Lovebird lutino – Setelah mengenal lovebird lutino secara umum sekarang giliran varian lovebird lutino yang harus dikenal. Seperti yang kita ketahui ada banyak sekali jenis lovebird yang beredaran baik itu jenis lovebird asli atau hasil silangan, lovebird kicau atau lovebird warna tentu banyak sekali jenis lovebird yang beredar di pasaran. Sebenarnya lutino adalah salah satu nama dari warna lovebird. Warna ini masih populer dicari penghobi lovebird warna, karena warna lutino untuk dipandang itu cukup adem menurut saya.

Dalam perkembangan dunia lovebird lutino terdapat nama-nama populer yang biasa disebutkan para kicau ania untuk membedakan sub-spesies lain yang mempunyai warna lutino ini. Seperti lutino bersih, lutino kotor, lutino mata merah, lutino mata hitam. Jenis lovebirdnya berbeda tetapi warnanya sama yaitu lutino. Penyebutan seperti ini menurut saya tidak masalah, praktisnya ini memudahkan identifikasi. Memang terkadang ada kesalah pahaman di kalangan pecinta kicau dalam penyebutan jenis lovebird atau warna lovebird saya juga kadang salah karena kurang pengalaman, tolong jika salah koreksi yah kawan-kawan kicau semua. Oke sejenakkita lupakan dulu detilnya dari si lutino ini, kita kembali pada istilah populer yang ada di kalangan hobi burung dan kicau mania.

Varian Lovebird Lutino

Dalam post ini saya tidak sebutkan ‘jenis lovebird’ berdasarkan taksonomi tetapi untuk mempermudah saya gunakan istilah populernya saja yah :D.

Lutino adalah penamaan warna pada lovebird. Warna lutino adalah gabungan warna kuning dan merah. Biasanya didominasi warna kuning. Warna merah pada lutino dimulai darikepala sampai dadanya.

1. Lovebird lutino mata merah

Lutino mata merah kadang disingkat dengan lutino mm. Lovebird ini memiliki warna yang soft pada bulunya. Gradasi warna merah dari kepala sampai dada, warna mata tentu merah menambah para lovebird mania ini makin kepincut. Dari informasi yang saya dapatkan lovebird lutino mata merah lebih digemari dibanding varian lainnya.

lovebird-warna-lutino-mm
Foto dari https://www.facebook.com/aditya.noor.1

 

lovebird-lutino-mata-merah-1
Foto dari https://www.facebook.com/boy.netis

2. Lovebird lutino mata hitam

Tidak ada perbedaan antara warna pada lovebird ini yang membedakan hanyalah warna matanya saja merah atau hitam. Walaupun lutino mm lebih digemari tetapi penggemar lovebird lutino mata hitam tidak kalah banyak.

lovebird-lutino-mata-hitam
Foto lutino mata hitam via https://www.facebook.com/fayad.byantara

 

jenis-lovebird-lutino-mata-hitam
Foto dari https://www.facebook.com/bokux.crazykart

Selain itu ada juga lovebird lutino kotor dan lutino bersih. Jika warna bersih yaitu halus gradasi warnanya jika lutino kotor ya gradasinya tidak merata.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.