Cara memaster lovebird – Salah satu bentuk pemeliharaan lovebird adalah dengan memaster lovebird. Memaster atau masteran lovebird adalah memperdengarkan suara lovebird ngekek agar kelak suatu hari lovebird bisa bersuara ngekek panjang. Memaster lovebird tidak serta merta hanya memperdengarkan suara lovebird saja tetapi ada teknik tersendiri agar memaster lovebird cepat ngisi pada lovebird yang kita master. Tentunya trik memaster lovebird ini juga harus menyesuaikan dari karakter lovebird tersebut agar kelak bisa menjadi lovebird juara.

Sebelum memaster lovebird ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Diantaranya waktu yang tepat, waktu yang tepat untuk memaster burung adalah saat istirahat, karena saat istirahat burung diam dan banyak mendengar,jadi diharapkan burung mendengar suara masteran yang diputar dan masuk kedalam ingatan burung. Beberapa penghobi memaster burung pada saat kondisi mabung, karena mabung kondisi burung full istirahat, ini termasuk waktu yang efektif untuk memaster burung. Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah kondisi lingkungan sekitar, kondisi lingkungan yang pas untuk memaster lovebird adalah suasana yang tenang dan tentram. Suasana yang tenang bisa membuat burung fokus pada suara masteran lovebird yang diberikan. Terakhir adalah kenali karakter burung, lihat kondisi burung saat akan dimaster, sedang fit atau sakit, perhatikan juga karakter suara yang pas untuk burung kita dan sesuaikan suara masterannya.

Cara memaster lovebird agar cepat masuk

Setelah kondisi seperti yang diterangkan diatas sudah tercipta maka langkah selanjutnya bisa kita mulai. Sebelum itu terlebih dahulu bisa download suara lovebird ngekek untuk masteran.

Cara memaster lovebird anakan

cara-memaster-lovebird-anakan
Foto lovebird anakan via https://www.facebook.com/fardhankirana

Dalam penangkaran/peternakan biasanya lovebird anakan akan segera dimaster agar kelak sudah besar akan fasih berkicau dan ngekek panjang. Biasanya para penggemar lovebird mulai memaster lovebird anakan pada usia 1-3 bulan bahkan ada yang dari saat menetas. Diharapkan lovebird anakan tersebut mendengar suara masteran dan terrekam dalam memorinya.

Teknisnya kandang ternak lovebird diberi lovebird masteran yang rajin bunyi dan mampu ngekek panjang. Posisi lovebird masteran tidak saling lihat dengan indukan lovebird agar tidak terjadi pertarungan antar indukan dan masteran. Bisa juga dengan suara lovebird ngekek panjang untuk masterannya jika tidak punya lovebird masteran yang joss.

Jika memaster lovebird muda yang sudah disapih dari indukan dan sudah bisa makan sendiri kondisikan kandang lovebird muda agar sedikit gelap (redup) agar fokus mendengar suara masteran saja. Sediakan ruangan khusus masteran agar semakin okeh.

Cara memaster lovebird dewasa

cara-memaster-lovebird-yang-benar
Krodong lovebird via https://www.tokopedia.com/toko-sanjaya

Cara memaster lovebird dewasa tidak dilakukan terus menerus seperti yang dilakukan saat memaster lovebird anakan. Ada waktu-waktu terbaik untuk memaster lovebird dewasa. Waktu yang terbaik untuk memaster lovebird dewasa bisa dilakukan pagi, siang, sore. Pagi jam 6-8 pagi, siang jam 11-12, sore jam 4-6 sore, malam hari istirahat total. Ada juga yang memaster lovebird pada malam hari. silahkan dipraktekkan mana yang pas menurut anda dengan menyesuaikan lovebird anda masing-masing.

Teknisnya lovebird bisa di kerodong dan ditempatkan di tempat yang tenang lalu diperdengarkan suara lovebird masteran dengan suara lirih tapi masih terdengar.

Nah diatas adalah sebagian cara untuk memaster lovebird agar cepat ngekek. Bagi yang ingin menambahkan bisa komen dibawah, terima kasih.

Join the Conversation

1 Comment

  1. wah keren nih saya baru mau coba beralih lovebird jadi saya mau coba trik yang di atas mantapppp

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.