Perbedaan Split, Possible, dan Trah pada Lovebird

30
35322
perbedaan lovebird split, possible, dan trah
Foto : https://www.facebook.com/ramdani.pamungkas

Split Possible dan Trah Lovebird – Saat beternak burung lovebird khususnya burung warna maka gen pada indukan perlu diperhatikan jika memang hasilnya ingin sesuai prediksi dan perhitungan.

Misalnya kita ingin mencetak parblue tentu saja kita harus memperhatikan gen indukan yang kita miliki apakah mengandung gen parblue atau tidak.

Nah dalam beternak lovebird atau breeding ini ada beberapa istilah yang sering digunakan dikalangan penghobi lovebird yang perlu kita ketahui agar tidak salah saat beternak lovebird.

Mulai dari pengertian split, possible, dan trah. Ini juga berguna bagi para pemula agar waspada dan jeli saat akan membeli indukan.

Perbedaan Split Possible dan Trah pada Lovebird

Berikut ini beberapa pengertian istilah breeding pada lovebird

Pengertian Lovebird Split

Split adalah istilah untuk anak lovebird atau keturunan lovebird yang mewarisi gen mutasi indukannya. Split tidak tampak secara visual atau fenotif (tidak tampak warnanya) tetapi split terkandung secara genotif (terkandung dalam gen).

Lalu bagaimana jika kita ingin membeli lovebird split agar mengetahui lovebird yang mau kita beli split atau bukan? Kepercayaan, ya membeli lovebird split adalah modal kepercayaan pada peternak atau seller yang menjual lovebird tersebut.

Selain itu informasi tentang indukannya juga diperlukan agar kita mengetahui dengan pasti lovebird tersebut termasuk split atau bukan. Jadi belilah lovebird split hanya dari peternak atau seller terpercaya jika anda tidak ingin berakhir dengan penyesalah hahaha.

Perlu diperhatikan untuk lovebird split :

  • Tidak ada betina split biola
  • Tidak ada lovebird blue series paruh putih split parblue
  • Tidak ada lovebird parblue split blue

Tapi ada nih paruh putih x paruh putih keluar PB, ya ada beberapa kemungkinan salah satunya paruh putih yg bisa mengeluarkan parblue sebenarnya merupakan parblue tetapi karena kehilangan pigmen kuning (Psittacine) sehingga warna bulu kuning dan paruh orange tidak tampak dan menjadi warna Blue Series (BS) dan mempunyai potensi mencetak Parblue kembali jika disilang dengan BS. Biasanya disebut possible Parblue atau seringnya disebut BROKEN PARBLUE.

Saya tidak menjelaskan secara genetik sekarang, karena akan terlalu panjang. Tetapi saya sampaikan diatas secara singkat saja untuk kewaspadaan.

Pengertian Lovebird Possible

Possible jika diartikan adalah kemungkinan, jadi lovebird tersebut mempunyai kemungkinan mengandung gen tertentu. Misal Green possible blue, berarti lovebird hijau berkemungkinan mengandung gen blue. Kita lihat contoh saja agar lebih jelas.

lovebird-split-possible-dan-trah

Misalkan dari pasangan green x green split blue dihasilkan anakannya semua green. Kemungkinannya ada anakan green dan green split blue. Nah karena kita tidak bisa menentukan anakan mana yang merupakan green standar dan mana yang green split blue, karena tidak tampak secara visual (tidak tampak warna), jadilah kita menyebutnya possible blue.

Possible karena mempunyai kemungkinan mengandung gen blue. Tetapi jika kita mengawinkan green possible blue tersebut dengan green split blue jika keluar warna blue maka green possible tersebut sudah bisa dipastikan sebagai green split blue, tetapi jika hanya keluar green saja maka possible tersebut berubah jadi green standar.

lovebird-split-trah-dan-possible

Ini juga bisa untuk mutasi gen lainnnya seperti parblue, bio, green, pastel dan lainnya. Intinya jika lovebird split dikawinkan dengan lovebird standar (murni ga ada splitnya) berkemungkinan menghasilkan lovebird standar (non split) dan lovebird split, nah karena tidak bisa membedakan secara visual anakan mana yang mengandung split karena warnanya sama maka kita menyebutnya possible.

