Cara Ampuh Mengatasi Lovebird Mengawini Tangkringan

5
263372
Foto dari https://www.facebook.com/goshthe.goshthe

Mengatasi Lovebird Mengawini Tangkringan – Saat memelihara lovebird peternak ataupun kicau mania kadang menemukan perilaku aneh pada lovebirdnya salah satunya yaitu mengawini tangkringan atau tempat bertengger. Lovebird akan terlihat menggesek-gesekan supitnya ke tangkringan, posisinya seperti sedang kawin. Selain mengawini tangkringan juga lovebird bisa ‘ngleper’ atau seperti pesawat. Ini adalah posisi lovebird betina minta kawin.

Prilaku ini tentu sangat merugikan kicau mania ataupun peternak lovebird karena kebiasaan buruk ini bisa membuat lovebird malas berbunyi dan sulit berkembang biak karena akan asyik dengan kebiasaannya tersebut. Jika tidak segera ditangani perilaku ini bisa sulit untuk disembuhkan dan akan menjadi kebiasaan lovebird nantinya. Maka dari itu kita perlu mengatasi lovebird mengawini tangkringan.

Perilaku ini bisa terjadi pada lovebird betina atau jantan penyebab utamanya adalah karena over birahi pada lovebird. Terkadang para kicau mania menginginkan lovebird yang gacor, lovebird ngekek panjang, dan rajin bunyi dengan melakukan over perawatan tanpa melihat karakter lovebird, akhirnya lovebird mengalami over birahi. Selain mengatasi over birahinya kita juga harus melakukan sedikit tindakan agar lovebird tidak meneruskan kebiasaan buruknya tersebut.

lovebird-mengawini-tangkringan
Foto dari https://www.facebook.com/goshthe.goshthe

Prilaku lovebird gesek tangkringan juga disebuat gestang (gesek tangkringan)

Mengatasi Lovebird Mengawini Tangkringan

Untuk mengatasi lovebird mengawini tangkringan ada beberapa cara yang bisa dilakukan berikut tipsnya

1. Pertama-tama kita harus menyembuhkan lovebird yang mengawini tangkringan karena over birahi bisa baca : mengatasi lovebird over birahi.

2. Setelah itu kita lakukan beberapa tindakan agar lovebird tidak melakukan kebiasaan buruknya tersebut dengan mengambil tangkringan dalam sangkar. Biarkan lovebird terbiasa tanpa tangkringan dan agar menghilangkan kebiasaannya tersebut. Lovebird juga bisa aktif bergerak ke atas ke bawah sangka, itung-itung olahraga dan sedikit demi sedikit menghilangkan kebiasaan buruknya tersebut. Mungkin kita merasa kasihan pada lovebird yang tidak diberi tangkringan tetapi untuk menghilangkan kebiasaan tersebut kita harus melakukan tindakan yang sedikit tega. Beberapa lovebird akan tidur di alas sangkar atau sambil bergantung di jeruji. Jika over birahinya sudah terlalu parah kadang-kadang lovebird mengawini alas sangkar juga.

3. Tindakan selanjutnya yaitu atur pola makan terlebih dulu jangan berikan lovebird Extra Food atau makanan yang bisa membuat lovebird menambah birahi.

4. Sementara jangan menjemur lovebird terlebih dulu karena penjemuran bisa menambah birahi pada lovebird, cukup diangin-anginkan di teras saja

5. Memandikan lovebird sesering mungkin pagi, siang, sore, malam silahkan pilih keempat waktu tersebut. Jika memang lovebird dalam keadaan fit bisa kita mandikan 2 sampai 4 kali sehari.

6. Usaha selanjutnya yang bisa kita lakukan pada lovebird yang mengawini tangkringan yaitu dengan mengganti tangkringannya. Jika kita tidak tega mengambil tangkringan pada sangkar lovebird solusi ini bisa menjadi alternatif yaitu dengan mengganti tangkringan lovebird dengan tangkringan yang lebih besar. Ganti tangkringan lovebird yang biasa (biasanya berbentuk bulat) dengan tangkringan yang berbentuk kotak dan agak lebar sehingga lovebird akan sulit untuk mengawini tangkringan dan sedikit demi sedikit bisa menghilangkan kebiasaan buruknya tersebut.

7. Langkah terakhir yaitu dengan mengawinkan lovebird. Setelah lovebird kawin diharapkan kebiasaan lovebird mengawini tangkringan bisa hilang karena hasratnya sudah terpenuhi.

mengatasi-lovebird-mengawini-tangkringan
Foto dari https://www.facebook.com/alvian.pgc

Nah demikian tadi adalah beberapa tips untuk mengatasi lovebird mengawini tangkringan semoga lovebird kawan-kawan semua bisa normal kembali. Jangan lupa baca juga makanan sehat untuk lovebird agar lovebird kita bisa semakin sehat dan berprestasi

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.