Mengatasi lovebird over birahi – Sesuatu yang berlebihan ‘apapun itu’ tidak baik, termasuk over birahi pada lovebird. Jika kurang birahi burung menjadi drop dan sepi jika over birahi lovebird ‘ngeruji’, dan bisa jadi over birahi saat lomba (Ngleper), karena saat lomba biasanya burung bertemu dengan lawan jenisnya dan saling tertarik wkwk. Over birahi adalah keadaan dimana lovebird sudah ngebet kawin, sehingga lovebird tidak berkicau melainkan ngeruji (hendak keluar kandang atau ingin berkelahi). Mengatur keseimbangan birahi pada burung kicau mudah-mudah sulit. Kadang mudah kadang sulit tergantung karakter burungnya hehehe. Keadaan lovebird over birahi saat lomba tentu menjengkelkan, bagaimana tidak jagoan yang sudah dirawat untuk persiapan lomba malah ‘ngeleper’ jadi batal semua deh harapan jadi juara. Lebih-lebih lagi jika sudah parahbirahinya, kadang tangkringan di kawinin -_-. Nah untuk keadaan seperti ini ada sedikit tips yang bisa kita lakukan untuk mengatasi lovebird over birahi saat lomba bagaimana caranya? Simak sampai selesai.

Sebelum melanjutkan pembahasan kita kenali terlebih dahulu beberapa penyebab loverird over birahi ini tentunya akan membantu kita dalam memakai solusi yang pas pada lovebird kita dan diharapkan bisa mengatasi lovebird yang sedang over birahi. Penyebab over birahi adalah karena karakter, pola pemberian makanan salah, dan karena birahi yang belum tersalurkan hehehe. Kita sebagai pemelihara baiknya bisa meredam atau meredakan birahi lovebird kita jika memang akan di nikmati suaranya apalagi jika di ikutkan lomba, tetapi kalo untuk diternak malah bagus birahi hehe. Ciri-ciri lovebird birahi yaitu jarang ngekek, pasif kicaunya, lovebird aktif berkerak dibawah kandang, lovebird menabrak kandang seperti hendak keluar sangkar, jika sudah birahi lovebird akan mengawini tangkringan, hehehe selamat ya :D. Baca : Mengatasi lovebird mengawini tangkringan

lovebird-over-birahi-saat-lomba
Via : https://www.facebook.com/pandu.duljon.1

Mengatasi lovebird over birahi

Berikut beberapa trik mengatasi lovebird over birahi saat lomba maupun tidak

1. Hindari akan yang tinggi protein. Biasanya pakan yang tinggi protein terdapat di EF (Extra food) misalnya saja jagung, kwaci, dan kangkung. Sementara jangan berikan dulu.

2. Kuras tenaga lovebird dengan mengumbarnya di kandang umbaran sendirian. Kandang umbaran yang bagus adalah yang berukuran besar. Lebih bagus lagi jika burung tidak mendengar suara lovebird lainnya.
3. Mandikan lovebird sesering mungkin, karena dengan mandi mampu mendinginkan suhu tubuh pada lovebird dan bisa menurunkan tingkat birahinya. Mandikan pagi, siang,dan sore, mandikan sampe basah kuyub tetapi perhatikan juga keadaan lovebirdnya yah, kalo krang sehat hindari dulu.
4. Setiap pagi embunkan lovebird. Baca : cara pengembunan burung
5. Kurangi jemur, cukup 20 menit saja atau tidak sama sekali. Menjemur bisa meningkatkan birahi dan suhu tubuh jadi ini kurangi dulu.
6. Trik selanjutnya bisa dengan mengawinkan terlebih dahulu lovebird dengan teknik kawin cabut jika memang untuk dilombakan. Setelah kawin lalu cabut (ambil) agar tidak sampai bertelur, pantau saja.
7. Jika hendak digantang lomba lovebird terlihat over birahi bisa terlebih dahulu semprotkan air sampai lembab (anyeb)
mengatasi-lovebird-over-birahi-saat-lomba-700x525
via : https://www.facebook.com/cepot.hayangkawin.5
Nah diatas adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi lovebird over birahi.

Join the Conversation

1 Comment

  1. sangat bermanfaat nie punya saya ngruji mulu over birahi, somoga bisa berubah dengan saran di atas…

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.