Mengobati Penyakit Uci Uci Pada Merpati

0
44568

Mengobati Uci Uci Pada Merpati – Uci uci adalah penyakit yang menyebabkan benjolan di anggota tubuh. Uci uci tidak terjadi hanya pada merpati tetapi pada hewan lainnya dan pada manusia juga bisa. Pada dasarnya uci uci adalah pembengkakan kelenjar getah bening. Karena kelenjar ini ada dimana-mana jadi uci uci bisa terjadi dibagian tubuh mana saja, tetapi bagian yang paling besar terdapat di lipatan tubuh, seperti siku, leher dll. Uci uci berasal dari bahasa jawa yang artinya benjolan pada tubuh. Uci uci pada merpati ada yang keras ada juga yang lembek. Pada merpati uci uci lebih mengganggu jika lembek karena gerak merpati jadi terhalang. Biasanya penyakit ini berawal dari benjolan kecil kemudian beberapa hari atau minggu bisa membesar.

uci-uci-pada-merpati

Menghindari penyakit sangat perlu dalam hal ini adalah kebersihan kandang merpati. Untuk lebih sehatnya merpati diumbar jika mempunyai lahan yang luas. Karena sudah bertahun-tahun saya memelihara merpati dengan cara diumbar tidak ada merpati yang sakit alhamdulillah. Tentu dengan membersihkan kandang juga.

Mengobati Uci Uci Pada Merpati

Di antara beberapa penyebab timbulnya benjolan kelenjar getah bening yaitu karena terjadi peradangan, adanya infeksi, atau merupakan tanda dari tumor (jinak maupun ganas). Mengobati uci uci pada merpati :

1. Operasi Kecil

Jika anda tega dan mempunyai sedikit keahlian dalam sayat menyayat bisa dengan mengangkat benjolan pada merpati dengan cara operasi kecil. Operasi ini cukup dengan menyayat bagian yang terkena benjol. Saya tidak merekomendasikan jika anda tidak punya keahlian di bidang ini karena bisa berakibat fatal.

2. Obat-obatan

Obat yang di cari adalah yang melancarkan peredaran darah dan getah bening. Pengobatan bisa dengan menggunakan Theraprim atau Amoxicure. Obat merpati bisa dipesan di https://www.facebook.com/fendy.fendy.58118.

3. Biarkan Secara alami

Saya pernah mengalami uci-uci pada merpati piyik saya, lokasinya di sendi sayap. Karena saya tidak tegaan akhirnya saya biarkan sendiri. Kurang lebih 1 bulanan luka yang tadinya basah lama kelamaan menjadi kering dan bisa di copot (dicuplik) dan alhamdulillah merpati saya sembuh total. Setelah itu berikan antiseptik pada sayap merpati agar tidak infeksi.

Uci uci juga dapat didiagnosa sebagai tanda adanya penyakit di dalam tubuh merpati. Kelenjar getah beningnya meningkat untuk mengobati penyakit yang ada di dalam tubuh merpati dan mengakibatkan benjolan muncul. Uci uci pada merpati juga bisa mengakibatkan sayap semper dan lemas karena posisi kelenjar menghalangi otot sehingga burung tidak leluasa untuk bergerak. Uci uci yang parah biasanya sulit bahkan tidak bisa sembuh. Karenanya burung yang kena uci uci parah biasanya di pensiunkan dari player.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.