Cara Mengatasi Lovebird Nyilet atau Kurus

Mengatasi Lovebird Nyilet – Musim lovebird masih berlanjut sampai sekarang, ketenaran burung ini seolah mengalahkan popularitas burung lain. Ramainya ajang lomba di setiap daerah menjadikan para penghobi semakin giat untuk menggeluti dunia lovebird. Lovebird banyak diminati karena warnanya yang cantik suara lovebird yang khas dan tingkah lakunya yang unik. Oleh karena itu tidak ada jika banyak sekali kicau mania yang menggemari burung ini.

Dalam memelihara lovebird ada saja beberapa kendala yang biasa dihadapi, salah satunya yaitu burung lovebird nyilet. Nyilet adalah istilah burung lovebird yang mengalami penurunan berat badan atau kurus yang tidak normal. Kurusnya ini tidak biasa yaitu sampai tulang dada menonjol dan lancip seperti silet, kondisi ini tentu tidak diinginkan oleh kicau mania karena pada kondisi burung lovebird nyilet atau kurus biasanya burung lovebird tidak aktif, cenderung malas bunyi, dan terlihat sakit (kurang menarik).

Burung lovebird nyilet atau kurus bisa disebabkan oleh beberapa faktor biasanya yaitu lovebird kurang gizi atau asupan makan, burung terkontaminasi oleh logam berat, burung terkena sakit gondok, dan burung lovebird sedang cacingan. Yang paling sering dari beberapa faktor di atas adalah lovebird cacingan. Jadi usaha yang pertama dilakukan adalah dengan memberikan obat cacing. Berikut cara mengatasi lovebird nyilet.

cara-mengatasi-lovebird-nyilet
Foto dari https://www.facebook.com/profile.php?id=100007187493511

Mengobati Lovebird Nyilet

Berikut ini beberapa upaya untuk mengatasi lovebird nyilet ataupun kurus.

1. Terlebih dahulu bersihkanlah kondisi kandang serta lingkungan lovebird batu pakan atau puncak untuk minum

2. Hentikan terlebih dahulu mandi dan menjemur sementara

3. Berikan obata cacing pada lovebird. Untuk merk saya persilahkan teman-teman pilih sendiri mau merk dagang apa. Tetapi saya pribadi lebih suka menggunakan combantrin, karena obatanya bisa membunuh banyak cacing sekaligus. Untuk combantrin berikan dosis sebesar beras selama 3 hari berturut-turut.

4. Saat pemberian obat cacing sebaiknya puasakan lovebird dari pagi sampai siang, hanya beri minum saja.

5. Biasanya cacing akan keluar lewat kotoran dan dubur lovebird.

mengatasi-lovebird-nyilet
Foto dari https://www.facebook.com/profile.php?id=100007187493511

Berikut ini hasil share teman di komunitas lovebird jember yang sudah membuktikannya. Silahkan kawan-kawan semua bisa mencoba tips diatas untuk mengobati lovebird nyilet.

12 thoughts on “Cara Mengatasi Lovebird Nyilet atau Kurus”

  1. bagaimana mengetahui penyebab pasti nyilet trsbt krn cacingan, terinfeksi logam atau yg lain nya,untuk penanganan/pengobatan yg tepat, krn lovebird saya malas makan, apakah pasti penyebabnya krn cacingan, dan saya harus ksh obat cacingan, trimakasih sebelumnya

    Reply
    • kalopastinya sih bisa ke dokter hewan om,, tetapi kalo mau coba-coba ga masalah kok, karena pemberian obat cacing pada burung itu wajar dan memang harus diberikan berkala.

      Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.