warna lovebird sf dan df

Pengertian SF dan DF pada Warna Lovebird

DF SF pada Warna Lovebird – Perkembangan popularitas lovebird warna semakin hari semakin ramai saja. Hobi lovebird warna mulai digandrungi berbagai kalangan. Warna-warna lovebird “langka” pun mulai banyak diburu para penghobi ataupun peternak lovebird.

Ketika memasuki hobi lovebird ada beberapa istilah-istilah lovebird warna yang saya awalnya kurang mengerti maksudnya. Tetapi setelah mencari informasi dari berbagai referensi dan penjelasan para penghobi akhirnya saya bisa memahaminya.

SF dan DF pada Warna Lovebird

Kali ini saya akan sedikit menjelaskan pengertian istilah warna lovebird SF atau DF pada warna lovebird. SF kepanjangan dari single factor, sedangkan DF kepanjangan dari double factor. Factor apa nih maksudnya? Yang dimaksud factor atau faktor disini adalah faktor warna.

Jadi ada warna lovebird yang mempunyai warna yang mempunyai faktor ganda dan tunggal, ya sederhananya ada yang mempunyai warna tebal/gelap dan tipis, misal vio tebal dan vio tipis, atau green tebal dan green tipis. Berikut ini ilustrasinya

single-factor-atau-double-factor
Foto : SUGIANTO LIMANTO –
Kimmig House

Misal A adalah warna paling pucat dan F adalah warna paling gelap/tebal. Tetapi masalahnya terkadang kita sulit membedakan secara kasat mata antara C dan D karena perbedaannya sangat tipis.

Nah jika kita kesulitan membedakan apakah warnanya termasuk SF apakah DF secara visual maka pembuktiannya harus dengan mengawinkan burung tersebut dengan warna standar. Jika green series maka kawinkan dengan ijo standar, jika blue series maka kawinkan dengan blue standar.

Misalkan kita bingung apakah lovebird Violet yg kita miliki vio sf atau df maka kawinkan dengan blue standar. Jika keluar vio sf semua maka vio yang dimiliki adalah vio df, tetapi jika ada yang keluar blue dan vio sf maka vio yang dimiliki adalah vio sf.

pengertian-warna-lovebird-sf-dan-df
Foto : https://www.facebook.com/profile.php?id=100023360089147

Ada juga yang pembuktiannya dengan menggunakan flash pada kamera, jika warnanya pucat maka termasuk SF, jika terang maka termasuk DF, tentunya hasilnya relatif ya karena perbedaan perangkat dan kondisi.

Nah jadi sudah bisa menangkap bukan apa pengertian warna SF dan DF?

Referensi : catatan https://www.facebook.com/notes/sugianto-limanto/apakah-bedanya-incomplete-dominant-dominant/529060903938763/

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.