Cara mengobati capit udang yang patah atau sapit udang merpati yang patah bisa dilakukan dengan mudah bahkan bisa menjadi normal kembali, cara ini sudah dipraktekkan oleh beberapa penghobi dan master merpati yang sudah hafal akan seluk beluk pada merpati. Capit udang yang patah dapat mengakibatkan burung jadi rusak dan drop, terkadang burung yang terbang kencang dan tembak keras menjadi lembek setelah capit udang patah.

Capit-Udang-Merpati-patah

Capit Udang Merpati Patah

Banyak sekali faktor yang mengakibatkan capit udang merpati patah, diantaranya bisa karena burung terbentur saat mendarat atau tembak, bisa juga karena oknu yang merasa iri dengan merpati kita akhirnya ‘jalan pintas’ dia yaitu dengan mematahkan capit udang merpati kita. Capit udang yang patah juga bisa menghambat merpati dalam berreproduksi, jadi indukan merpati tidak bisa menghasilkan anakan yang bagus atau bahkan tidak bisa bertelur karena adanya kerusakan didalam tubuhnya, ini dijumpai pada beberapa penghobi merpati. Tetapi ada beberapa kejadian merpati yang capit udangnya patah tetap bisa bekerja sebagaimana sebelumnya, tetapi lebih sering dari para penghobi merpati yang mengalami kerusakan pada merpatinya.

Ada beberapa tipe capit merpati patah, yang pertama hanya bengkok kedalam, yang kedua adalah patah sebenarnya. Pada kondisi yang kedua ini lebih baik, yaitu lebih baik patah dari pada bengkok, bahkan ada beberapa rekan yang menyarankan mematahkan capit udang yang patah agar bisa tumbuh kembali dengan normal.

Mengobati Capit Udang Merpati yang Patah

Capit-Udang-Merpati

Untuk mengobati capit udang yang patah ada beberapa metode pengobatan yang sudah di uji para penghobi merpati, saya akan merangkumnya disini. Untuk langkah awalnya sama merpati harus istirahat total tidak boleh dimainkan, dan di umbar.

Cara 1

Cara ini dengan cukup mengubar merpati dan biarkan bertelur, mengeram dan meloloh. Umbar merati jangan taruh didala kandang, cara ini bisa berhasil tetapi waktu yang dibutuhkan cukup lama 3-6 minggu tergantung asupan nutrisi. Terutama kalsium.

Cara 2

Beri fitbon, satu hari 50-100mg, maka dalam 10 hari insya allah kembali normal. Obat bisa dibeli di apotik.

Cara 3

Beri merpati lilin, ya lilin asli sebesar biji jagung 3 kali dalam seminggu. Jangan besar2 yah cukup sebiji jagung saja.

Cara 4 

Setiap hari burung di mandkan dengan air sereh hangat.

Cara 5

Berikan calc obat tulang, dengan dosis 1 hari 50-100mg. Obat bisa dibeli diapotik.

Jangka waktu kesembuhan setiap burung berbeda beda tetapi kisaran 10-60 hari, tergantung juga seberapa parah luka yang dialami burung dan asupan nutrisi si burung, terutama asupan kalsium. Ingat jika menggunakan obat-obatan manusia maka gunakanlah dosis yang wajar bagi burung jangan sampai overdosis. Dosis yang biasa saya pakai 50 – 100 mg. Jika kandungan obat 500mg maka tentunya saya bagi menjadi 5 bagian.

Semoga cara mengobati capit udang yang patah ini bisa menyelesaikan masalah para penghobi, terima kasih telah berkunjung.

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.