lovebird kegemukan ngelemak

Cara Mengatasi Lovebird Kegemukan, Obesitas, atau Ngelemak

Mengatasi Lovebird Kegemukan – Burung lovebird yang mengalami kegemukan biasanya mempunyai karakter yang pemalas, mulai malas bunyi, malas gerak, dan lain sebagainya. Obesitas atau kegemukan tidak hanya terjadi pada manusia, melainkan burung lovebird pun bisa mengalami kegemukan atau obesitas. Lovebird yang kegemukan biasa disebut juga dengan lovebird ngelemak (berlemak).

Burung lovebird kegemukan memang terlihat menarik, badannya gemuk tidak nyilet (mengatasi lovebird nyilet) tetapi jika terlalu gemuk maka bisa sangat merugikan, terutama burung lovebird untuk lomba. Selain malas bunyi (baca mengatasi lovebird malas bunyi), kebiasaannya akan sering ngeruji dan jika terlalu gemuk maka bulu-bulu akan terangat seperti burung sakit.

Menangani lovebird kegemukan perlu ketelatenan, ibarat manusia atasi lovebird kegemukan seperti sedang diet. Tidak boleh terlalu memaksakan tidak boleh juga malas-malasan (harus disiplin). Selain itu pola diet bagi lovebird obesitas juga harus disesuaikan dengan kondisi lovebirdnya.

Tidak hanya pada lovebird yang dimainkan, indukan lovebird kegemukan pun banyak ditemukan, tidak aneh sih ya karena kerjaan lovebird indukan ini hanya makan terbang, kimpoy, makan lagi tidur dan begitu saja, apalagi jika tidak punya anak atau tidak mengerami telur. Oleh karena itu berikut ini beberapa tips untuk mengatasi lovebird kegemukan.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan lovebird kegemukan atau obesitas. Beberapa diantaranya yaitu terlalu banyak makan (makanan tidak seimbang), lovebird kurang gerak / kurang aktif (jarang di umbar), faktor genetik lovebird. Ciri-ciri lovebird kegemukan bisa dilihat dari penampilannya, lovebird terlihat gemuk bulu-bulu bagian dada, ekor, dan perutnya seperti terangkat keatas. Jika dilihat bagian kulitnya berwarna kuning (lemak) dan jika ditekan akan terasa kenyal atau empuk.

mengatasi-lovebird-kegemukan
Foto https://www.facebook.com/B1151RI

Akibat lovebird kegemukan bisa terjadi beberapa hal berikut: Lovebird kurang aktif, lovebird janrag berkicau hanya makan saja kerjaannya, jika indukan lovebird kegemukan dikhawatirkan sulit untuk bertelur karena terhalang lemak, dan telur kurang subur, jika over obesitas dikhawatirkan juga akan mengganggu pernafasannya, karena tertutup lemak sehingga menjadi sesak.

Mengatasi Lovebird Kegemukan

Menjaga makanan

Pertama yaitu kita perhatikan pasokan makanan pada lovebird yang mengalami kegemukan. Berikan hanya milet putih saja, sementara kurangi atau stop EF (ekstra food) sementara waktu, seperti kwaci, kacang-kacangan di stop dulu. Jika ada pur khusus burung paruh bengkok bisa diganti biji-bijiannya dengan pur, karena biji-bijian memiliki lemak yang cukup tinggi apalagi bangsa kacang-kacangan.

Berikan sayur-sayuran sebagai makanan pendamping, berikan sayuran yang rendah karbohidrat dan rendah gula misalnya bayam, kangkung, jangan dulu berikan jagung karena jagung kaya akan karbohidrat yang mengakibatkan lovebird kegemukan

Rajin Olahraga

Selain pola makan yang di atur tips selanjutnya yaitu dengan sering mengolahragakan lovebird yang kegemukan. Olahraganya yaitu dengan cara mengumbar burung lovebird kita sekitar 10 – 20 menit. Lakukan minimal 2 kali seminggu, optimalnya 3-4 kali, dalam seminggu. Polanya bisa di seling, misal sehari istirahat, sehari di umbar.

Selain di umbar di kandang umbaran lovebird bisa dimandikan secara rutin, jemur di terik matahari pagi. Kita juga bisa memberi suplemen khusus untuk menurunkan berat badan bagi lovebird, silahkan cari di toko-toko terdekat.

Jika diperlukan dan memang mendesak kita bisa melatih lovebird untuk olahraga berenang di air, memang agak sedikit kejam yaitu dengan memasukkan lovebird yang basah kuyup ke dalam ember berisi air agar terus mengepakkan sayapnya seperti berenang.

mengatasi-lovebird-kegemukan-ngelemak
Foto https://www.facebook.com/SetiowatiHermawan

Ini dilakukan jika lovebird ngelemaknya sudah sangat parah dan beberapa cara sudah dilakukan tetapi tidak terlihat perubahannya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.