Manfaat Kemangi untuk Burung Lovebird dan Pemberiannya

0
70491
manfaat daun kemangi untuk lovebird
Foto : https://web.facebook.com/marlida.marlida

Manfaat Kemangi untuk Lovebird – Salah satu kendala yang sering dialami oleh para kicau mania yaitu mengendalikan birahinya birahinya tidak terkecuali pada burung lovebird. Burung lovebird ini salah satu burung kicau yang mudah sekali berubah-ubah birahinya, kadang-kadang naik, kadang-kadang turun, tergantung kondisi burung dan perawatan pemiliknya.

Nah kondisi birahi lovebird yang tidak jelas ini tentunya sangat mengkhawatirkan jika nanti burung lovebird tersebut akan dilombakan, karena jika burung lovebird birahi saat lomba tentunya akan merugikan. Bahkan jika kondisi over birahi nya sangat parah burung Lovebird bisa menyakiti dirinya sendiri dengan mencabuti bulunya. Jika terlanjur birahi baca mengatasi : lovebird over birahi

Nah ngomong-ngomong tentang over birahi pada lovebird pada salah satu tanaman yang berhasiat untuk menurunkan birahi pada lovebird yaitu daun kemangi. Daun kemangi ini dipercaya mempunyai khasiat untuk menurunkan birahi lovebird dengan cepat. Biasanya para pecinta lakbet yang mempunyai karakter lovebird yang cepat naik birahinya pada saat lomba biasanya memberikan kemangi pada lovebird sehari sebelum lomba atau beberapa jam sebelum lomba. Ini bertujuan agar birahi lovebird tidak meningkat secara tiba-tiba saat lomba.

Kemangi untuk lovebird sudah banyak dicoba dan dipakai oleh pemain lovebird, tetangga saya salah satu pemain LB dan sudah sering menggunakannya. Nah barang kali teman-teman belum tahu bisa mencobanya.

Sebenarnya banyak sekali cara-cara yang dapat dilakukan untuk menstabilkan birahi pada burung lovebird atau menurunkan birahi pada lovebird. Kali ini kita akan coba membahas tentang tanaman kemangi (godong kemangi). Karena selain untuk menurunkan birahi lovebird kemangi juga mempunyai khasiat lain, mari disimak manfaat kemangi untuk lovebird.

Manfaat Kemangi untuk Burung Lovebird

  1. Menurunkan birahi dengan cepat.
  2. Menstabilkan birahi pada lovebird
  3. Anti radang untuk membantu sembuhnya luka
  4. Mengobati masuk angin pada lovebird

Selain digunakan untuk lovebird, daun kemangi juga bisa digunakan untuk burung lainnya dan sekaligus untuk lalapan pecel lele hehe.

daun-kemangi-untuk-lovebird

Cara Pemberian Kemangi pada Lovebird

Berikut ini beberapa cara pemberian daun kemangi pada lovebird.

  1. Kemangi bisa diberikan secara langsung pada lovebird sebagai pengganti sayuran, pilihlah daun kemangi yang muda (di pucuk) yang berdaun lebar segar. Karena biasanya burung lovebird akan langsung memakannya. Tetapi jika burung lovebird tidak mau memakan daun kemangi maka perlu membuat lapar terlebih dahulu. pemberian kemangi ini bisa diberikan pada saat malam atau pagi hari saat kondisi atau cuaca tidak begitu panas.
  2. Bisa juga memberikan dengan cara merebus kemangi. Caranya cuci bersih daun kemangi, tuangkan 2-3 gelas air lalu rebus sampai air tinggal 1 gelas, saring dan air extrak kemangi bisa diberikan pada lovebird.

Pemakaian kemangi ini tidak boleh berlebihan karena jika kebanyakan lovebird bisa jadi drop (baca mengatasi : lovebird drop). Pemberian kemangi ini secukupnya saja tergantung kondisi lovebirdnya. Jika sudah stabil birahinya bisa dihentikan pemberian kemanginya. Nah itulah beberapa manfaat daun kemangi untuk lovebird.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.