Cara Menggunakan Kalkulator Genetik Gencalc Lovebird by Habibi LBF

0
6814
Menggunakan Kalkulator Genetik Lovebird
Foto : https://web.facebook.com/habibi.lbf

Cara Menggunakan Gencalc – Banyak para peternak lovebird yang berharap ternakannya bisa mengeluarkan mutasi lovebird yang mewah. Kalo bisa dengan budget yang minim pula hehehe. Tetapi rata-rata para peternak pemula tidak memperhatikan kandungan genetik pada materi indukannya sehingga hasil anakannya terkadang diluar perkiraan atau keinginan.

Oleh karena itu kita bisa menggunakan kalkulator genetik atau gencalc untuk memperkirakan hasil anakan yang akan kita dapatkan dengan indukan yang kita punya yang alamatnya disini >> http://www.gencalc.com/gen/eng_genc.php?sp=0LBmaskGr.

Sebelumnya lebih baik membaca dulu perbedaan split, trah, dan possible. Juga baca dulu karakteristik genetik lovebird agar kita lebih faham lagi mengenai penggunaan kalkulator genetik ini.

Tujuan dengan menggunakan gencalc lovebird yaitu agar ternakan kita hasilnya terarah, mau cetak apa, pake materi apa aja, atau buat cari paket hemat kira-kira keluar apa aja juga bisa. Selain itu untuk mengecek hasil anakan lovebird kita atau mengecek lovebird yang akan kita beli berdasarkan informasi indukannya.

Jadi kita bisa hemat waktu, hemat uang, hasil terarah sesuai rencana (walau allah yang kasih finalnya yang penting usaha sesuai sunatullahnya), plus juga menghindari penipuan dari penjual nakal.

Nah lalu gimana cara menggunakannya? Apa saja yang harus saya centang? Ini maksudnya apa? Oke kita bahas satu persatu.

Bagian-bagian Genetik Kalkulator

  • Symbol : Lambang suatu mutasi lovebird
  • Mutations : Nama mutasi lovebird
  • Inherit. mode : Jenis pewarisan sifat suatu mutasi lovebird
  • Visual : Warna yang tampak oleh mata
  • Splits to : Split apa aja, atau mengandung split apa aja, atau genetik apa saja yang terkandung yang tidak tampak, bingung? baca : Split lovebird adalah
  • 1.0 : Jantan
  • 0.1 : Betina
  • df : Double factor, memiliki kemampuan ganda dalam menurunkan sifat genetik biasanya ditandai dengan warna visual yang lebih gelap, tebal, cerah.
  • sf : Single factor memiliki kemampuan single dalam menurunkan sifat genetik biasanya ditandai dengan warna visual yang lebih pudar dibanding df.
  • T1 : Dark factor dari green
  • T2 : Dark factor dari blue
  • Generate : Untuk lihat hasil
  • Reset : Kalo error susah di centang/salah centang/kembali kosong

Langkah-langkah Menggunakan Genetic Calculator Lovebird

Studi kasus (contoh) menggunakan lovebird 1.0 jantan Euwing green /bio/blue x 0.1 Betina biola green /pb

1. Buka kalkulator genetik lovebird GENCALC 1.3

2. Pertama lihat visual lovebird, misal jantan dulu. Jantan kolom 1.0. Visual atau warna yang tampak pada lovebird jantan adalah euwing green maka centanglah pada bagian visual baris euwing, eits ko ada sf atau df? Euwingnya masuk ke sf atau df? kalo tidak yakin df maka centang aja sf (karena mayoritas sf), maka centang baris euwing (sf). Selanjutnya green, loh GREEN ko ga ada dibagian mutasi?

Karena green pada lovebird adalah warna bawaan bukan mutasi jadi green tidak usah dicentang. Jadi kalo tidak dicentang berarti lovebird kita green (GS/paruh merah), kolom visual selesai.

Lalu pada kolom splits to centang baris blue dan centang opaline (biola) karena jantan yang saya contohkan diatas mempunyai split blue dan split opaline atau biola. Bagian Jantan 1.0 selesai.

Menggunakan-Kalkulator-Genetik-Gencalc-Lovebird

3. Lalu betinanya pada kolom 0.1, pertama lihat visualnya atau warnanya apa? Warnanya biola green maka centang opaline saja karena green tidak usah dicentang. Lalu cek apakah ada splitnya? Ada yaitu split PB maka pada bagian splits to centang turquoise(parblue). Bagian betina selesai.

Menggunakan-Kalkulator-Genetik-Gencalc-Lovebird-2

4. Jika semua data genetik sudah masuk tinggal klik Generate, dan lihat hasilnya. Nah itulah perkiraan + presentase keluar anakan dari pasangan lovebird yang tadi kita masukkan diatas. Selamat mencoba

Menggunakan-Kalkulator-Genetik-Gencalc-Lovebird-3

Untuk nama-nama warna lokal bisa dilihat konversinya ke gencalc

  • Betmen : blue, dark (df)
  • Olive : green, dark
  • Lutino/albino : NSLino
  • Blorok : dom.pied atau rec.pied

Mohon maaf jika ada kesalahan dan Mohon koreksinya, semoga bermanfaat

Sumber : HABIBI LBF

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.