Mengobati White Spot – Penyakit akan selalu ada dan menghampiri semua makhluk hidup, tidak terkecuali dengan ikan. Terdapat beberapa penyakit yang sering menyerang ikan, salah satunya yaitu white spot/bintik putih/jamur/ich.

White spot pada ikan disebabkan oleh jamur, karena buruknya air, suhu air terlalu dingin, kurangnya cahaya matahari, dan faktor stress pada ikan. Jangan salah loh, stress pada ikan bisa menyebabkan banyak penyakit karena daya tahan tubuhnya sedang lemah jadi penyakit mudah masuk.

Penyakit white spot pada ikan bisa dilihat dari beberapa gejalanya. Ikan yang terkena white spot bergerak lebih lamban dari biasanya, sering terlihat menggaruk-garuk pada aksesoris yang ada di dalam aquarium, dan yang paling jelas akan terlihat bintik-bintik putih diseluruh badannya.

mengobati-white-spot-pada-ikan
Foto : https://web.facebook.com/JPG-farm-1415682725340343/

Jika tidak segera diobati pada tahap awal akan menyebabkan infeksi white spot/jamur sulit untuk diobati dan bisa menimbulkan kematian pada ikan. Oleh karena itu jika terlihat gejala white spot pada ikan maka sebaiknya cepat dilakukan tindakan, berikut ini cara mengobati white spot pada ikan.

Cara Mengobati White Spot

  1. Pisahkan ikan yang terkena white spot dari ikan yang sehat.
  2. Pindahkan pada wadah terpisah tetapi menggunakan air lama agar ikan tidak stress karena air baru yang bisa memperparah infeksi.
  3. Taburkan garam ikan secukupnya untuk membasmi jamur.
  4. Jika ikan berukuran besar maka bisa sembari menggosok-gosok white spot pada ikan agar rontok, gunakan cutton buds (korek kuping).
  5. Biarkan selama 1-2 hari (tiap hari ganti airnya).
  6. Jika bintik-bintik hilang maka ikan sudah bisa dikembalikan pada kolam semula, bilas terlebih dahulu dengan air bersih.
  7. Jika white spot masih ada setelah 1-2 hari maka berikan obat ikan untuk membasmi jamur, seperti obat biru, blitz itch, rid all, dan lainnya.
  8. Jika white spot membandel kita bisa menggosokkan obat biru secara langsung pada ikan dengan menggunakan cutton buds. Biasanya 1-3 hari white spot akan hilang.

Nah diatas adalah salah satu cara mengobati white spot pada ikan, semoga ikan yang sededang sakit kembali normal kembali.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.