Cara Menurunkan Birahi Lovebird dengan Cepat

0
33651
menurunkan birahi lovebird
Foto dari https://web.facebook.com/eful.eful.92505

Menurunkan Birahi Lovebird – Birahi pada burung lovebird sebenarnya bukanlah suatu masalah, melainkan hal yang normal sekali. Karena secara alami birahi pasti dimiliki oleh burung lovebird. Masalahnya jika birahi pada lovebird ini berlebihan, atau biasa disebut lovebird over birahi.

Menurunkan birahi lovebird dengan cepat bukanlah hal yang mudah, tetapi tidak juga mustahil. Karena dalam menurunkan birahi lovebird banyak faktor yang mempengaruhi dan juga banyak metode atau caranya.

Lovebird yang birahinya sedang tinggi biasanya kurang disukai oleh para kicau mania. Pasalnya burung lovebird yang sedang tinggi birahinya tidak bisa berkicau maksimal, hanya bulak balik naik turun kandang. Tetapi birahi dibutuhkan untuk lovebird ternak.

Over birahi atau birahi tinggi bisa terjadi pada lovebird jantan ataupun betina, lovebird paud, muda, balibu ataupun tua. Memang menstabilkan birahi lovebird adalah hal yang paling utama untuk lovebird lomba.

Ciri-ciri lovebird birahi biasanya lovebird menjadi galak, lovebird gesek tangkringan (gestang), lovebird jarang ngekek, lovebird tidak mau diam (tidak nagen), jika betina biasanya ngeleper jongkok minta kawin, suka menggigit sangkar, sering manggut-manggut, lovebird sering ngeruji.

menurunkan-birahi-lovebird-paud-balibu-muda
Foto dari https://web.facebook.com/yasirfatahillah

Berikut ini beberapa cara menurunkan birahi lovebird.

Menurunkan Birahi Lovebird

  1. Mandikan lovebird, mandikan lovebird 2 kali sehari untuk menurunkan birahi dan menurunkan suhu tubuhnya. Ada juga yang memandikan lovebird dengan air es/air sejuk. Waktu memandikan lovebird bisa pagi, sore, atau malam. Jika menggunakan air es hanya pada pagi atau siang saja.
  2. Stop EF terlebih dahulu, cukup berikan milet saja sebagai makanan pokoknya.
  3. Berikan daun kemangi untuk ramuan menurunkan birahi lovebird. Caranya bisa diberikan secara langsung sebagai sayuran, jika tidak mau maka buat lovebird lapar terlebih dahulu.
  4. Umbar lovebrid, rutin mengumbar lovebird untuk menyalurkan energi berlebih dan melatih fisik.
  5. Berikan sayuran untuk menurunkan birahi lovebird seperti sawi putih, timun, oyong, dll.
  6. Embunkan lovebird, embunkan lovebird pada pagi hari sebelum subuh.
  7. Kawinkan lovebird, jika masih tinggi birahinya maka bisa dengan mengawinkan lovebird dengan pasangannya agar birahinya tersalurkan.

Baca juga : turunkan lovebird birahi dengan kemangi

Nah diatas tadi adalah beberapa cara alami untuk menurunkan birahi lovebird. Jika sudah stabil birahinya maka lanjutkan kembali rawatan harian lovebird kita dan stop pemberian kemangi jika anda menggunakan kemangi.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.