cara memasang sawangan pada merpati

Stop!!!

Download aplikasi khusus kicau mania.

Berisi ratusan suara masteran, suara pikat, suara betina, dan perawatan dalam satu aplikasi

Download di Play Store

Cara Memasang Sawangan/Hatong pada Merpati

In Merpati 51675 views

Cara memasang sawangan pada merpati – Sawangan mempunyai nama lain juga hatong, suling, dll adalah salah satu aksesoris pada merpati yang digunakan untuk membuat tanda berupa suara ketika merpati datang khususnya bagi merpati tinggi.

Merpati tinggi biasanya menggunakan sawangan agar mudah menandakan saat merpati datang, karena merpati tinggi terkadang luput dari pengawasan joki ketika di geber. Bisa juga sawangan ditujukan sebagai tanda merpati sedang latihan. Setiap daerah mempunyai nama dan macam-macam sawangan tersendiri.

Nah bagi yang belum bisa memasang sawangan pada merpati berikut saya tampilkan caranya.

Cara memasang sawangan pada merpati

Untuk memasang sawangan pada merpati siapkan dulu beberapa alat dan perlengkapannya.

1. Sawangan.

2. Gunting, benang.

3. Kayu kecil (korek api atau yang seukuran) atau peniti.

Langkah-langkah pemasangan sawangan

1. Pilih sawangan. Karena sawangan ada berbagai model, bentuk dan harga maka kita pillih terlebih dahulu yang sesuai dengan keinginan kita. Model sawangan merpati ditampilkan dibawah.

2. Setelah alat siap lalu mulai memasang sawangan pada merpati, pemasangan dilakukan dengan memilih bulu ekot tengah, karena jumlah normal bulu ekor itu 12, kita ambil 2 bulu tengah yaitu bulu ke 6 dan 7. Setelah itu ikat bulu ke 6 dan 7 dengan benang. Kira-kira gambarnya seperti ini. Jangan lupa ukur jarak ikatan dengan ukuran sawangannya agar pas.

cara-memasang-sawangan-pada-merpati-2

cara-memasang-sawangan-pada-merpati-1

3. Setelah itu pasang sawangan dengan menamcapkan bagian bawah sawangan dan pasang pengunci pada lubang sawangan. Saya rekomendasikan menggunakan peniti kecil agar tidak mudah copot.

4. Rapihkan bulu, lalu coba test terbang.

cara-memasang-sawangan-pada-merpati-3

Model sawangan merpati

Berikut beberapa model sawangan merpati dari yang biasa sampai yang unik, dari berbagai daerah.

model-memasang-sawangan-lombok

model-sawangan-merpati

model-sawangan-merpati-biasa

model-sawangan-merpati-unik

model-sawangan-merpati-yang-unik

Koleksi sawangan diatas tidaklah lengkap, melainkan masih banyak lagi model sawagnan yang ada. Nah mau pilih yang mana silahkan cari penjualnya, saya tidak menjual sawangan 😛.

Baca Juga  Cara Mengganti Pasangan Merpati
Artikel lainnya : cara memasang sawangan merpati, cara memasang sawangan, sawangan merpati, cara membuat sawangan merpati, cara memasang sawangan di ekor merpati, Hatong merpati, hatong, cara memasang sawangan burung dara, cara memasang sawangan pada merpati, cara membuat sawangan