Ngerti ga? Kalo bingung nanya jangan diem-diem bae 😀

Pengertian Lovebird Trah

Menurut wikipedia kata trah berarti “sekelompok individu yang saling memiliki hubungan kekerabatan (silsilah) satu-sama lain. Terdapat suatu buku/catatan silsilah yang biasanya menjadi rujukan untuk menunjukkan hubungan kekerabatan itu“.

Jadi lovebird trah adalah lovebird yang mempunyai hubungan kekerabatan atau keturunan dengan lovebird lainnya. Penyebutan trah ini sangat luas maknanya, karena secara bahasa trah bisa juga split, bisa juga possible, bisa juga tidak ada penurunan genetik karena trah adalah keturunan. Mau ada penurunan genetik mau engga yang pnting keturunan aja.

Tetapi istilah trah yang berkembang dikalangan lovebird adalah lovebird yang hanya merupakan keturunan saja, soal penurunan genetik ga tau, bahkan kemungkinan besar tidak ada penurunan genetik, hanya keturunan saja (anak, cucu, cicit, buyut dll) maka sudah bisa disebut trah. Tetapi umumnya para pemain lovebird menyebutkan trah hanya pada tingkat kakek atau cucu saja.

Saya sebutkan dalam beternak lovebird hubungan kekeluargaan atau trah ini tidak selalu menurunkan genetiknya. Misalnya saja biola split biola x green, keluar green betina maka secara teori sex linked gren betina tersebut tidak mengandung genetik biola, tetapi para penghobi biasanya menyebut dengan trah biola.

Ini tidak sepenuhnya salah, yang salah adalah jika penyebutan tersebut digunakan untuk spekulasi (menipu secara halus) dalam menjual pada pemula hehehe. Trah biasanya sering digunakan oleh lovebird kicau, karena lovebird kicau tidak memperhatikan kandungan gen warnanya, melainkan karakternya.

Nah bagaimana sudah jelas tentang perbedaan split, possible, dan trah pada lovebird? Semoga membantu yah. Jika ada yang salah tolong koreksinya dengan bahasa yang baik. Saya terbuka terhadap koreksi jika saya salah.

30 COMMENTS

  1. saya punya euwing pied vio dr induk pb euwing vio x pb mouve..euwing pied vio td apa sudah bisa dikatan splite master?

  2. Kalo green split parblue betina jika saya jodohkan dengan jantan blue fischeri apakah anakannya akan menurunkan anakan parblue ,,,terima kasih

  3. Mau nanya om.aku punya darkblue FC jantan dari induk PB turquise x green/bio/PB.
    Bagusnya dikasih jodoh apa om?
    Darkblue FC itu apa bisa dikatakan possible bio?

  4. Gan hijau split bio dan hijau split pb ,keluar anakan bio pb,blue fc dan albino mm, apakah blue fc dan albino mm jika di ternak bisa keluar bio atau pb? Mohon infonya suhu

    • kalo jantan statusnya possible bio. bisa keluar bio atau tidak? Ya tergantung klo split ya bisa kalo hanya biasa ga bisa. Bisa keluar PB? ga bisa, kecuali keluar green, itupun masih poss pb

  5. om saya punya betina blue, kata penjualnya trah biola, trus di DNA nya itu blue/bio, sedangkan betina kan ga mungkin split biola om,,,itu kira2 DNA nya palsu om???

    • trah = tidak ada darah biolanya. Tes DNA? tes dna cuma buat nentuin jantan betina tidak bisa nentuin kandungan gen lovebird

  6. Mau nanya sy beli split pf nih, apakah bner kaloo indukan biola x pf
    Keluar darkgreen dna betina, apakah bisa disebut darkgreen split pf trah biola?

  7. Maaf om mau tanya , saya baru beli green possible/bio/pb , katanya dari anak an eawing split bio split pb x pb vio om , apa betul ya om ?

  8. Maaf om mau tanya , saya baru beli green possible/bio/pb , katanya dari anak an eawing split bio split pb x pb vio om , apa betul ya om ?

  9. Maaf om mau tanya saya baru beli green possible/bio/pb katanya dari anakan ewing split bio split pb x pb vio , apa betul om ?
    Maaf pemula om , itu bisa jadi apa om anaknya ?
    Trima kasih

  10. Om,nanya penting niih..
    Kalo ciri2 split bio visual green kan = bulatan merah di ekor lebih besar.Nah…kalo ciri2 visual blue split biola gimana om?

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.