Makanan Lovebird Dewasa Anakan dan Saat Meloloh

Makanan lovebird – Semua makhluk hidup butuh makan. tidak terkecuali burung lovebird. Makanan lovebird sebenarnya sama tetapi untuk memenuhi kebutuhan dan untuk mempercepat penyerapan nutrisi kedalam tubuhnya maka makanan lovebird bisa dibedakan berdasarkan usianya. Lovebird dewasa, anakan, dan lovebird yang sedang meloloh berbeda-beda terutama bagi lovebird yang sedang meloloh anaknya, karena butuh ekstra makanan yang lebih untuk dirinya dan anaknya.

Sebagai pemelihara atau breeder yang baik harusnya kita tahu makanan apa saja yang baik bagi lovebird kita. Dengan pemberian pakan yang benar dan cukup nutrisi diharapkan lovebird kita bisa tumbuh dengan maksimal dan bisa mengeluarkan performa paling maksimal, seperti suara lovebird ngekek panjang bulu bersih, mengkilap dengan warna yang cerah.

Makanan Lovebird

Makanan lovebird dewasa

Kitamulai dari lovebird dewasa terlebih dahulu. Untuk memberi makan lovebird dewasa tidaklah sulit karena kita bisa dengan mudah menemukan makanan lovebird dewasa yang ada disekitar kita. Kita juga tidak susah-susah memberikannya dengan metode tertentu, cukup sediakan saja dalam cepuk atau wadah pakan lovebird. Makanan lovebird dewasa meliputi biji-bijian dan sayur-sayuran.

makanan-lovebird-dewasa

Biji-bijian untuk lovebird

  • Milet, bisa memakai putih atau merah
  • Biji kenari
  • Biji sawi
  • Ketan hitam
  • Jagung muda
  • Gabah

Pakan biji-bijian untuk lovebird bisa di campur dengan perbandingan tertentu. Cari juga makanan yang mana yang disukai lovebird agar kita bisa memberikan porsi lebih banyak. Bisa juga dengan membeli pakan lovebird jadi yang sudah dikemas dengan berbagai merk.

Sayuran untuk lovebird

  • Kangkung
  • Sawi
  • Toge / kecambah dan

Sayuran diatas ada yang termasuk EF (extra food) bagi lovebird. Pemberian sayuran diatas bisa diseling-seling sesuai selera. Bijaknya berikan EF secara seimbang. Baca : perawatan harian lovebird

Makanan lovebird saat meloloh anakan

Seperti yang telah saya katakan diatas bahwa lovebird yang sedang meloloh anakannya membutuhkan makanan dan perlakuan khusus agar anakan lovebird bisa menetas dan tumbuh sempurna. Pakan dan perlakuan yang diberikan pada lovebird yang sedang meloloh bisa dibedakan beberapa tahap, seperti bayi ada tahapan-tahapan pemberian pakan lovebird yang sedang meloloh berdasarkan umurnya.

makanan-lovebird-saat-meloloh-anakan
Foto dari https://www.facebook.com/hendrik.junot.5

Tahap 1 : Lovebird hendak menetas

Pemberian pakan yang berkualitas pada lovebird yang sudah hampir menetas ini bertujuan membentu penetasan telur dan mempersiapkan indukan sehat saat meloloh. Lovebird akan menetas sekitar 21 hari (kurang lebih). Saat akan menetas anakan lovebird butuh kelembaban yang bukup agar mudah untuk memecahkan telurnya, jadi sekitar 17-18 hari saat lovebird hampir menetas kita bisa mengatur kelembaban kandang dengan memberikan kangkung sebagai media sarang. Caranya mudah cukup taruh beberapa helai kangkung di kandang lovebird, maka indukan lovebird akan membawanya kedalam sarang, karena secara insting indukan akan mengatur kelembaban sarang untuk anaknya. Bisa juga dengan memberikan air untuk mandi bagi indukan lovebird. Ingat lakukan hal ini hanya saat lovebird akan menetas (2-3 hari sebelum menetas). Selain itu cukupi pakan bagi indukan lovebird agar saat anakannya menetas indukan sudah siap meloloh, anakan lovebird tidak akan makan sampai 36 jam saat menetas karena masih membawa cadangan makanannya saat dalam telur.

Tahap 2 : Anakan lovebird

Tahap pertama pemberian pakan pada lovebird saat meloloh yaitu berikan pakan yang lembut. Biasanya campuran kangkung dan jagung muda. Sebelumnya cacah terlebih dahulu kangkungnya agar kecil-kecil dan mudah dicerna, biasanya jika makanan yang keras (seperti biji-bijian) kadang membuat makanan tidak tercerna dengan baik dan tembolok anak LB tidak turun sehingga bisa mengakibatkan kematian. Sediakan selalu pakan yang cukup pada lovebird yang sedang meloloh. Jangan sampai kosong. Setelah anakan berumur 5-7 harian bisa disediakan juga biji-bijian dan pakan normal lovebird seperti biasa.

Ada beberapa peternak/pemilik lovebird yang mengambil anakan lovebird untuk dilolohkan sendiri, tujuannya agar membercepat produksi sehingga indukan dapat bertelur kembali, jika memang demikian anakan bisa diambil lebih baik saat usia minimal 5 hari. Tetapi yang terbaik tentunya biarkan indukan lovebird meloloh sampai full.

Makanan lovebird anakan (piyik)

makanan-anakan-lovebird-loloh-sendiri
Foto dari https://www.facebook.com/hendrik.junot.5

Untuk makanan lovebird anakan yang diloloh tangan (sendiri) bisa dengan menggunakan pakan loloh lovebird yang sudah dijual banyak dipasaran. Atau jika ingin meracik sendiri bisa juga, sebelumnya bisa disediakan terlebih dahulu alat untuk meloloh anakan lovebirdnya. Bisa dengan alat suntik yang diberi selang halus (spet) atau alat khusus meloloh lovebird.

Selengkapnya baca : meloloh anakan lovebird

Racikan pakan anakan lovebird :

1. Bubur bayi cari yang beras merah. (wajib)

2. Pelet atau Voer Fancy untuk lovebird (wajib)

3. Tepung jagung (tambahan)

4. Biji-bijian pakan lovebird (berikan jika sudah agak besar)

Cara pembuatan :

Campur seluruh bahan dengan air hangat kuku, aduk sampai rata dan halus. Pakan tersebut sudah bisa diberikan pada anakan lovebird yang diloloh sendiri. Untuk mempermudah anda bisa membuat campuran kering semua pakan diatas dalam satu wadah (campur dengan blender lebih baik) dan tinggal diseduh jika akan memberi makan. Berikan pakan yang agak encer pada lovebird yang masih muda. Nah pakan sisa bisa disimpan dalam wadah yang rapat atau didalam kulkas. Encerkan kembali dengan air hangat suam-suam kuku untuk diberikan lagi. Semoga artikel tentang makanan lovebird ini bisa mambantu kawan-kawan.

makanan-lovebird-anakan
Foto dari https://www.facebook.com/hendrik.junot.5

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.