no copyright audio, free for use, sources from private collections, groups, etc

Tags: #pasang sawangan merpati #sawangan merpati

Perbedaan Burung Dara dan Merpati yang Benar
Perbedaan Burung Dara dan Merpati yang Benar
Perbedaan Burung Dara dan Merpati – Burung
2 Faktor Memilih Merpati Balap yang Bagus Berkualitas
2 Faktor Memilih Merpati Balap yang Bagus Berkualitas
Memilih Merpati Balap Berkualitas – Cara memilih
Memilih Burung Dara/Merpati Tinggian Kolong yang Bagus
Memilih Burung Dara/Merpati Tinggian Kolong yang Bagus
Memilih Burung Dara Bagus – Memilih burung
Beternak Merpati Balap dan Tinggian dengan Metode Genetic Breeding
Beternak Merpati Balap dan Tinggian dengan Metode Genetic Breeding
Berternak Merpati – Dalam beternak merpati Apakah itu
Warna Merpati Unik yang Jarang Terlihat
Warna Merpati Unik yang Jarang Terlihat
Warna Merpati Unik – Selain warna merpati
Memperbaiki Kinerja Merpati yang Menurun / Rusak
Memperbaiki Kinerja Merpati yang Menurun / Rusak
Kinerja Merpati Menurun – Barusan ada pesan masuk
Perawatan dan Pelatihan Burung Merpati Lengkap dari Piyik
Perawatan dan Pelatihan Burung Merpati Lengkap dari Piyik
Perawatan dan Pelatihan Burung Merpati – Kesempatan kali
Manfaat Probiotik Untuk Kesehatan Merpati
Manfaat Probiotik Untuk Kesehatan Merpati
Manfaat Probiotik Untuk Merpati – Setelah sebelumnya
Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan Merpati
Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan Merpati
Manfaat Cuka Bagi Merpati – Menjaga kesehatan
Tips Memelihara Kesehatan Merpati Saat Musim Hujan
Tips Memelihara Kesehatan Merpati Saat Musim Hujan
Memelihara Kesehatan Merpati – Musim pancaroba yaitu
Memilih Indukan Betina Merpati Balap yang baik
Memilih Indukan Betina Merpati Balap yang baik
Memilih Indukan Betina Merpati Balap – Permainan
Cara Mengganti Pasangan Merpati
Cara Mengganti Pasangan Merpati
Mengganti Pasangan Merpati – Sebagai penghobi merpati
Mengenal Merpati Balap Leonard Legendaris
Mengenal Merpati Balap Leonard Legendaris
Merpati balap leonard – Bagi para pemain
Pola Pemberian Jamu pada Merpati
Pola Pemberian Jamu pada Merpati
Pemberian jamu merpati – Dunia adokan merpati
Cabut Bulu Ekor Merpati dengan Benar
Cabut Bulu Ekor Merpati dengan Benar
Cabut bulu ekor merpati – Dalam memelihara
Memperbaiki Bulu Merpati yang Kusut, Rusak dan Kusam
Memperbaiki Bulu Merpati yang Kusut, Rusak dan Kusam
Bulu merpati yang kusut – Semua pemain
Cara Membuat Grit (Asinan) Merpati
Cara Membuat Grit (Asinan) Merpati
Membuat grit (asinan) merpati – Grit atau
Penyebab dan Solusi Telur Merpati Tidak Menetas
Penyebab dan Solusi Telur Merpati Tidak Menetas
Telur merpati tidak menetas – Dalam melakukan
Membuat Jamu Merpati Balap Tinggi Kolongan
Membuat Jamu Merpati Balap Tinggi Kolongan
Jamu burung merpati – Burung merpati adalah
Memilih Betina Geber Untuk Merpati
Memilih Betina Geber Untuk Merpati
Memilih betina geber untuk merpati – Memilih
  1. dzeini3 years ago

    Cara ngiket talinya gmn itu?digulung dulu atau lansung iket,diperinci dong kalo bisa

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      Dua bulu disatuin terus diiket aja mas

      Reply
    • jika2 years ago

      bagai mana caranya masang

      Reply
  2. dzeini3 years ago

    Langsung tali mati aja atau gmn?cara nalinyanalinya?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      iya tali mati

      Reply
  3. rizky3 years ago

    itu beli apa bikin mas

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      beli mas

      Reply
  4. Muhammad irfan3 years ago

    Saya pasang tapi bukan pake benang gan, pake solasi. tapi ga apa2 kan?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      tidak masalah gan. yang penting kuat hehehe

      Reply
  5. lutviapriyan2 years ago

    Gan kalo kagak bunyi gimana ya padahal kalau di tiup bunyi

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      kebalik ga masangnya hehe, terus juga burung harus kenceng atau tinggi baru bisa bunyi

      Reply
  6. cahya2 years ago

    kok ngga bisa bunyi Gan

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      burungnya kurang kenceng kali

      Reply
  7. KevinAgasfa2 years ago

    Gan Ukuran tali nya semana..?? Trus cara masukan penitinya gmana

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      secukupnya mas, yang penting pas di merpati

      Reply

Leave a reply "Cara Memasang Sawangan/Hatong pada Merpati"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Top
error: Content is protected !!