Makanan yang Berbahaya Bagi kucing

24
143232

Makanan yang Berbahaya Bagi kucing – Makanan salah satu faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang pada kucing. Makanan yang sehat, pola makan yang teratur, juga didukung perawatan yang baik tentu akan membuat kucing semakin menarik, sehat, dan cantik. Tentu semua cat lovers ingin mendapatkan kucing yang ideal. Nah untuk itu salah satu upayanya adalah dengan memperhatikan makanan pada kucing dan selalu memberikan makanan yang sehat untuk kucing.

Kucing adalah hewan peliharaan yang biasa dipelihara bersama manusia dan terkadang kucing juga memakan makanan manusia, entah itu secara sengaja atau tidak. Karena kucing hidup di dalam rumah bisa saja secara tidak sengaja menemukan makanan manusia ketika lapar. makanan sembarang ini belum tentu sehat bagi kucing karena ada beberapa makan yang memang bahaya untuk kucing. Karena kucing terkadang tidak bisa membedakan mana makanan yang berbahaya mana yang sehat. Oleh karena itu kita sebagai pemiliknya harus mengontrol pola makan dan berhati-hati pada makanan yang bukan untuk kucing. Berikut ini beberapa makanan yang berbahaya bagi kucing.

makanan-yang-tidak-baik-untuk-kucing
Foto dari https://www.facebook.com/profile.php?id=100009209063221

Makanan Berbahaya Bagi Kucing

1.  Kafein

Kafein berbahaya bagi kucing karena kafein akan merangsang sistem saraf kucing dan menimbulkan efek gemetar, muntah, atau diare. Kafein biasanya terdapat pada produk biskuit kopi dan lainnya. Tumpahan kopi yang jatuh ke lantai mungkin menarik bagi kucing dan bisa jadi kucing mulai menjilati tumpahan tersebut. Jadi hati-hati yah.

makanan-yang-tidak-baik-bagi-kucing
Foto dari 10worthy.com

2. Coklat

Coklat mengandung theobromine, teobromin adalah zat kimia yang berbahaya bagi kucing dan anjing dalam jumlah yang cukup besar coklat bisa membunuh binatang. Coklat dapat berbahaya bagi kucing dan bisa mengakibatkan muntah, diare, dehidrasi, demam, denyut jantung tidak teratur, kejang, kram dan bisa menimbulkan kematian dalam waktu 24 jam jika kemasukkan coklat dalam dosis tertentu. Coklat juga mengandung kafein yang memang berbahaya bagi kucing dan bisa merangsang sistem saraf seperti yang telah disebutkan diatas.

3. Anggur dan Kismis

Bagi manusia memang anggur dan kismis menjadi makanan yang sehat tapi bagi kucing atau anjing kismis ini menjadi racun yang sangat berbahaya. Kismis dan anggur bisa menjadi bisa membuat kucing atau anjing mengalami gagal ginjal. Efek yang ditimbulkan tidak tanggung-tanggung melainkan terjadi secara cepat, kurang lebih 24 jam setelah memakannya. Gejala yang timbul biasanya buang air kecil, muntah, lesu, diare.

4. Bawang

Bawang yang biasa dijadikan bumbu masak ternyata berbahaya bagi kucing. Kandungan kimia pada bawang dapat merusak sel darah merah pada kucing atau anjing. Biasanya bawang terbawa pada makanan yang manusia yang kita pada kucing. Bisa juga terdapat pada makanan bayi atau bubur bayi yang mengandung bawang. Sebagai pencegahan sebaiknya jika kita memberikan bubur bayi sebelumnya baca terlebih dahulu kandungannya kita tidak mau ambil resiko yang berbahaya bagi kunci kita.

5. Tomat hijau

Tomat hijau biasanya terbawa pada makanan yang diberikan pada kucing atau pada produk makanan yang mengandung tomat hijau. Pada tomat mengandung alkaloid yang pahit dan beracun zat ini bisa mengabulkan penyakit pencernaan pada kucing. Daun dan batang tomat juga berbahaya bagi kucing. Tetapi jangan khawatir tomat pada makanan kucing kemasan biasanya sudah matang dan kandungannya bisa diterima oleh kucing

6. Alpukat

Jika anda mempunyai pohon alpukat di rumah atau membeli alpukat sebaiknya jauhkan dari jangkauan kuncing, karena pada pohon alpukat, buah, kulit, atau batang tanaman tersebut semuanya mengandung racun bagi kucing. Dalam alpukat mengandung zat persin yang bisa merusak otot jantung pada binatang.

7. Nasi

Hayo siapa yang suka memberikan nasi pada kucingnya? Nasi sebenarnya tidak baik bagi kucing karena pada nasi terdapat karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh kucing. Karbohidrat memang baik sebagai sumber tenaga tetapi karena kucing tidak mencernanya maka akan membuat kerja organ dalam kucing harus bekerja lebih berat sehingga dapat menyebabkan penyakit dalam seperti radang usus, masalah pencernaan, atau gagal ginjal.

8. Susu

Pada susu terdapat laktosa itu sejenis gula yang tidak dapat dicerna oleh kucing. Pencernaan kucing terkenal buruk jika kucing kebanyakan mengkonsumsi susu maka bisa menyebabkan diare. Karena memang secara alami susu bukanlah makanan kucing. Jika ingin memberikan susu pada kucing berikanlah susu khusus yang tidak mengandung laktosa

9. Minuman beralkohol

makanan-bahaya-untuk-kucing

Alkohol salah satu makanan yang dilarang untuk kucing. Sama seperti pada kafein minuman beralkohol dapat mempengaruhi sistem saraf pada kucing gejalanya ditandai dengan muntah, diare, kehilangan koordinasi tubuh, sulit bernafas, kejang, lesu, hingga koma.

