Makanan Kucing Agar Kucing Gemuk dan Sehat

52
302569

Kucing gemuk – Kucing yang gemuk dan bulat dengan bulu tebal dan lebat tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi pemiliknya. Bagaimana tidak betapa lucunya kucing kita ketika berjalan dan bermain dengan membawa badan bulatnya :D. Tentu tidak hanya gemuk yah tetapi kucing yang sehat pun menjadi penting bagi kita, gemuk tapi tidak penyakitan itu merupakan dambaan setiap cat lovers. Untuk itu kita di tuntut untuk mengurusnya dengan telaten. Berikut ada beberapa cara terutama makanan yang diberikan agar kucing menjadi gemuk

cara-kucing-gemuk

Makanan Kucing Agar Kucing Gemuk

Makanan Kucing Agar Kucing Gemuk – Nilai gizi dalam makanan sangat penting untuk membuat gemuk kucing peliharaan. Oleh karena itu, untuk membuat kucing gemuk perlu memilih beberapa makanan yang tepat. Makanan kucing terdiri dari raw food sebagai makanan utama dan dry food sebagai pelengkap. Pilihlah raw food yang mengandung protein tinggi misalnya ayam yang direbus dan dicincang atau ikan segar. Makanan yang membuat kucing cepat gemuk antara lain ikan tuna, ayam, dan tambahan minyak zaitun. Jangan berikan ikan asin, apalagi untuk kucing anggora atau kucing persia. Ikan asin dapat membuat bulu kucing rontok.

Tidak hanya memperhatikan makanannya saja tapi kucing peliharaan juga perlu vitamin agar dapat sehat dan gemuk, untuk vitamin berilah Kuning Telur yang mengandung lemak dan protein tinggi, atau yang mengandung minyak, seperti minyak ikan, bisa juga memakai produk Scott Emulsion dan Nature E, berikan pada kucing kita seminggu sekali dan jangan lupa jemur rutin kucing pada pagi hari antara 10-15 menit karena dapat mempengaruhi metabolisme pada tubuh kucing kita.

Untuk pembuatan makanan (Raw Food) pertama siapkan beberapa kilogram daging ayan lalu rebus dengan air panas sampai mendidih kurang lebih 25 menit, setelah itu cincang daging ayam dan berikan pada kucing, dalam raw food dapat juga kita campurkan wet food dan dry food.

Pemberian kuning telur bisa dicampur dalam raw food kucing, atau direbus jika kucing menyukainya, jangan berikan putih telur karena tidak cocok dengan pencernaannya.

Sediakan air minum air minum juga berpengaruh terhadap gemuknya kucing, karena air membantu proses metabolisme dalam tubuh kucing.

Biarlah kucing berolah raga dengan berkeliaran di sekitar rumah, ajak juga bermain agar kucing bergerak.

Cara termudah kita bisa memberikan makanan yang khusus untuk menggemukan kucing kita, nama merknya adalah Royal Canin Exigent bisa didapat di toko hewan terdekat.

Yap diatas tadi adalah makanan agar kucing gemuk. Yang perlu diperhatikan adalah jangan hanya fokus pada gemuknya tetapi fokus pada kesehatannya. Kucing gemuk yang terlalu over atau disebut kucing obesitas akan sangat riskan terhadap penyakit. Nah jadi perhatikan juga yah kesehatan kucingnya.

Gambar Kucing Gemuk

kucing-gemuk

kucing-gemuk-2

makanan-kucing-gemuk

52 COMMENTS

  1. Aku mau tanya , aku dikasih kucing anggora dari teman umur 1 bulan krena tkut lapar aku bliin mknan kcing di minimarket yg adult krna gg ada yg kitten jd gmn apkah gpp ??

  2. Maaf saya mau tanya. Saya punya kucing semi persia. Dia umur 4 tahun dan selalu makan nasi sama ikan segar yang di rebus. Biasanya sarden dan tuna. Untuk cemilan saya biasa kasih universal. Tapi suatu hari sehabis mandi, dia ga mau makan. Biasanya sehari bisa makan sampai 15 kali. Sekarang cuma mau makan paling sering 3 kali sehari. Ini udah hari keempat. Saya udah coba kasih wetfood kalengan, udah di kasih nutriplus, dia masih ogah ogahan makan. Dia jadi lebih sering minum dan tidur. Secara fisik dia masih sehat2 aja dan fecesnya masih bagus. Kira kira ada saran ga ya, kucing saya harus di kasih apa? Trims.

