Cara Mengobati Guppy Ekor Nguncup atau Fin Rot

Mengobati Guppy Nguncup – Dalam merawat ikan guppy terkadang ada saja beberapa kendala yang dihadapi, salah satunya ikan guppy terserang penyakit. Terlebih jika musim hujan tiba maka intensitas ikan guppy yang terserang penyakit biasanya lebih banyak.

Beberapa hari ini di tempat budidaya saya menemukan banyak ikan guppy yang mati, penyebabnya karena penyakit, terutama penyakit fin rot atau biasa kita sebut penyakit guppy ekor nguncup.

Gejala yang dialami ikan guppy yang terkena fin root yaitu: ekor ikan guppy atau sirip ikan guppy terlihat menguncup atau melipat, biasanya terdapat tanda merah diujung ekornya, selain itu ikan guppy juga biasanya berenang tidak karuan dan lemas, kurang agresif seperti biasanya. Jika hal ini dibiarkan biasanya ikan guppy akan mati dalam waktu 2-3 hari.

Sebelum kita memulai pada pembahasan bagaimana cara mengobati ikan guppy terkena fin rot atau ekor nguncup terlebih dahulu kita harus mengetahui penyebab ikan guppy terkena fin rot.

Ikan guppy yang terserang fin rot biasanya dikarenakan oleh kualitas air yang buruk sehingga banyak tumbuhnya bakteri, parasit dalam air tersebut, selain itu ikan stress juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan ikan guppy terserang fin rot, kurangnya adaptasi dan lemahnya fisik ikan membuat penyakit mudah menyerang.

Selain itu kondisi kolam atau tank juga sangat mempengaruhi karena kualitas air saya bergantung pada setingan kolam atau tank tersebut. Dan tidak lupa bisa berasal dari pakan juga. Biasanya ikan guppy yang terkena fin rot terdapat pada kolam yang tidak memakai sistem filter atau karena media kolam yang terlalu kecil.

mengobati-guppy-kuncup
Foto : https://www.facebook.com/vanderguk

Jika teman-teman mengalami masalah dengan ikan guppy yang terkena fin rot bisa mencoba beberapa pengobatan di bawah ini.

Mengobati Guppy Ekor Kuncup

  1. Pisahkan atau karantina ikan yang sakit dengan ikan yang sehat, tempatkan ikan pada wadah dengan ketinggian air sekitar 2 sampai 4 cm.
  2. Air lebih baik menggunakan air tua (sudah di endapkan) dan air rendaman ketapang.
  3. Berikan garam ikan secukupnya dan biarkan selama 1 sampai 2 hari, jika ekornya mulai mengembang atau kembali normal dan lebih aktif biasanya ikan sudah mengalami penyembuhan dan bisa ditempatkan di tempat semula solusi ini diterapkan pada ikan gapi yang masih belum parah.
  4. Jika sudah parah maka tambahkan obat ikan pada wadah, obat ikan untuk mengobati fin rot bisa ditemukan di toko ikan dengan berbagai merk. Misal saja biofish, rid all, dll.
  5. Jika memungkinkan maka gunakan sistem filter pada kolam ikan guppy, karena biasanya penyebab ikan guppy ekor kuncup berasal dari air yang kurang bagus. Maka dengan menggunakan filter kondisi air bisa membaik.

Selain itu jangan lupa berdoa yah, karena kita hanya manusia biasa yang tidak bisa banyak berbuat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.