Mencetak Lovebird Parblue – Lovebird parblue adalah lovebird dengan ciri-ciri mempunyai warna kepala berwarna kuning bersih sampai leher. Lovebird parblue ini hasil rekayasa genetik dari om Felix del Valle dari negeri Paman Sam pada tahun 2001.

Lovebird parblue mulai booming atau masuk ke Indonesia sekitar 2-4 tahun yang lalu. Lovebird ini merupakan salah satu mutasi lovebird yang cantik dengan banyak varian warna, sehingga banyak variasi dengan warna parblue yang membuat mata kita tidak bosan untuk menikmatinya.

Seperti yang kita ketahui lovebird ada dua jenis yaitu green series atau paruh merah, dan blue series atau paruh putih. Tetapi lovebird parblue ini tidak termasuk paruh merah dan paruh putih melainkan paruh oranye. Ya walaupun ada yang mirip parblue dengan paruh merah yang biasa disebut dengan parjo atau parblue jowo hehehe.

Harga lovebird parblue memang termasuk tinggi dan lovebird parblue masuk kedalam jajaran lovebird termahal. Harga lovebird parblue yang paling murah dipasaran yang saya ketahui sekitar 4 juta itu pun yang masih muda/paud. Sisanya diatas 5 juta, terlebih lagi lovebird parblue dengan warna yang cantik atau mutasi lainnya baca : lovebird termahal.

Karena harga lovebird parblue termasuk tinggi dan rupanya juga yang cantik banyak dari penghobi lovebird yang memburunya. Baik untuk bisnis ataupun untuk dinikmati sendiri. Banyak yang ingin mencetak lovebird parblue karena termasuk sangat menguntungkan.

Lalu berlomba-lomba untuk menghasilkan lovebird parblue ini. Untuk mencetak lovebird parblue tentunya kita membutuhkan indukan dari lovebird parblue tetapi karena harganya yang cukup tinggi banyak yang menundanya. Tetapi jangan khawatir kita juga bisa mencetak lovebird parblue dengan paket hemat atau dengan kata lain dengan modal yang kecil kita bisa menghasilkan lovebird parblue.

Sebelumnya mungkin ada yang bertanya bagaimana mencetak lovebird parblue dengan lovebird nonparblue yang tidak mempunyai darah parblue sama sekali? Atau ada juga yang bertanya bagaimana awalnya lovebird parblue itu ada?

Itu semua merupakan hasil persilangan atau penelitian oleh para ahli yang dilakukan selama bertahun-tahun (belasan bahkan mungkin puluhan tahun). Jadi tidak mungkin menghasilkan lovebird parblue dengan lovebird biasa yang tidak mempunyai split parblue.

Cara Mencetak Lovebird Parblue

Untuk menghasilkan lovebird parblue paket hemat bisa kita gunakan beberapa simulasi berikut ini

Mencetak parblue paket hemat

Parblue x Blue series/paruh putih

Dengan menggunakan indukan 1 induk parblue dengan harga paling murah dengan lovebird blue series atau paruh putih apa saja. Misal menggunakan Lovebird parblue pastel (4,5 jt) x Lovebird blue FC (1,5 juta). Dengan modal sekitar 6 juta kita bisa menghasilkan anakan parblue dengan presentase 100%. Berikut hasil perhitungannya.

menghasilkan-lovebird-parblue

Mencetak parblue paket paling hemat

Paruh merah split parblue x Paruh putih

Selain dengan menggunakan lovebird parblue secara langsung, kita juga bisa menggunakan lovebird paruh merah (non parblue) yang mempunyai split parblue yang harganya tentu saja lebih murah. Dengan kata lain kita bisa menghasilkan lovebird parblue dengan hanya split parblue.

Pilihlah split parblue dengan warna paruh merah, karena paruh putih atau blue series secara teori tidak bisa memiliki split. Misal josan /pb (harga 3-4 jt) x Blue series (1-2 jt) berikut hasil perhitungannya dengan kemungkinan 50% menghasilkan lovebird parblue modal 4-5 juta.

menghasilkan-lovebird-parblue-dengan-non-parblue

Nah demikianlah cara mencetak lovebird parblue dengan paket hemat. Kedepannya kita bahas cara mencetak biola, euwing, dan lovebird mutasi lainnya dengan paket hemat.

Join the Conversation

2 Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.