    • Hi dhea.
      Untuk kucing yang gejala tdk mau makan, itu bisa jd tanda dia sakit..
      Dan pada umumnya, kucing hanya makan 2-3x dalam sehari jika porsi makanan’nya mencukupi sekian% dari berat badan si kucing.
      Jika porsi makan si kucing menurun/tdk sesuai dgn berat yang ia butuhkan, bisa ditambahkan kuning telur (1butir perhari) juga vitamin untuk menambah nafsu makan si kucing selama 3-5 hari kedepan

      Kalau boleh saran, nasi itu tdk bagus untuk semua kucing2 peliharaan anda karna semua yang mengandung karbohidrat didalam’nya yang tdk bisa dicerna oleh si kucing..(apapun yang ia makan bila mengandung karbohidrat, maka tdk akan mencukupi kebutuhan si kucing dan ia akan tetap merasa lapar dalam beberapa jam kedepan)
      Karena kucing hanya mampu mencerna protein misalnya kuning telur, ikan, udang dan sbg’nya..

  3. Mau tanya donk, kucing saya sekarang” ini tidak mau makana wiskas atau makanan kering lainnya yg ad di tempat makanan pet shop.
    Tpi sekarang dia doyan makan ayam goreng sisaan dan ikan.
    Apakah makanan tersebut baik untuk kucing saya ?

    • secara alami gapapa om normal. saya juga kasih itu ke kucing saya ko hahaha udah bertahun-tahun ga masalah

  4. Saya punya kucing anggora umurnya 1 bulan lebih,anusnya itu kaya yg bengkak gitu pertama sih anusnya bengkak terus basah kaya yg bernanah gitu BABnya juga mencret saya udah kasih obat cacing pertamanya karna masih mencret saya kasih obat buat mencret udah 2 hari anusnya mulai sembuh kering gitu sama ga terlalu bengkak,eh tapi malah kaya yg susah gitu babnya,anusnya juga skrg mulai aga bengkak lagi tapi ga terlalu bengkak kaya pertama bgt sih, itu knp yah tolong di jawab?

  5. saya punya ku kucing persia.. dlu kutuan,, sekarang sudah gk,,karna saya masih sampho khusus kutu kucing,, tpi telur2 kutu itu masih banyak menempel,, itu bagai mana ya ngilanginnya,,??

    • Setau saya telur kutu tidak bisa dihilangkan dengan shampo, tetapi harus di suntik ivermectin minimal 3 kali. hubungi dokter untuk konsultasi

  6. kaka aku mau tanya , aku punya anak kucing usia 4bulan lebih, aku kasih kuning telur rebus mateng buat si kucing, soalnya kemaren stocknya abis jadi aku cobain rebus telur, dia makannya banyak. Terus dia jatuh dari tangga, sejak itu dia murung gamau makan, malah cenderung maunya tidur mulu, sering minum, sering pipis tapi gapernah poop, itu kenapa ya ka?tolong kasih solusinya ya ka, soalnya kucing saya makin kurus. Kasian liatnya :'( makasih ka sebelumnya

  7. Pagi gan, sminggu yg lalu aku bli kucing persmed jantan usia 1 thn, kondisi birahi, dia tuh klo d taruh kandang suka ngeong2 mohon2 d bukain kandang, tp klo udh d bukain pasti lari kyk pgn kabur, kasih tau dong gmn caranya bjar dy bs kerasan dn tanda kl udh kerasan tuh apa, soalnya gk tega juga klo trs2 an di kandangin.

  8. kalo kucing pernah keujanan dan abis itu dia jadi lemes banget gimana ya? (umurnya 4 bulan)
    makannya doyan (whiskas junior / ikan + nasi biasa) tapi gak gemuk2 cenderung kurus dan geraknya letoy banget alias hidup segan mati tak mau…

    jarang pup dan minumnya dikit dikit, suaranya pun kaya sember (nyaring kaya sakit tenggorokan).

  9. Kucingku dulu gemukk berbulu indah sekarang jadi kurusss dan bulunya habisss karena rontok..
    Gmna caranya agar kmbali seperti dluuu..
    Padahal makanannya juga sama

  10. Mbak kucing saya kejang² ,padahal sorenya masih lari² sama saudara nya ni,tapi malam nya tiba² kejang² gitu sampe sekarang belum baik udah 3 hari kayakgini terus,tapi dia masih mau nyusu sama induknya,makan juga mau ,tapi badannya kayak kenal tegang gitu ,gk tega liat nya,kira² dia kenapa ya mbak?

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.