6 Perbedaan Lovebird Paud, Balibu dan Dewasa

0
24537
Perbedaan Lovebird Paud, Balibu dan Dewasa

Membedakan Lovebird Paud dan Dewasa – Pernah lihat postingan di grup beli lovebird dewasa untuk diternak ternyata dapetnya paud, atau beli paud untuk dilatih ngekek dapetnya dewasa? Ada juga lovebird dewasa gantang dikelas paud? Atau malah mengalaminya sendiri?

Walaupun terkesan sepele tentu hal ini akan merugikan banyak pihak. Niat beli dewasa eh malah dapet paud harga dewasa, belum lagi nunggu mapan. Niat beli paud untuk digantang eh dapet dewasa tentu saja kurang afdol untuk gantangan (setingan awal) masih untung kalo burungnya bagus bisa ikut kelas dewasa. Ada juga yang ga tau malu, gantang burung dewasa dikelas paud yang tentunya beda kemampuan jadi merugikan peserta lainnya.

Oleh karena itu penting sekali kita bisa membedakan lovebird paud dan dewasa. Nah berikut ini perbedaan lovebird paud dan dewasa.

Perbedaan Lovebird Paud, Balibu dan Dewasa

Ciri-ciri lovebird paud atau balibu

  1. Paruh – Lovebird paud atau balibu biasanya warna paruhnya masih berwarna merah muda jika paruh merah atau agak kekuningan jika paruh putih. Terkadang dibagian pangkal paruh masih ada warna hitam. Warna hitam pada pangkal paruh ini biasanya menandakan bahwa usia Lovebird tersebut masih di bawah 3 bulan.
  2. Kaki – Kaki Lovebird paud atau balibu biasanya masih berwarna hitam terutama pada paruh merah. Semakin banyak warna hitamnya maka semakin muda umurnya, semakin tua maka semakin sedikit trotol hitam dikakinya. Dan jika paruh putih warnanya biasanya masih pink atau pucat.
  3. Bulu – Warna bulu Lovebird balibu atau paud biasanya masih terlihat sedikit kusam, belum mengkilap karena belum banyak memproduksi minyak dibulunya dan belum ganti ke bulu dewasa. Dan biasanya bagian ekor masih pecah-pecah jika usia dibawah 2 bulan
  4. Mata – Mata Lovebird paud balibu biasanya masih terlihat segar diarea klepnya, dan bola matanya biasanya masih terlihat besar menonjol, tapi tidak semuanya begitu.
  5. Suara – Lovebird paud biasanya mempunyai karakter suara yang masih samar, bahkan ada yang mirip seperti burung emprit. Jika mirip seperti burung emprit biasanya usia masih dibawah 2 bulan. Tapi ada juga usia muda yang sudah lantang.
  6. Durasi ngekek – Durasi ngekek lovebird paud berbeda-beda, biasanya paling panjang tidak mencapai 30 detik. Jika lebih dari 20 detik biasanya sudah dewasa. Itu pun jarang yang sampai 20 detik hanya burung-burung tertentu saja, seringnya lovebird paud hanya narik-narik pendek saja dibawah 7 detik. Yang mencapai 20 detik hanya burung-burung spesial saja.

Perbedaan-Lovebird-Paud-dan-Dewasa

Ciri-ciri lovebird dewasa

  1. Paruh – Lovebird dewasa biasanya warna paruhnya sudah berwarna merah cerah jika paruh merah atau sudah berwarna pucat putih jika paruh putih.
  2. Kaki – Kaki Lovebird dewasa warnanya sudah tidak terdapat trotol hitam. Warnanya sudah abu-abu bersih atau pink pucat bagi yang paruh putih.
  3. Bulu – Warna bulu Lovebird dewasa biasanya sudah rapi, bagian ekor juga sudah rapi. Tapi jika mendekati masa mabung bulu sudah kusam.
  4. Mata – Mata Lovebird dewasa biasanya bola matanya sudah tidak terlalu menonjol dan juga biasanya ada keriput dibagian klepnya.
  5. Suara – Lovebird dewasa suaranya sudah matang dan keras, sudah terlihat suara lovebird tidak mirip burung emprit, tapi sebagian ada juga yang seperti burung emprit tergantung bawaan.
  6. Durasi ngekek – Durasi ngekek lovebird dewasa berbeda-beda, soalnya jika burungnya termasuk burung yang biasa durasinya juga masih dibawah 10 detik. Jika sudah dewasa bisa mencapai 1, 2, 3 menit keatas.

Perbedaan-Lovebird-Balibu-dan-Dewasa

Dari perbedaan lovebird paud dan dewasa diatas patokan yang saya biasa gunakan adalah warna kaki dan warna paruh. Karena patokan lainnya bersifat relatif bisa berbeda-beda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.