10. Xylitol

Pernahkah anda melihat kucing Anda memakan permen atau makanan yang manis? Jika Iya maka anda harus berhati-hati, karena pada makanan ini bisa jadi mengandung xylitol yang berbahaya bagi kucing. Xylitol dapat mengakibatkan hipoglikemia atau gula darah rendah yang meningkatkan sekresi insulin. Xylitol juga bisa merusak hati dan jika tidak langsung ditangani maka akan berakibat fatal.

11. Kacang macadamia

Kacang ini biasa ditemukan pada coklat permen atau roti tanda-tanda gejala yang terjadi pada kucing yang keracunan kacang ini maka kucing yang terlihat lemah, depresi, tremor, nyeri sendi, muntah, dan gusi pucat. Tanda ini bisa terlihat 12 jam setelah mengkonsumsi kacang tersebut.

Di atas adalah beberapa makanan yang berbahaya untuk kucing. Sebagai majikan kita harus hati-hati dalam memberikan makanan pada kucing. Bisa jadi makanan atau produk yang menurut kita enak dan baik terkadang mengandung bahan-bahan diatas lebih baik kita waspada dan meneliti terlebih dahulu sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan.

24 COMMENTS

  1. Thank you share info nya, manfaat bangeeettt… Btw, di rumah saya sering kedatangan kucing liar. Beberapa ada yg stay karena pernah beberapa x saya kasih makan. Jadinya mereka hafal…

    Yg maw saya tanyakan, sebagai ganti nasi, apa ya yg boleh diberikan ke kucing? Selama ini saya suka kasih makan kucing liar dg nasi dan ikan… Saya gag tahu klo’ nasi berbahaya buat kucing :'(

    Trus klo susu enggak boleh, bagusnya dikasih apa ? Oya, klo’ pagi seringnya saya kasih dry food utk kucing… Is it ok ?

    Mohon sarannya ya… Thank you…

  2. Saya kalau kasih makan kucing-kucing saya pakai nasi. Dari kecil saya biasakan beri makan nasi dan alhamdulillah mereka sehat sehat aja sampai sekarang. Jadi gimana tuh?

    • yap, memang tidak apa-apa kalo sudah terbiasa, tapi kemungkinan umurnya ga bisa maksimal. Ibarat orang makan junk food terus karena makanannya tidak sehat

  3. om mau tanya..
    kucing ane kurang suka di kasih makan ikan ikanan..
    ane beliin ikan cue makannya ogah2an gitu..

    tp kucing ane suka makanan kalengan yg ada petshop..
    doyan bgt malah,,
    makanya skrang ane kasih makan itu mulu,,

    kira2 gimana solusinya? apakah aman atau tidak?

  4. Mpus saya awalnya baik2 aja abis main di luar masuk tidur siang sama saya trus kenapa tiba2 gak bisa jalan, saya kasih makan hanya mengendus saya kasih susu hanya 2x jilatan, sampe pagi nya sama sekali gak bisa bergerak lemes dan kaku tapi bernafas tubuhnya dingin, mata pun kosong tatapan nya, lalu dia mati setelah saya bilang ihklas klw memang dia mau pergi, tolong catlover infonya

  5. Mpus saya kenapa yah?suara nafas dia seperti “ngorok” gitu,apakah dia terkena flu?dan dia jg beberapa hariini susah BAB?Tolong kasih sarannya,makasih kak.?

  6. Kucing ku persia medium kak , boleh dikasih makan ikan lele nggak ? Kalau boleh cara ngolah ikan lele yg bagus buat kucing gimana ya ?

    • wah boleh banget mas. Bisa ambil dagingnya aja lalu di kukus, terus bisa di cacah nanti kaya kornet. Kasih deh ke kucingnya. Kaya wet food gitu bagus

  7. Kucing aq ga mau makan, mnum susu jg ga mau. Biasanya doyang bngy.
    Kt nya bubur bayi bs untuk kucing,? Klo bnr iya kira2 merk atau rasa ap ?

    • Kucing aq ga mau makan, susu jg ga mau pdhl bysa nya doyan bgt.
      Kt nya bubur bayi bs untuk kucing y?
      Klo iya yg merk ap dan rasa ap yg aman untuk kucing?
      Tolong yg tau bs bntu jawab.

      • kalo saya mending pakai wet food sis, kalo bubur bayi kan bukan makanan hewan karnivora. Bisa coba dikasih kuning telur dulu (kuning telurnya aja)

      • Sumber drmn sis bubur bayi bs buat kucing? Bener kata masnya diatas kucing itu hewan karnivora, beda dengan anjing yg bs makan sayur dan buah utk keseimbangan nutrisi. Kalo mau ngasih yg komposisi utamanya daging/ikan saja ya. Trs kalo bs jangan dikasih susu, krn kucing ga tahan terhadap zat dalam susu yg bisa bikin perutnya sakit dan diare.

  8. Kucing sya anggora om tapi doyan bgt makan roti, kue” kering bahkan jagung rebus juga doyan itu gak masalah kan om ? Masalahnya klo kita lagi ada tamu pasti dy ngerecokin kue”nya ?

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.