Cara memandikan musang – Musang adalah salah satu hewan yang menyukai kebersihan. Mungkin mirip-mirip kucing gitu. Untuk itu perlunya memandikan musang secara berkala. Tetapi tidak sembarangan kita memandikan musang, karena ada teknik tersendiri untuk memandikannya agar musang tidak menyrang dan merasa nyaman. Bagi pemula mungkin ini menyulitkan hehe tapi sekali mencoba anda pasti ketagihan. nah untuk memandikan musang sendiri kita simak yah tips dibawah ini.

cara-musang-mandi

Cara Memandikan Musang

Sebelum kita memulai memandikan musang mari kita siapkan dulu alat dan bahannya. Alat dan bahan ini harus disiapkan dengan benar agar tidak menyusahkan saat kita memulai memandikan musang, karena beberapa musang suka berontak jika sedang dimandikan.

Siapkan perlengkapan dibawah

1. Sampo, bisa menggunakan shampo khusus kucing, atau bisa menggunakan shampo bayi yang tidak pedih dimata.

2. Hair lotion bayi.

3. Air mengalir, bisa dari gayung atau selang, saya rekomendasikan dengan selang.

4. Handuk pengering

4. Siapkan pengaman, bisa menggunakan sarung tangan yang tebal atau handuk tebal.

Cara memandikan musang

Beberapa musang bisa secara langsung dimandikan dengan tangan, seperti memandikan bayi, karena ada musang yang sudah jinak dan tidak takut air. Tetapi kebanyakan musang takut air atau semi jinak nah berikut langkah-langkah untuk memandikan musang yang takut air.

1. Pindahkan musang didalam kandang ke tempat pemandian, lalu lepaskan alas dan apapun aksesoris musang yang tidak boleh terkena air, tidak seperti kucing atau hewan lainnya untuk memandikan musang kita akan memandikannya didalam kandang secara langsung.

2. Siram musang yang didalam kandang secara langsung secara merata, bisa disemprot dengan menggunakan selang, usahakan air yang keluar tidak deras.

3. Setelah basah menyeluruh maka kita bisa memberikan shampo pada musang, shampo bisa di basahi ke tangan terlebih dahulu atau bisa di basahi ke sarung tangan. Jika musang masih galak atau semi jinak saya sarankan menggunakan sarung tangan karena mengamankan jika musang menyerang.

4. Bilas shampo pada musang sampai bersih, lalu keringkan musang dengan handuk.

5. Setelah itu jemur musang sampai kering, dalam melakukan penjemuran musang lebih baik tidak mengenai mataari secara langsung. Kandang bisa ditutupi dengan kain tipis atau menjemur musang dibalik kaca jendela rumah.

6. Setelah kering bisa diberikan hair lotion bayi lalu jemur lagi sebentar, setelah itu musang sudah selesai dimandikan.

Umur minimal memandikan musang sekitar 3,5 bulan. Dibawah itu tidak direkomendasikan untuk dimandikan takut kedingingn dan mati. Karena memandikan bayi musang bisa berbahaya jika musang belum kuat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.