Rahasia Perawatan Agar Lovebird Juara

Rahasia lovebird juara – Siapa yang tidak mau punya lovebird juara? Tentu para pecinta lovebird menginginkannya yah. Apalagi yang aktif mengikuti lomba lovebird. Tak dipungkiri lagi lovebird sekarang sedang naik daun, dari kalangan bawah sampai atas punya burung jenis ini. Didaerah saya juga sedang marak-maraknya lovebird (biasanya orang ada yang menyebutnya lakbet). Bahkan ada satu blok yang hampir pecinta burungnya punya lovebird. Seiring dengan berkembangnya tren lovebird makakompetisi untuk burung ini juga semakin banyak dan impian untuk menjadi lovebird juara juga tinggi.

Untuk menjadi lovebird juara kita perlu belajar dari para ahlinya, saya bawakan contohnya para pecinta lovebird yang pernah juara, misal kita ambil contoh lovebird kusumo. Kita pelajari perawatan lovebird kusumo seperti apa. Tidak hanya lovebird kusumo saja tetapi lovebird-lovebird juara lainnya. Dari yang saya perhatikan, saya baca, dan teliti secara langsung. Untuk menjadi lovebird juara ada beberapa faktor yang harus terpenuhi. Berikut diantaranya.

melatih-agar-lovebird-juara
Foto lovebird juara milik https://www.facebook.com/kelvin.yerryputra

Perawatan Agar Lovebird Juara

1. Rawatan harian yang disiplin

Perawatan harian lovebird atau burung kicau lainnya ini sangat berpengaruh. Pola perawatan yang terus menerus bisa membuat mental atau karakter burung keluar dengan maksimal. Perawatan harian ini tidak instan yah tetapi terus menerus dan sabar. Perawatan lovebird juara harus disesuaikan dengan lovebird itu sndiri. Baca : Perawatan harian lovebird.

2. Faktor kemampuan burung

Karakter diturunkan dari indukan-indukan. Untuk mendapatkan anakan yang bagus perlunya indukan yang berkualitas sehingga mampu menurunkan anakan-anakan yang berkualitas pula. Bakat atau kemampuan dasar tidak bisa kita rubah karena sudah tertanam dalam DNA burung itu sendiri. Kemampuan ngekek panjang, kestabilan birahi, mental tarung itu semua didapatkan dari lahir. Tugas kita adalah melakukan perawatan yang baik agar kemampuan itu bisa dikeluarkan oleh burung kita. Makanya tips-tips lovebird agar ngekek panjang semuanya hanya standar perawatan harian biasa, atau pemberian suplemen (kesehatan) biasa dan hasilnya pun macam-macam, ada yang berhasil ada yang tidak. Semua itu tergantung dari karakter burung itu sendiri kita hanya bisa memposisikan burung agar sehat dan terrawat.

anakan-lovebird-juara
Foto anakan lovebird https://www.facebook.com/fardhankirana

3. Feeling

Ini yang tidak bisa ditiru secara instan. Feeling atau perasaan kita terhadap burung, feeling kita terhadap burung dengan karakter bagus, feeling kita terhadap rawatan. Dari yang saya baca setiap lovebird juara pemiliknya memperlakukan lovebird mereka dengan feelingnya. Perlakukan lovebird mereka sesuai dengan karakter masing-masing. Ini yang susah, feeling membaca karakter burung tidak bisa dimiliki semua orang. Feeling ini akan muncul karena pengalaman dan jam terbang yang panjang dalam merawat burung.

4. Doa

Rata-rata orang-orang menyepelekan ini. Padahal segala sesuatunya adalah milik Allah, kita tinggal solat, berdoa, dan sabar. Kalo solat aja kaga gimana mau dikasi rezeki.

Nah diatas adalah ‘rahasia’ dalam membuat lovebird juara. Juara sejati tidak bisa didapatkan secara instan. Semangat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.