Trah Merpati Balap Legenda Juara

4
70998

Trah merpati balap juara tentu sekarang sudah banyak menyebar dimasyarakat, tetapi tahukan asal usul trah juara tersebut? mari kita simak tentang trah merpati balap juara ini.

Trah Merpati Balap Legendaris

1. Khayana

Silsilah : Khayana adalah anak dari Jantan Pelor dari Pak Bandik Madura, ibunya khayana masih misterius

Karakter : Khayana tipe merpati yang harus terbang sendiri, jika burung lawan gandeng atau duluan, Khayana pasti kalah dia tidak mau nyusul, pelepas harus melempar khayana mentang, agar kayana langsung sprin dan terbang sendiri, khayana mempunyai kecepatan sprint dari start sampai ke betina dengan kecepatan tinggi di atas rata-rata burung merpati balap manapun yang ada (luar biasa istimewa), Tembak khayana tidak terlalu kencang, masuk dari jarak 20 m melayang seperti pesawat terbang.

2. Mama Chelsie

Mama Chelsie adalah salah satu merpati yang sangat istimewa, hampir keseluruhan anaknya mendapatkan prestasi atau dengan kata lain keturunan Mama Chelsie hampir seluruhnya bagus.

Silsilah : Bapaknya  Mama Chelsie adalah anak dari “Anak Manja” milik Pak Saryono dari Jember, ibunya anak Rekong milik Hok-Lay Jember, mama Chelsie ini adalah saudara dari Micky, burung legendaris sekitar tahun 1990-an, dari mama chelsie ini keseluruhan anaknya pernah menjadi burung hebat dan juara, kecuali Olympus, belahan Sinar, dan dari anak-anaknya keluar burung-burung yang malang melintang di arena balapan merpati saat ini. Karakter mama chelsie adalah terbang sprint yang cepat dan tembakan yang dahsyat. Maka kombinasi karakter Khayana dan karakter mama chelsie sampai saat ini merupakan kombinasi yang pas, dan belum mampu disaingi kombinasi darah merpati manapun.

3. Putra Tasik

Putra tasik berasal dari tasik sesuai dengan namanya.

Silsilah : Bapak putra tasik adalah burung tinggian sarlung dengan nama Singa, lalu dijodohkan dengan betina yang bernama “ADOK”, adok ini adalah darahan dari “MAYOR”, yang mana mayor adalah anak dari khayana, wah turunan darah khayana emang top yah.

4. Rencong

Rencong ini termasuk burung legendaris di tahun 1998.

merpati-rencong-300x245

Silsilah : Rencong adalah anak dari anak Isabela atau cucu isebela (ternakan Acun Mitra), bapaknya belum sempat dilatih, karena belum ada nama bapaknya dipanggilnya Isabela juga, ibunya adalah anak “DRAGON”, dragon sendiri adalah anak Khayana, khayana lagi nih.

5. Predator

Predator berasal dari DR-8, bapaknya adalah anak dari anak Bintang Agung (ternakan Acun Mitra) dengan betina Mama Chelsie.

6. Sang-sang

merpati-SangSang-300x257

Burung legendaris 1998-2000, ternakan Pak Hasan Yoma dari Cirebon, dulu Khayana ada di kandang pak Hasan dijodohkan dg mama chelsie, keluar : Garis, Chelsie, Iguana, Meong, Sang-sang, Putaw, Atlantic, Primadona, Buntung. Sang-sang adalah burung tercepat yang pernah saya temui di arena balap merpati di Indonesia setelah khayana, pada saat sangsang fit atau kerja, burung-burung yang pernah ketemu sangsang rata-rata ditinggal di atas 300 m. Di antara keturunan Khayana yang terbangnya mirip Khayana hanya SANGSANG, muka sangsang mirip Mama Chelsie. Anak dan cucu sangsang banyak yang menjadi juara 1 dan 2 lomba utama nasional, sebut saja Gumilang, Viking, Ababil, Berlian, Colombia atau Kelabang Hitam, Road Star, Singa Muda, Guntur, Gesper (Roy Akas) dll.

7. Leonard

merpati-leonard-300x300

Anak dari adik Beatle (burung juara ternakan Acun Mitra) dengan betina CHO kakak Putaw, betina ini adalah ibu dari Reanaged atau RG, KONON waktu diborong Ko Apin dari kandang DR-8, pasangan adik Beatle ini sedang giring, tapi ibunya tidak lama kemudian mati meninggalkan telor Leonard.

8. Codet

Anak Roda Gila dengan betina darah Sultan (burung legendaris darah Mercynya Wahing-Malang), ternakan Acun Mitra, menurunkan burung dengan karakter sprint dan tembak yang luar biasa.

9. Dinasti

Anak Khayana, saat ini keturunannya sedang In atau ngetrend di arena balap nasional, sebut saja Enduro, Singalaga, Singo Edan dll.

10. Batavia

Ternakan CHO, banyak menurunkan burung juara, sebut saja, Komentator, PSK 66, Tiger Wood dll.

merpati-batavia

11. Olympus

Anak mama chelsie, juga banyak menurunkan burung merpati papan atas, sebut saja Siliwangi, Prothon dll, Ring ALOEN..

12. Singalaga

merpati-singalaga

Saya belum menemukan keterangan lebih lanjut.

Bagi kawan-kawan penghobi merpati yang mengetahui trah trah legenda merpati balap lainnya bisa komen dibawah nanti saya masukkan ke dalam postingan.

4 COMMENTS

    • ada saatnya di umbar ada saatnya di kandang. saat giring burung dikandang full, saat nelor burung hanya di umbar pagi saja (jantan) betina di umbar siang. Saat cabut telor burung di umbar full

    • Secara kasat mata tidak ada perbedaannya mas, burungnya sama yang membedakan adalah cara memainkannya. Seperti kita bertanya apa perbedaan atlit maraton dengan atlit renang? Tidak ada bedanya. tetapi jika diperhatikan ‘perabotannya’ mungkin bisa berbeda contohnya atlit lari kakinya lebih berotot. Sama halnya tinggian dan balap, burungnya sama tetapi jika ditanya burung seperti apa yang bagus untuk tinnggian dan bagus untuk balap, nah ini jawabannya bisa beda. Untuk balap biasanya bulunya tipis, daging terasa menggembung kenyal halus seperti jely, sedangkan untuk tinggian bulu biasanya tebal (memungkinkan terbang tinggi), tulangan keras, capit udang keras runcing, dan lain sebagainya karena banyak sekali mas hehe itu hanya umumnya yah, tetapi tidak mutlak.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.