Mengobati Lovebird SNOT – SNOT atau coryza adalah penyakit yang menyerang sistem pernafasan/saluran pernafasan disebabkan oleh bakteri, nama bakterinya Avibacterium paragallinarum/Haemophilus paragallinarum bentuk batang dan sifatnya gram negatif.

Indonesia termasuk negara yang subur dengan sumber penyakit ini, SNOT hampir bisa ditemukan diseluruh wilayah indonesia. SNOT sangat mudah menular, baik kontak langsung atau tidak langsung (melalui udara).

SNOT lovebird yang masih tahap awal (belum akut) biasanya tidak terlihat gejala secara jelas, paling burung terlihat murung, bulu berdiri, kurang nafsu makan, terkadang terdapat di kerongkongan/tenggorokan.

Jika lovebird SNOT sudah akut maka gejalanya bisa bertambah seperti ada cairan (mirip gel) mendesak keluar dari mata, burung seperti babak belur benjol-benjol terutama dibagian kepala. Nah untuk itu pengobatan lovebird SNOT sejak dini sangatlah diperlukan agar tidak semakin parah yang akibatnya lovebird sulit untuk diobati.

cara-mengobati-lovebird-snot
https://web.facebook.com/profile.php?id=100010958945937

Mengobati lovebird SNOT

Karena penyebab lovebird snot adalah bakteri maka obat yang tepat adalah obat yang mengandung antibiotik/antibakteri untuk melawan bakteri snot dan vitamin untuk memulihkan kondisi tubuh lovebird. Biasanya obat snot yang mengandung antibiotik ampuh juga untuk berak kapur, mencret, dan penyakit karena bakteri lainnya.

Obat snot lovebird bisa memakai : super N, bio snot, EM4, trimezyn, tetra chlor dan lain-lain, pastikan mengandung antibiotik atau anti bakteri yah. Untuk obat snot alami bisa menggunakan rebusan air daun sirih. Daun sirih mengandung antibiotik alami sehingga bisa menyembuhkan penyakit snot pada lovebird, hanya saja jika sudah parah maka sulit untuk sembuhnya.

Jika masih tahap awal bisa menggunakan rebusan daun sirih yang diteteskan ke mulut atau digunakan sebagai air mandi atau bisa juga menggunakan EM4. Jika sudah parah bisa menggunakan antibiotik yang ada dipasaran. Jika sudah parah banget bisa menggunakan antibiotik spektrum luas.

Penggunaan tetes mata atau salep mata saya rasa kurang tepat untuk mengobati snot, karena tetes mata hanya mengobati iritasi yang terjadi pada matanya saja bukan mengobati snotnya *mohon koreksinya.

Karena mudah menular segera pisahkan atau karantina burung yang terkena snot dengan burung yang sehat. Cuci tangan dengan sabun atau antiseptik sebelum dan sesudah kontak dengan burung yang kena infeksi SNOT

Pencegahan SNOT Lovebird

Untuk mencegah lovebird snot bisa melakukan hal berikut

Sanitasi kandang yang baik/usahakan kandang selalu bersih, air minum selalu diganti, jika perlu bersihkan kandang dan aksesorisnya dengan desinfektan secara berkala. Desinfektan sederhana bisa dibuat dari campuran bayclean (pemutih) dan air 1 banding 9, 1 bayclean dan 9 air bersih.

Berikan probiotik para burung secara rutin, probiotik juga bisa membunuh bakteri merugikan. Probiotik juga bisa menciptakan lingkungan yang tidak disukai bakteri merugikan, singkatnya ibarat ikan laut sulit hidup di air tawar. Selain menggunakan probiotik bisa juga dengan menggunakan cuka apel, tambahkan sedikit di air minumnya. Cuka apel juga efektif membunuh berbagai macam bakteri.

Probiotik bisa menggunakan merk apa saja bebas sesuai selera. Saya sendiri menggunakan EM4 peternakan untuk probiotik lovebird. Selain harganya yang murah kandungannya juga tidak jauh berbeda. Belinya bisa ditoko pakan ternak atau toko pertanian.

Sumber : catatan https://web.facebook.com/habibi.lbf di KLBI

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.