Meloloh Anakan Lovebird – Dalam ternak lovebird ada kalanya kita memilih untuk meloloh anakan lovebird sendiri. Tujuannya agar indukan lovebird cepat kembali berproduksi, agar anakan bertahan hidup (tidak di bunuh indukan), dan agar anakan lovebird menjadi jinak.

Tetapi dalam meloloh anakan lovebird ini tidaklah sembarangan, perlu melakukan latihan terlebih dahulu dan memberikan asupan pakan yang tepat pada anakan lovebird.

Selain itu umur anakan lovebird saat di sapih dari indukan juga menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan. Jika anda baru pertama kali akan meloloh anakan lovebird saya sarankan sapih anakan lovebird saat usianya sekitar 10 hari. Agar mudah dalam meloloh dan resikonya tidak terlalu besar.

Jika sudah terbiasa maka bisa di ambil anakan usia dibawah 7 hari, bahkan 0 hari atau baru menetas sekalipun (resiko masing-masing). Dengan catatan anda sudah terbiasa meloloh sebelumnya, siap dengan peralatan melolohnya, pakan khususnya (akan saya bahas beberapa merk dibawah), dan siap resikonya.

Meloloh Anakan Lovebird

  1. Siapkan bubur pakan lovebirdnya (123HF Starter, nutribird, dll atau bisa membuat pakan anakan lovebird racikan)
  2. Siapkan alat spetan lovebird, alat yang digunakan bisa bekas suntikan yang diberi selang halus atau alat khusus meloloh, bisa dengan bekas botol cuka dll
  3. Racik pakan lovebird. Lovebird umur 0-7 hari racik lebih encer, umur 7 hari keatas biarkan agak kental.
  4. Meloloh anakan lovebird usia 0 Р5 hari dilakukan setiap 4-5 jam sehari dengan dosis yang sedikit, secukupnya. Jika umur sudah lebih dari 10 hari loloh bisa dilakukan sebanyak 4 kali sehari, cek jadwal meloloh anakan lovebird.
  5. Tempatkan anakan lovebird dalam box yang diberi lampu pijar. Suhu ideal untuk anakan lovebird yang baru menetas sekitar 30-33 derajat celcius. Semakin besar anakan lovebird turunkan suhunya sampai dengan copot lampunya. Jarak lampu disesuaikan jangan terlalu jauh dan dekat, jika tidak ingin menggunakan lampu bisa tetapi pastikan ruangan hangat.
  6. Setelah lovebird berumur 3-4 mingguan anakan LB sudah mulai latihan mengigit. 1,5 Bulanan lebih biasanya sudah bisa makan sendiri.

Untuk lebih jelasnya bisa melihat gambar dibawah ini, gambar dari : https://youtu.be/FBxsxjS3toE

meloloh-anakan-lovebird-1

meloloh-anakan-lovebird-3

Makanan Anakan Lovebird

Makanan anakan lovebird yang baru menetas 0-1 hari bisa dengan memberikan pakan starter yang banyak dijual di toko-toko pakan burung. Jika ingin meracik sendiri juga bisa, berikut bahan-bahan untuk meracik pakan anakan lovebird.

Padi, milet, apel, telur, cangkang telur ayam karing, minyak zaitun. Campur dengan cara di blender sampai sangat halus sekali seperti bubuk susu. Jemur sampai kering (awas angin), lebih baik di oven. Simpan ditempat rapat dan kering.

Jadwal Meloloh Anakan Lovebird

Jadwal meloloh anakan lovebird yang beru menetas bisa sebanyak 4-5 kali dalam sehari. Jadwal melolohnya bisa mulai dari jam 5 pagi untuk umur 0-7 hari, setelah itu bisa mundur. Memang butuh waktu luang untuk melakukan ini.

Umur 0-5 hari berikan setiap 4-5 jam sekali mulai Jam 5 pagi, terakhir jam 10 atau 11 malam malam.

Umur 7 hari keatas mulai Jam 6 pagi, Jam 11 pagi, Jam 4 sore, terakhir jam 9 malam. Jika mulai jam 7 pagi maka terakhir jam 10 malam.

Untuk meloloh anakan lovebird umur 0 atau 1 hari perlu lebih telaten, karena ukuran anakan lovebird masih sangat kecil dan lebih sulit. Berikan sedikit-sedikit dan telaten.

Join the Conversation

2 Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.