Perbedaan Merpati Balap dan Tinggi

0
64605

Apa perbedaan burung merpati balap dan tinggian? terkadang banyak yang bertanya seperti itu di forum-forum merpati. Dan jawabannya beragam. Tetapi saya menarik kesimpulan dari perbedaan merpati balap dan tinggian. Yang membedakan merpati balap dan tinggian adalah hanya cara memainkannya saja, burungnya sama tidak ada bedanya.

Daftar Isi

Perbedaan Merpati Balap dan Tinggi

Tidak ada Perbedaan Merpati Balap dan Tinggi pada sisi burungnya yang membedakan adalah cara bermainnya. Burung balap beradu terbang (sprint) jarak dekat, sementara burung tinggian beradu turun (dive). Burung yg digunakan sebenarnya sama saja.

Ada juga yang bertanya apakah burung balap bisa dibuat menjadi tinggi atau burung tinggi bisa untuk main balap? Kalo ditanya seperti itu maka jawabannya BISA. Tetapi ini bukan soal bisa atau tidak bisa, tetapi layak atau tidak layak. Burung balap buat tinggian bisa, burung tinggi buat main balap juga bisa. Nah yang jadi persoalan apakah merpati balap itu layak untuk dimainkan tinggian agar hasilnya bagus? atau apakah merpati tinggi itu layak untuk dimainkan balap agar hasilnya bagus? Jawabannya TIDAK SELALU, ada merpati yang bagus hanya untuk balap, ada yang bagus hanya untuk tinggian, ada yang keduanya, walau yang sering saya temui bagusnya tidak sebagus burung balap atau tinggian aslinya. Analoginya seperti pemain sepeda BMX dan pemain sepeda balap, belu tentu yg BMX bisa bagus kalo an balap, dan belu tentu yang balap bisa BMX.

Yang harus perhatikan disini adalah masalah bentuk fisik. Berhubung cara permainannya berbeda, maka kriteria pemilihan burungnya pun sedikit berbeda. Kalau kita mau terjun ke balap, tentu harus pilih burung yg bisa terbang cepat dan punya tembak yg keras. Maka orientasi pemilihannya terfokus pada kecepatan terbang dan tembaknya. Kalau mau terjun di merpati tinggi, fokus pemilihan burung adalah yg punya kemampuan terbang tinggi dan turun methil atas kepala. Ini yang jadi fokus perhatian. Seperti penari balet dan atlet silat, tentu untuk balet cari yang lentur dan lincah, keseimbangan yang bagus, untuk atlet silat maka perlu tenaga yang kuat, badan yang proporsional, dan tahan banting. Memilih merpati balap dan tinggi pun ada beberapa kriterianya. Baca : Cara Memilih merpati balap

Permainan Merpati Balap

Untuk aturan lomba permainan merpati balap telah diatur dlm ketentuan PPMBSI pusat dgn aturan 2 org joki ditempat finish dan jarak keduanya berdekatan hanya beberapa meter. Jarak lepas antara 500, 800 – 1200. Terbang lurus tanpa ada hambatan biasanya di lapang atau sawah.

melatih-burung-merpati-balap-2

melatih-merpati-balap

 

Permainan Merpati Tinggi

Permainan merpati tinggi ada macam jenisnya dantaranya adalah

Merpati Kolong

Lomba yg digelar berdasarkan aturan PPMT, jarak lepas 1-2 KM dengan temapt finish disiapkan, tempat finish berbentuk kubus yag diatasnya ada kotak untuk merpati masuk, jika terdapat meja di dalam arena untuk tempat hinggap merpati maka disebut merpati kolong meja, jika tidak terdapat meja disebut merpati kolong bebas atau hanya merpati kolong, karena ini yang lebih banyak dimainkan.

merpati-kolong

 

Kecepatan terbang tidak mutlak dibutuhkan, yang diutamakan adalah merpati yang mempunyai kecepatan terbang tidak terlalu dibutuhkan karena ada aturan burung yang dinyatakan menang jika melewati kolong yang telah disediakan.

merpati-kolong-meja1

Merpati Tomprang

Lomba yang diadakan berdasarkan kesepakatan antar perkumpulan setempat dan aturan yg dipakai berbeda-beda antara tempat satu dengan tempat yang lainnya. Jarak lepas sekitar 4 – 6 km, burung yg digunakan mampu terbang tinggi dgn kecepatan terbang/turun/dive baik arah jam 9, 10, 11 dan 12 dari segala penjuru dan finish burung sampai ditanah. diperlukan burung yang mempunyai intelegensi yg tinggi Karena melihat jarak tempuh yang cukup jauh.

merpati-tomprang

Merpati Kentong

Banyak dimainkan diwilayah jawa timur terutama surabaya, burung dilepas jarak lebih dari 6 km, dengan aturan kesepakatan antara pemilik merpati. merpati yang hinggap di kandang terlebih dahulu itu yang dinyatakan menang dengan syarat burung tidak boleh di geber. burung-burung dengan type ini juga harus memeiliki intelegensi yg kuat dan stamina yang bagus.

merpati-kentong-surabaya

sumber : facebook ppksi ppmksi

Dalam permainan merpat kentong ini ada keunikan yaitu kandang yang bagus dan jika ada salah satu merpati masuk sapai di rumahnya aka pemilik membunyikan kantongannya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.