Karakteristik Genetik Mutasi Lovebird (Biola, Euwing, Parblue)

3
21045
karakteristik genetik mutasi lovebird

Sifat Genetik Mutasi Lovebird – Ternak lovebird warna terutama beternak mutasi lovebird populer seperti biola (opaline), euwing, parblue tentunya harus mengetahui terlebih dahulu karakteristik genetik lovebird setiap mutasi. Tentunya ini bertujuan agar lovebird yang akan kita cetak keluar sesuai dengan perkiraan dan keinginan kita.

Selain warna mutasi tentunya kita juga harus faham warna dasar pada lovebird yaitu green series (GS atau paruh merah) dan blue series (BS atau paruh putih). Nah berikut ini karakteristik genetik lovebird. Agar tidak banyak bertanya parblue bagusnya dijodohkan sama apa ya biar jackpot? Euwing /blue ini bausnya dijodohkan sama apa ya? Dan lain sebagainya.

Karakteristik Genetik Mutasi Lovebird

Lovebird Green

Ijo atau green ini adalah warna dasar lovebird dialam (warna nenek moyang bawaan LB), warna lovebird dialam dan pada umumnya. Green atau ijo ini bersifat paling dominan. Untuk mengeluarkan anakan warna green ini cukup menggunakan salah satu indukan saja karena sifatnya doinan jadi langsung bisa muncul warna green, misal ijo x biru anakan 100% keluar ijo (catatan indukan murni ya greennya bukan split blue). Green dikenal juga sebagai paruh merah atau GE green series dan green ini tidak ada split.

Lovebird Blue

Biru, blue series, paruh putih warna dasar kedua. Sifatnya resesif (lebih lemah) jika dibanding green. Untuk menghasilkan blue series diperlukan gen blue di kedua indukannya. Bisa Blue x blue, bisa split blue x split blue, atau blue x split blue yang penting kedua indukan ada gen bluenya. Blue mempunyai split, split blue biasanya terdapat pada paruh merah atau GS.

lovebird-blue-series
Foto : https://web.facebook.com/habibi.lbf

Lovebird Parblue

Partial blue atau Parblue adalah salah satu warna mutasi, parblue adalah resesif dari blue, parblue sifatnya seperti blue perlu kedua indukan memiliki gen PB dan atau (salah satu wajib gen PB) Blue. Untuk mencetak lovebird parblue bisa menggunakan

PB x PB, PB x Blue, PB x /Blue, Blue x /PB, /Blue x PB, /PB x /Blue atau baca : paket hemat mencetak parblue

Parblue bisa menjadi split, splitnya ada di paruh merah, karena secara teori tidak ada paruh putih yang split PB.

lovebird-termahal-parblue
Foto : https://web.facebook.com/yudie.novandra.7

Tapi ada nih paruh putih x paruh putih keluar PB, ya ada beberapa kemungkinan salah satunya paruh putih yg bisa mengeluarkan parblue sebenarnya merupakan parblue tetapi karena kehilangan pigmen kuning (Psittacine) sehingga warna bulu kuning dan paruh orange tidak tampak dan menjadi warna Blue Series (BS) dan mempunyai potensi mencetak Parblue kembali jika disilang dengan gen Blue atau Parblue. Paruh putih yang bisa mengeluarkan parblue biasanya disebut possible parblue atau seringnya disebut Broken Parblue.

Lovebird Euwing

Euwing = Eumelanin Wing (tidak sempurnanya proses pigmentasi pada sayap) yang menyebabkan warna sayap jd gelap dri warna normalnya. Jika dilihat dari punggung membentuk huruf V apalagi kalo euwing DF (double factor). Euwing bersifat Incomplete Dominant dan tidak ada split euwing.

Lovebird-euwing
Foto : https://web.facebook.com/habibi.lbf

Loh ini non wing x non wing bisa keluar wing, mungkin ini seperti PB sebenarnya wing tp ga keliatan, misal pastel wing dll. Untuk menghasilkan euwing cukup salah satu induknya yang mempunyai gen euwing.

Lovebird Biola

Lovebird biola adalah lovebird yang mempunyai ciri khas batik disayapnya, warna rum (pangkal ekor) sama dengan warna punggung, dan mempunyai warna yang tajam di kepala dan sayapnya. Biola terdapat split bisa split biola bisa terdapat di BS bisa juga di GS. Split biola hanya terdapat di jantan karena opaline atau biola ini sex linked, atau bergantung pada kelamin.  Jadi jika ada yang menjual betina split biola jangan dibeli yah.

lovebird-termahal-biola
Foto : https://web.facebook.com/profile.php?id=100008503385257

Biola ada versi GS ada versi BS, versi BS biasanya lebih mahal. Untuk menghasilkan lovebird biola bisa dengan seperti ini

Sexlinked biola

Bio (j) x Warna apapun (B) keluar :

  1. jantan /bio
  2. betina bio

*Biola jantan ini bisa langsung menghasilkan anakan bio walaupun betinanya warna standar apapun, inilah kenapa biola jantan harganya bisa 2x lipat biola betina

Bio (j) x Bio (B) keluar :

  1. jantan bio
  2. betina bio

*syarat indukannya murni

Split Bio (j) x Warna apapun (B) keluar :

  1. jantan (possible) /bio (bisa jadi jantan split bio bisa juga jantan biasa) baca : perbedaan split, possible, dan trah
  2. betina bio (kemungkinan keluarnya kecil, asal sabar aja)
  3. betina biasa

Split Bio (j) x Bio (B) keluar :

  1. jantan /bio
  2. jantan bio
  3. betina bio
  4. betina biasa

Warna apa aja (J) x Bio (B) keluar :

  1. jantan /bio (split dari bio (B) rata2 lebih kuat gennya)
  2. betina biasa

Lalu darimana warna mutasi (euwing, biola, pb) muncul? Ini hasil persilangan yang panjang berdasarkan perhitungan, pengetahuan, dan keahlian para peneliti bukan karena asal-asalan ternak lalu ujug2 keluar bio, ujug2 keluar pb, ujug2 keluar euwing. Dan persilangan ini tidak akan dikeluarkan oleh penemunya, karena tentunya sangat berharga, ibarat rahasia dapurnya.

Nah diatas adalah karakteristik genetik lovebird sebagian besar mutasi lovebird yang populer, semoba bermanfaat.

Sumber : Catatan Habibi Lbf di Grup KLBI

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.