Cara Agar Anakan Ikan Guppy Banyak Jantan

0
12005
agar anakan guppy mayoritas jantan
Foto : https://www.facebook.com/profile.php?id=100011719392379

Agar Anakan Ikan Guppy Mayoritas Jantan – Ikan guppy termasuk kedalam ikan yang mudah sekali berkembangbiak, ikan ini tidak memerlukan perawatan yang spesial untuk diternakkan. Dalam sekali beranak ikan guppy bisa menghasilkan 20-puluhan ekor anakan. Dan setiap beranak bisa menghasilkan anakan yang bervariasi yaitu jantan dan betina.

Tetapi terkadang anakan guppy yang dilahirkan ini mayoritas betina. Sedangkan ikan guppy biasanya dinikmati yang jantannya, karena memiliki sirip yang lebih cerah berwarna dan sirip yang lebar dari betina. Nah oleh karena itu perlu dilakukannya rekayasa genetika agar ikan guppy yang dihasilkan mayoritas jantan.

Ada beberapa teknik rekayasa genetika untuk ikan guppy ini. Ada yang menggunakan bahan alami ada juga dengan hormon buatan. Nah bagi teman-teman yang ingin agar anakan guppy mayoritas jantan bisa mencoba tips berikut ini.

agar-anakan-guppy-banyak-jantan
Foto : https://www.facebook.com/zulalhad

Baca juga : Makanan burayak ikan

Anakan Ikan Guppy Mayoritas Jantan

1. Menggunakan Hormon Androgen

Hormon androgen (hormon jantan) ini bisa merangsang indukan agar menghasilkan mayoritas anakan guppy jantan bahkan beberapa ada yang bilang 100% jantan.

Cara pemberiannya yaitu dengan merendam indukan guppy yang tengah hamil (2 minggu setelah disatukan dengan jantan) kedalam air yang telah diberikan hormon androgen ini selama 24 jam. Dosisnya pemberiannya sebanyak 2mg/Liter air. Hormon ini misalnya 17a methyl testosteron (17a-methyl testosteron).

2. Menggunakan Madu

Madu tidak diragukan lagi mempunyai banyak manfaat, bahkan untuk keperluan breeding ikan guppy pun madu bisa bermanfaat untuk rekayasa genetika. Cara pemberiannya yaitu dengan merendam ikan guppy betina yang sedang hamil, 2 minggu setelah disatukan jantan/setelah kawin.

Dosisnya sebanyak 50mL/L air bersih, masukkan selama 8 jam saja tidak boleh lebih, karena pada madu akan ada fermentasi yang bisa membunuh ikan nantinya. Madu yang digunakan lebih baik menggunakan madu murni yang belum tercampur bahan lainnya.

Nah diatas adalah bagaimana caranya agar menghasilkan anakan ikan guppy mayoritas jantan. Selain untuk ikan guppy saya rasa bisa digunakan juga untuk jenis ikan lainnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.