Cara Ternak Lovebird untuk Pemula Agar Cepat Produksi

0
81161
cara ternak lovebird
Foto dari https://www.facebook.com/profile.php?id=100004480771309

Cara Ternak Lovebird – Cara ternak lovebird agar cepat bertelur sebenarnya susah-susah gampang. Ini semua tergantung perawatan kita, lingkungan tempat lovebird diternak, karakter lovebird sendiri, dan kondisi kematangan dari lovebird.

Dalam artikel ini saya akan mencoba membagikan cara ternak lovebird, contoh kandang untuk beternak lovebird, makanan untuk lovebird ternak, dan cara agar lovebird cepat kawin dan cepat produksi.

cara-ternak-lovebird-cepat-produk
Foto dari https://www.facebook.com/adi.susmadi

Cara Ternak Lovebird

  1. Siapkan kandang ternak lovebird. Kandang ternak lovebird bisa menggunakan kandang besi kotak berukuran panjang 60cm lebar, 44cm, dan tinggi 40cm dan 1 buah glodok (box home) untuk sepasang lovebird, atau biasanya merk kandang ternak lovebird best one. Kandang ini biasanya banyak dijual ditoko-toko burung kicau. Atau bisa menggunakan kandang berukuran besar jika ingin menggunakan sistem koloni (baca : kandang lovebird). Cara ternak lovebird dengan kandang minimalis ini cocok untuk pemula yang baru belajar.
  2. Sipkan indukan lovebird. Indukan lovebird dipilih yang sudah dewasa dan sudah birahi. Umur lovebird ternak biasanya kisaran 7 bulan keatas untuk jantan dan betina 8 bulan keatas. Lebih dewasa lebih bagus. (baca : memilih indukan lovebird).
  3. Tempatkan kandang dilingkungan yang tidak terlalu ramai. Karena lovebird akan merasa terganggu jika banyak orang yang lewat. Kecuali lovebirdnya sudah jinak. Dan pastikan kandang tidak terjamah kucing dan yang lainnya.
  4. Setelah kandang siap, indukan lovebird jantan dan betina siap, tinggal melakukan proses penjodohan, caranya sudah saya bahas disini baca : menjodohkan lovebird. Jika sudah berjodoh maka bisa melewati proses ini.
  5. Selanjutnya melakukan perawatan pada lovebird. Perawatan harian lovebird ternak tidak sulit, cukup dibersihkan kandangnya dan diberi makanan yang cukup. Agar lovebird cepat bertelur dan birahi berikan makanan yang mengandung protein tinggi dan memacu birahi seperti jagung, kangkung, canary seed dll. Selengkapnya makanan lovebird ternak bisa baca disini : makanan lovebird ternak.
  6. Selanjutnya tinggal dipersiapkan untuk merawat anakan lovebird. Anakan lovebird amannya dipanen sekitar 10 hari dan diloloh sendiri. Ini agar indukan lovebird bisa kembali produksi dan anakan yang dirawat menjadi jinak. Jika ingin agar dirawat induknya sampai besar ya tidak masalah.

Saat merawat anakan lovebird bisa dipersiapkan box atau kotak dengan lampu hangat untuk anakan lovebird, bisa juga dengan kotak minimalis menggunakan kardus bekas.

cara-ternak-lovebird-pemula
Foto dari https://www.facebook.com/okimmatheway

Ada kalanya lovebird bertelur tapi tidak menetas, ini banyak sekali penyebabnya bisa dari kesuburan lovebird sendiri atau pengaruh cuaca saya sudah membahasnya lengkap disini : telur burung tidak menetas.

Agar ternak lovebird cepat produksi bisa juga membeli lovebird yang sudah produksi sebelumnya, agak mahal sedikit tidak masalah yang penting kita menghemat waktu.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.