forum-forum jual beli.

lovebird-lutino-mata-merah
Foto lovebird lutino dari https://www.facebook.com/diexcaiiank.vied

Lovebird Lutino

Berikut sedikit informasi dari lovebird lutino yang bisa saya sapaikan.

Karakteristik lovebird lutino

Untuk mengenali lovebird lutino kita bisa melihat dari beberapa ciri-cirinya. Ciri-ciri lovebird lutino bisa dilihat dari warnanya. Warna lovebird ini didominasi oleh warna kuning dibadan dengan gradasi warna merah di kepalanya, Paruh lovebird lutino berwarna merah, warna mata lutino ada yang merah ada yang hitam, yang banyak digemari adalah lutino mata merah.

betina-lovebird-lutino-mata-merah
Foto via https://www.facebook.com/egy.s.hati

Warna lovebird lutino sangat halus atau kalem sehingga untuk disawang akan terlihat adem dimata hehe.

Kandang lovebird lutino

Kandang untuk lovebird lutino sebenarnya sama untuk kandang-kandang lovebird lainnya. Wajib hukumnya menggunakan kandang besi, karena lovebird mempunyai paruh yang kuat yang bisa merusak ruji kayu. Siapkan tenggeran untuk lovebird.

Perhatikan kebersihan kandang lovebird lutino secara penuh karena lovebird ini dinilai kurang tahan terhadap penyakit, sehingga lebih sering terkena penyakit.

Pakan lovebird lutino

Dalam memberikan makanan pada lovebird lutino perlu memperhatikan asupan gizinya. Karena lovebird lutino lebih mudah terserang penyakit maka pemberian gizi yang cukup bisa membantu lovebird menjaga kesehatannya.

Pakan bisa diberikan berbagai merk sepert ebod lovebird atau yang lainnya. Pemberian makanan juga harus diperhatikan, beri makanan yang bergizi dan cukup, sekali-kali berilah makanan tambahan untuk lovebird, bisa berupa sayuran dan buah.

Rawatan harian lovebird lutino

Lovebird lutino bisa dimandikan 2 hari sekali, berikan juga makanan ekstra (EF) bisa dengan sayuran dan buah, biasanya dengan jagung muda atau kangkung, diseling-seling sajaagar tidak bosan.

lovebird-lutino
Foto dari https://www.facebook.com/egy.s.hati

Nah diatas tadi adalah sedikit informasi tentang lovebird lutino, tunggu yah informasi lovebird lainnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.