Mengatasi Lovebird Malas Bunyi – Dalam merawat burung lovebird terkadang terdapat lovebird yang malas bunyi atau macet bunyi. Lovebird yang malas bunyi ini menjadi salah satu tantangan kita dalam memelihara burung kicau. Ya kita anggap saja ini yang bikin asik dalam hobi ini hehe.

Lovebird yang malas bunyi terkadang terlihat hanya memompa saja, bisa juga hanya ngetik saja (suara lovebird ngetik), dan jarang sekali ngekek (suara lovebird ngekek). Tentu saja lovebird yang sedang macet bunyi ini tidak asik kalo disawang apalagi dibawa gantang. Sebaiknya kita lakukan beberapa hal agar lovebird yang mengalami masalah ini kembali normal dan kembali ngekek seperti biasa.

Lovebird macet bunyi ini bisa diakibatkan oleh beberapa faktor, tetapi faktor utamanya yaitu lovebird sedang bad mood dan sedang tidak merasa nyaman dengan lingkungannya, jadi jarang ngekek. Karena ngekek adalah kondisi dimana lovebird sedang merasa nyaman, senang sehingga bisa mengekspresikan dirinya. Kondisi ini bisa jadi karena makanannya kurang cocok, sedang stres, over birahi, kegemukan (lovebird obesitas), drop dan lain sebagainya. Oke kita bahas satu persatu.

mengatasi-lovebird-malas-bunyi
Foto https://www.facebook.com/herlingga.monzztermattic

Cara Mengatasi Lovebird Malas Bunyi

1. Lovebird malas bunyi karena over birahi / kurang birahi. Jujur saja bagi saya mengatur birahi burung kicau adalah salah satu hal yang paling sulit dilakukan dalam perawatan lainnya. Karena dalam mengatur birahi ini kita tidak boleh terlalu over, tidak boleh terlalu kurang (drop). Dan setiap burung berbeda-beda porsinya jadi harus dilakukan percobaan. Nah saya sudah membahas tentang lovebird over birahi secara lebar dan luas di artikel ini : mengatasi lovebird over birahi

2. Lovebird stress. Jika dalam kondisi stress maka burung juga bete ngapa-ngapain termasuk berkicau. Stress ini bisa banyak macamnya dan sebabnya tetapi saran saya coba umbar lovebird, embunkan, dan perdengarkan suara-suara alam (suara air, suara gemericik air). Jika hujan coba hujankan, jangan yang deras, cukup terkena rintik-rintiknya karena air hujan dikenal sebagai pereda lelah dan stress.

3. Lovebird kegemukan/obesitas. Loh obesitas atau kegemukkan bisa bikin LB malas bunyi? Bisa, analoginya saja orang gendut apa keliatan aktif? Rata-rata obesitas kan malas-malas (rata-rata loh bukan menggeneralisir). Sama juga dengan lovebird. Nah tentang lovebird obesitas ini nanti akan saya bahas secara lengkap dalam postingan mendatang yah. Sementara itu kurangi EF, dan perbanyak di umbar.

4. Salah perawatan juga bisa menjadi faktor pemicu lovebird macet bunyi. Nah kita bisa merubah pola rawatan lovebird kita dari biasanya. Ada beberapa referensi pola rawatan lovebird yang bisa dicoba silahkan baca perawatan lovebird juara, perawatan lovebird harian

Lamanya terapi ini bisa bermacam-macam tergantung rawatan dan karakter burung kita. Silahkan dipraktekkan sesuai dengan karakter burungya masing-masing, semoga lovebird malas bunyi bisa kembali normal seperti biasa.

Join the Conversation

2 Comments

  1. Min mau tanya love bird saya habis tak renangin trus akhir* ini bunyinya makin mengecil. Cara ngatasinya gimana?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.